Jadi seorang mekanik tentunya kerap mengalami keluhan dari pelanggan yang beberapa diantaranya seperti :
- Aki tidak mengisi
- Aki Baru Cepat tekor
- Lampu yang redup
adakah diantara hal tersebut pernah anda dengar atau bahkan anda alami?
Tentu anda juga akan bertanya apakah sebabnya?
Sudah ke bengkel tapi masih mengalami hal yang sama?
kenapa tak coba cek sendiri penyebabnya yang memang ada gangguan dari Sistem Pengisian motor anda.
Sistem pengisian adalah suatu Sistem Elektronika Sepeda Motor yang berfungsi akhir adalah sebagai penghasil setrum atau arus positif yang berfungsi untuk mengaktifkan semuanya seperti
- Mengisi Aki
- Sumber utama Pengapian DC
- Menghidupkan lampu sein
- Menghidupkan klakson dll
Jika masih pusing dengan penjelasan diatas maka silahkan simak salah satu pernyataan dibawah ini.
Beberapa orang menganggap aki lah sumber listrik utama pada motor,tapi tanpa aki pun motor non injeksi bisa hidup dan lampu sein,klakson dll berfungsi meskipun berkurang kekuatannya.
Sebaliknya jika tanpa pengisian,maka aki akan cepat habis meskipun baru,jadi sistem pengisian yang sehat akan mengoptimalkan fungsi kelistrikan sepeda motor anda.
Gambar diatas adalah sistem pengisian semua motor yang tentu saja semuanya diawali dari Sepul Pengisian yang akan berfungsi ketika motor dihidupkan.
Sepul pengisian yang berupa kumparan lilitan kawat akan menghasilkan listrik positif ketika motor hidup.
Selanjutnya sepul pengisiann akan mengalirkan arus menuju Regulator atau kiprok yang berfungsi sebagai penampung,penyeimbang dan pembagi arus.
Selanjutnya dari kiprok akan keluar dengan ditandai kabel warna Merah yang akan terbagi kesemua komponen seperti Kunci Kontak,CDI dan Injektor pada sistem injeksi.
Itulah kenapa semua komponen kelistrikan dapat menyala meski tanpa aki dan pada saat motor dihidupkan.
Sebelum ke aki arus dari kiprok ini akan melewati Sikring yang berfungsi sebagai pengaman ketika terjadi konsleting.
Dan itu pula kenapa sikring selalu berada dekat aki.
Dari sikring barulah menuju aki yang ditandai kabel warna Merah yang selain juga berfungsi sebagai Input juga sebagai Output yang menuju semua komponen kelistrikan lain.
Masih bingung?
Jika anda mengalami semua masalah diatas atau sekedar ingin tahu silahkan lakukan pengecekan sederhana ini.
- Lepaskan sambungan + pada aki
- Siapkan kabel secukupnya dan sambungkan pada sambungan + yang anda lepaskan tadi.
- Hidupkan motor dan goreskan kabel tadi ke body motor anda atau arus negatif.
Jika timbul percikan api maka pengisian baik-baik saja tapi jika tidak ada percikan sedikitpun silahkan lakukan pengecekan sesuai skema pada gambar diatas.
Untuk mendukung semua tutorial ini maka anda wajib memahami Arti Warna Kabel Semua Motor sebagai acuan wajib untuk anda.. Sekian tentang Tutorial pengisian sepeda motor.
Semoga Bermanfaat..
thanks banget,,sangat membantu dan sangat jelas penjelasannya
BalasHapusTengks penjelasannya ilmu bermanfaat banget mantap👍
BalasHapusSepurane lek kurang ngerti kulo niki wong jepang
BalasHapus