Post Comment




Info




SELAMAT DATANG DI WEB Haris Gudang Ilmu



Selamat datang di Web Side saya , saya harap anda senang berada di Web sederhana ini. Web ini saya tulis dengan komputer yang sederhana dan koneksi internet yang juga sederhana. Saya berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog saya ini. Terima Kasih



SEKILAS HARIS GUDANG ILMU



Nama saya Mohammad Haris saya seorang yang mempunyai Web Side ini . Saya mulai belajar blogger sejak bulan Oktober 2009, dan blog ini saya buat pada bulan January 2009. Terimakasih Atas Kunjungannya.Follow Grup saya di https://www.facebook.com/harisgudangilmu?ref=hl







Exit
Jangan Lupa Klik Like Ya

Social Icons

My Biodata Admin



Nama:Muhammad Haris Yuliandra
Angkatan Ke 2 Anak Didikan Dari
Sekolah SMK Negri 1 Kutalimbaru
Sudah Tamat

Selamat Bergabung Di Blog Saya






selamat berkujung di blog saya semoga apa yang saya berikan kepada anda semoga bermanfaat

Sabtu, 12 April 2014

7 Tips Agar Otak Cepat Menangkap Mate




Mungkin diantara teman" ada yang kesulitan menangkap materi pelajaran atau lambat mencerna materi yang baru diberikan bapak/ibu guru.Nah, Pradnya punya sedikit tips nih biar kita cepat menangkap materi pelajaran.......:)



Pertama
kita harus tahu kalau belajar itu bukan sekedar menghafal tapi juga harus memahami materi.Boleh aja kita hapal 100% pada materi yang baru diberikan, tapi yang lebih penting adalah, apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghafal, usahakan untuk mengerti dan memahami "garis besar" materi pelajaran.

kedua
membaca materi yang baru kita dapat disekolah minimal 2kali dalam sehari. Kenapa? karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali, jadi bisa dijamin bakal tesimpan cukup lama di otak kita.

ketiga
mencatat pokok" pelajaran. Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Cukup ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang akan kita ingat saat kita ujian nanti.

keempat
hafalkan kata-kata kunci. Mau tidak mau kita harus menghafal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenernya itu bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hafalan supaya mudah diingat saat otak kita memanggilnya. Misal kata kunci untuk nama-nama planet adalah MENGHIAS VAS BUNGA MAWAR YANG  SUDAH USANG NANTI artinya merkurius, venus, bumi, mars, jupiter, saturnus, uranus, dan neptunus.

kelima
pilih waktu belajar yang tepat, yaitu saat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak yang sama loo. Tapi biasanya pagi hari adalah waktu yang sangat tepat untuk berkonsetrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa" energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

keenam
bangun suasana belajar yang nyaman. Misalnya dengan mendengarkan lagu favorit kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan biar kita ngga cepet bosen. Kuncinya jangan sampai terganggu sama orang lain.

ketujuh, 
bentuk kelompok belajar. Kalau lagi bosen belajar sendiri, kita bisa belajar bareng sahabat. Tidak perlu rame" juga karena bakal buat suasana belajar jadi engga efektif. Biasanya belajar bareng kaya gini sangat seru dan kita jadi susah mengantuk.last, sediakan waktu istirahat buat otak dan badan kita. Otak juga butuh istirahat, kan?:) kalau pikiran udah suntuk, belajar juga pasti percuma. Jadi gunakan waktu istirahat sebaik mungkin supaya otak kita kembali fresh dan kembali siap menerima pelajaran atau materi baru.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

coba belajar dari awal