Info




SELAMAT DATANG DI WEB Haris Gudang Ilmu



Selamat datang di Web Side saya , saya harap anda senang berada di Web sederhana ini. Web ini saya tulis dengan komputer yang sederhana dan koneksi internet yang juga sederhana. Saya berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog saya ini. Terima Kasih



SEKILAS HARIS GUDANG ILMU



Nama saya Mohammad Haris saya seorang yang mempunyai Web Side ini . Saya mulai belajar blogger sejak bulan Oktober 2009, dan blog ini saya buat pada bulan January 2009. Terimakasih Atas Kunjungannya.Follow Grup saya di https://www.facebook.com/harisgudangilmu?ref=hl







Exit
Jangan Lupa Klik Like Ya

Social Icons

My Biodata Admin



Nama:Muhammad Haris Yuliandra
Angkatan Ke 2 Anak Didikan Dari
Sekolah SMK Negri 1 Kutalimbaru
Sudah Tamat

Selamat Bergabung Di Blog Saya






selamat berkujung di blog saya semoga apa yang saya berikan kepada anda semoga bermanfaat

Minggu, 09 Februari 2014

KOMPONEN- KOMPONEN UTAMA ENGINE SEPEDA MOTOR

A. PENDAHULUAN

Mesin sepeda motor berfungsi untuk menghasilkan tenaga dan memindah tenaga tersebut untuk menggerakkan roda. Pada mesin sepeda motor unit penghasil tenaga  yaitu motor, sedangkan pemindah tenaga  yaitu kopling dan transmisi.
Dengan demikian mesin sepeda motor  terdiri dari bagian :
  1. Komponen utama motor, yaitu: bak engkol (crank case) , blok silinder, kepala silinder, piston, ring piston, batang piston, poros engkol, mekanisme katup.
  2. Sistem pelumas, yaitu: pompa pelumas, bak engkol, filter oli
  3. Sistem pendingin, yaitu:
      Pendinginan udara:  kisi pendingin, kipas pendingin
Pendinginan air :  Radiator, tutup radiator, pompa air, slang air.
  1. Sistem pemasukan dan pembuangan, yaitu: saringan udara, karburator, intake manifold, knalpot.
  2. Sistem kelistrikan, yaitu: sistem pengapian, sistem pengisian, sistem starter.
Pada bagian ini hanya akan dibahas komponen utama motor, yaitu bak engkol (crank case) , blok silinder, kepala silinder, piston, ring piston, batang piston, poros engkol motor 2 tak maupun 4 tak, serta  mekanisme katup.
Gb. 1.1 Bagian-bagian motor 4 tak 1 silinder, sistem pendingin udara
Gb. 1.2 Bagian-bagian motor 2 tak 2 silinder, sistem pendingin air
B. BAK ENGKOL (CRANK CASE)

Bak engkol merupakan bagian utama motor yang menyangga semua komponen mesin. Bak engkol terbuat dari bahan paduan almunium, proses  pembuatannya menggunakan teknik pengecoran. Terdapat dua tipe bak engkol ditinjau dari metode memisahkan bak engkol, yaitu:

  1. Herizontally split type crank case
  2. Vertically split type crank case
Gb. 1.3 Tipe bak engkol
Konstruksi bak engkol motor 4 tak berbeda dengan motor 2 tak, pada motor 4 tak bak engkol menjadi tempat penampung oli mesin , ruang engkol berhubungan dengan bak transmisi, sedangkan pada motor 2 tak bak engkol dijadikan pompa bilas, sehingga bak engkol harus benar-benar rapat.
Gb 1.4  Perbedaan bak engkol motor 2 tak dengan 4 tak
Kerapat bak engkol pada motor 2 tak sangat besar pengaruhnya pada kinerja motor, sebab kebocoran kecil saja menyebabkan proses pemasukan campuran bahan bakar tidak sempurna karena pompa bilas tidak berfungsi dengan baik. Penyebab kebocoran bak engkol antara lain:
  1. Seal poros engkol sudah rusak atau keras
  2. Pengencangan kurang sempurna, atau retak akibat salah pengencangan
  3. Terdapat luka pada bagian bak akibat pemisahan bak engkol dengan cara diungkit menggunakan obeng atau benda keras lainnya.
  4. Terganjal kotoran saat memasang
  5. Kualitas perapat (sealer) yang digunakan kurang baik.
C. BLOK SILINDER (CYLINDER  BLOCK)

Silinder blok merupakan tempat dimana piston bekerja. Blok silinder, piston, ring piston dan kepala silinder membentuk suatu ruangan tertutup tempat proses kerja motor terjadi, yaitu proses hisap, kompresi, usaha dan buang.
Blok silinder harus mempunyai tahan gesek yang kecil, pemuaian kecil, tahan panas dan penghantar panas yang baik. Terdapat 3 macam blok silinder ditinjau dari bahannya, yaitu:

Gb. 1.5 Macam  blok silinder dari bahan
  1. Cast iron
Blok silinder besi tuang  (Cast iron). Blok jenis ini proses pembuatan lebih mudah, namun ukuran mesin lebih berat, digunakan untuk motor ukuran kecil.
  1. Sleeve
      Blok silinder terbuat dari paduan almunium dengan teknik pengecoran, kemudian disisikan besi tuang dengan suaian sesak. Kelebihan jenis sleeve adalah proses pendinginan lebih baik karena almunium merupakan bahan penghantar panas yang baik, digunakan untuk motor sedang maupun besar.
  1. Blok silinder almunium dengan pelapisan chroom
Blok silinder model ini terbuat dari paduan almunium, dengan teknik tuang. Pada dinding silinder dikeraskan menggunakan chroom secara electroplating. Kelebihan model ini adalah bobot lebih ringan, proses pendinginan lebih baik karena almunium penghantar panas yang baik. Digunakan pada motor balap.
Konstruksi blok silinder motor 2 tak berbeda dengan motor 4 tak. Perbedaan tersebut antara lain pada motor 4 tak tidak ada lubang pada dinding silinder, sedangkan motor 2 tak pada dinding silinder terdapat lubang, yaitu lubang bilas (scavenging port)  dan lubang buang  (exhaust port). Adanya lubang pada silinder motor 2 tak menyebabkan peluang ring piston patah lebih tinggi, untuk mencegah hal itu maka pada alur ring piston motor 2 tak dilengkapi dengan nok, yang berfungsi mencegah ring piston berputar saat motor bekerja sehingga ujung ring piston bergerak melintasi lubang bilas maupun lubang buang.

            Blok silinder motor 2 tak                        Blok silinder motor 4 tak
Gb. 1.6  Perbedaan blok silinder motor 2 tak dengan 4 tak
Saat motor bekerja piston bergerak dan bergesekan terus menerus dengan dinding silinder, untuk mengurangi gesekan  diperlukan sistem pelumas yang baik, bila sistem pelumas kurang baik maka keausan silinder, ring piston dan piston akan cepat terjadi.  Keausan komponen tersebut menyebabkan:

  1. Motor sulit dihidupkan
Kompresi bocor menyebabkan kevakuman di dalam silinder  saat langkah hisap lemah sehingga  jumlah campuran yang masuk sedikit. Selain itu kebocoran kompresi juga menyebabkan tekanan dan temperatur akhir kompresi kurang, kondisi awal untuk proses pembakaran kurang terpenuhi sehingga motor sulit dihidupkan. 
  1. Tenaga motor lemah
Kebocoran kompresi menyebabkan tekanan hasil pembakaran yang mendorong piston berkurang karena sebagian tekanan bocor sehingga  tenaga yang memutar engkol berkurang, dan tenaga motor lemah.
  1. Oli mesin cepat rusak
Saat kompresi sebagian campuran bahan bakar akan bocor sehingga masuk bak engkol, di bak engkol bahan bakar akan bercampur dengan oli, hal ini menyebabkan oli cepat encer dan rusak.
  1. Bahan bakar boros dan polusi meningkat
Saat kompresi sebagian campuran bahan bakar akan bocor sehingga masuk bak engkol, dari bak engkol terbuang keluar ke udara dan mencemari lingkungan. Campuran yang terbuang berarti tidak  dirubah menjadi tenaga sehingga untuk menghasilkan tenaga yang sama diperlukan campuran bahan bakar  lebih banyak, hal ini menyebabkan bahan bakar boros.
  1. Suara mesin kasar
Keausan menyebabkan kelonggaran piston dengan dinding silinder lebih besar, jarak yang lebih lebar menyebabkan benturan lebih besar sehingga suara benturan lebih besar dan suara mesin lebih kasar.
D. TEST KOMPRESI

Sebelum membongkar blok silinder untuk melakukan pemeriksaan, perlu dipastikan bahwa silinder telah aus dengan cara melakukan test kompresi menggunakan compression gauge. Langkah untuk melakukan test kompresi adalah:

1. Panaskan mesin sampai mencapai panas kerja normal
2. Buka busi, kemudian pasang compression gauge.
3. Buka gas penuh, kemudian slah starter sampai tekanan kompresi tidak naik lagi.
4. Baca tekanan kompresi yang ditunjukkan pada alat, bandingkan dengan spesifikasi motornya. Besar tekanan kompresi 10 – 13 kg/cm2
Bila tekanan kompresi kurang dari spesifikasi, masuk 1-2 cc oli, kemudian lakukan pengetesan lagi
Gb. 1.7  Test kompresi
Bila tekanan kompresi  naik, maka kemungkinan keausan terletak pada silinder, piston atau ring piston, namun bila tekanan kompresi tetap rendah kemungkinan penyebabnya adalah kebocoran dari katup.                                    
E. PEMERIKSAAN BLOK SILINDER
Pemeriksaan blok silinder meliputi pemeriksaan kerataan permukaan dan keausan silinder. Alat yang diperlukan untuk pemeriksaan keausan adalah straight adge dan feeler gauge.
Langkah pemeriksaan adalah:

1. Bersihkan permukaan silinder
2. Letakan straight adge pada permukaan blok silinder. Periksa, apakah terdapat celah antara straight adge dengan permukaan blok silinder
Gg. 1.8  Memeriksa permukaan blok silinder
3. Sisipkan feeler gauge diantara  straight adge dengan permukaan blok silinder,  catat tebal feeler yang dapat masuk.
4. Lakukan pada beberapa posisi seperti gambar, bandingkan hasil pemeriksaan dengan spesifikasi. Bila melebihi sepesifikasi ratakan permukaan dengan cara dibubut atau di skrap.      Spesifikasi kerataan sebesar  0,05 mm atau feeler 5.
Pemeriksaan keausan blok silinder menggunakan alat cylinder gauge. Langkah pemeriksaan adalah sebagai berikut:

1. Bersihkan blok silinder dari kotoran
2. Lihat pada buku pedoman standard diameter silinder, misalkan motor Honda NSR 150R spesifikasi diameter blok silinder adalah: 59,000 – 59,005 mm.
Mengukur blok silinder
Model keausan normal
Gb.1.9  Memeriksa blok silinder
3. Pasang batang ukur sehingga kondisi awal 60,00 mm, periksa menggunakan micrometer untuk memastikan pasisi awal tepat 60,00 mm.
4. Masukkan cylinder gauge ke silinder di tiga tempat  pada sumbuh  x dan y. Goyang alat sampai penyimpangan maksimal
5. Catat hasil pengukuran analisa datanya
Contoh: hasil pengukuran dan analisanya
Bagian blok
Standard
Hasil pengukuran
Selisih
X
Y
Atas
59,005
59,35
59,30
0,05
Tengah
59,26
59,23
0,03
Bawah
59,20
59,20
0
Keausan =  hasil pengukuran terbesar – Standard
               =   59,35 – 59,005  =   0, 345 mm
Bentuk keausan adalah  oval dan tirus. Keovalan maksimal di bagian atas yaitu sebesar 0,05 mm dan ketirusan sebesar 0,15 mm.
Berdasarkan data tersebut berarti keausan 0,345 mm, sehingga perlu over size 50, artinya diameter silinder diperbesar 0,50 mm dari diameter standard. Piston dan ring piston juga harus diganti dengan oversize 50. Ukuran silinder setelah di over size 50 adalah sebesar 59,005 + 0,50 mm = 59,505 mm.
Ukuran over size piston dan ring piston yang dipasarkan adalah 25, 50, 75 dan 100.  Tanda oversize terletak pada kepala piston dan sisi atas ring piston.
Catatan.
Seseorang sering menentukan keausan dengan menentukan selisih ukuran X – Y. Dari contoh data diatas berarti terdapat kekeliruan besar dalam menyimpulkan, dimana ia akan menyimpulkan keausan 0,05 mm, jadi silinder masih baik.
Guna mengatasi kelemahan tersebut selain informasi diameter silinder beberapa buku pedoman telah memuat ukuran toleransi atau celah  silinder dengan piston sebagai referensi menentukan keausan silinder. Contoh beberapa ukuran toleransi piston dan silinder adalah sebagai berikut.
Tabel 3.  Toleransi piston dengan silinder
No
Merk/ Tipe motor
Toleransi
1
Honda Karisma
0,005 – 0,054
2
Honda NSR150R
0,065 – 0,080
3
Suzuki Shogun
0,03 -  0,04
4
Suzuki Tornado
0,035 – 0,045
5
Yamaha F1ZR
0,055 – 0,060
6
Yamaha α IIR
0,040 – 0,045
7
Yamaha Jupiter R
0,02 – 0,025
Dari penelitian di bengkel  60 % keausan piston dan silinder berbentuk goresan. Bentuk keausan ini disebabkan oleh pelumasan kurang sempurna atau debu yang masuk ke dalam silinder akibat filter dilepas. Sistem pelumas yang kurang baik karena pemilik kurang taat dalam penggantian oli, adanya kebocoran silinder dan seal sehingga jumlah oli sangat kurang bahkan habis. Selain itu terdapat 5 % disebabkan karena kesalahan proses kolter saat oversize, sehingga celah antara piston dengan dinding silinder terlalu besar.
F. KEPALA SILINDER (CYLINDER HEAD)
Kepala silinder berfungsi sebagai tutup silinder sehingga membentuk ruang tertutup  tempat motor melakukan proses pembakaran. Ruang dimana proses pembakaran terjadi disebut ruang bakar.  Macam ruang bakar motor 2 tak:
Gb. 1.10  Bentuk ruang bakar setengah bulat
Macam ruang bakar motor 4 tak.
  1. Ruang bakar langsung
Gb. 1.11  Macam Ruang bakar langsung
  1. Ruang bakar tidak langsung
CVCC (Compound Vortex Controlled Combustions)
TGP (Torbulance Generating Port)
Gb. 1.12  Macam Ruang bakar tak langsung
Pada motor 2 tak konstruksi kepala silinder  lebih sederhana dibandingkan pada motor 4 tak. Kepala silinder motor 2 tak terdapat busi dan sirip pendingin, sedangkan pada motor 4 tak terdapat katup, roker arm, poros nok, busi dan saluran pelumas poros nok dan katup. Melepas kepala silinder motor 2 tak cukup melepas baut pengikatnya, sedangkan pada motor 4 tak harus melepas rantai penggerak nok (timing cains).
Gb. 1.13  Perbedaan konstruksi kepala silinder 2 tak dengan 4 tak
Beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang kepala silinder antara lain:

  1. Bahan : besi tuang atau campuran almunium. Campuran almunium lebih sering digunakan karena ringan, penghantar panas yang baik sehingga memungkinkan merencanakan motor putaran tinggi dan kecepatan tinggi.
  2. Letak busi : letak busi harus memungkinkan busi mendapatkan campuran gas baru sebagai upaya pendinginan. Lokasi busi yang baik adalah dipusat sehingga tekanan pembakaran menyebar dan  menekan piston lebih merata.
  3. Saluran : saluran masuk dan buang harus didisain untuk meningkatkan torbulansi aliran agar campuran lebih homogen. Hindari sudut mati aliran karena dapat menyebabkan terjadi timbunan karbon pada saluran maupun pada katup.
  4. Bentuk ruang bakar : bentuk ruang bakar harus memungkinkan terjadi torbulensi aliran, proses perambatan panas yang merata, tekanan pembakaran yang menghasilkan daya dorong ke piston  paling optimal, tidak ada sudut mati agar tidak terjadi penumpukan  karbon di dalam silinder sehingga  dapat menyebabkan detonasi.
Gb. 1.14  Torbulensi aliran pada ruang bakar motor 4 tak
Gb. 1.15  Ruang bakar TSCC (Twin Swirl Combustion Chamber) pada Suzuki Thunder GSX 250
Di bagian kepala silinder terdapat bagian yang disebut squish area. Squish area berfungsi untuk mengatur pemusatan campuran bahan bakar yang masuk ke arah busi, torbulensi aliran dan distribusi tekanan hasil pembakaran pada piston. Squish dengan sudut yang terlalu kecil yaitu mendekati nol memungkinkan campuran terjebak di squis area,  sehingga torbulensi lemah, temperatur tinggi,  peluang detonasi tinggi. Sudut squish yang terlalu besar  proses torbulensi lemah dan distribusi tekanan hasil pembakaran kurang terpusat. Sudut squish area yang banyak digunakan adalan 5 – 15º. Selain squish area, torbulensi aliran sangat ditentukan dari disain manifold dan intake port. Bagian yang sering menghambat aliran pada manifold adalah valve guide. Adanya valve guide menyebabkan luasan manifold menyempit dan terjadi pusaran aliran dibelakang valve guide. Pusaran aliran akan menghambat campuran bahan bakar yang masuk ke dalam silinder.
Gb. 1.16  Luas tiap bagian saluran
G. PEMERIKSAAN KEPALA SILINDER
Kepala silinder merupakan bagian yang membentuk ruang bakar. Ruang bakar harus benar-benar rapat agar kompresi dan tekanan hasil pembakar tidak bocor. Penyebab kebocoran ruang bakar diantaranya:
  1. Gasket keras atau rusak
  2. Pengerasan kepala silinder kurang atau baut aus
  3. Ulir busi rusak atau aus
  4. Katup  menutup kurang rapat atau bocor
  5. Keretakan kepala silinder
  6. Kepala silinder tidak rata atau melengkung.
Batas kelengkungan adalah 0,03 -0,05 mm
Gb. 1.17 Membersihkan dan memeriksa kerataan kepala silinder
Untuk mencegah kepala silinder  melengkung maka:
  1. Hindari mesin sampai over heating,
  2. Secara periodik periksa momen pengencangan baut kepala silinder
  3. Saat melakukan pengendoran maupun pengencangan baut dengan cara menyilang dan bertahap.
H. PISTON

Piston/ seker/ Torak berfungsi untuk membentuk ruang bakar,  dan  mentransfer  tekanan hasil pembakaran ke pena piston, batang piston (connecting rod) dan poros engkol.   Gerak piston bolak balik dirubah menjadi gerak putar pada poros engkol melalui batang piston. Pada motor 2 tak piston juga berfungsi sebagai katup yang membuka dan menutup saluran bilas dan saluran buang.
Bagian-bagian piston

1. Kepala piston
Kepala piston merupakan bagian yang paling mendapat beban temperature dan tekanan tinggi, sehingga kepala piston harus kuat dan tahan panas. Bentuk kepala piston ada bermacam-macam diantaranya bentuk datar, cembung maupun cekung. Bentuk kepala piston tergantung disain ruang bakar.

Gb. 1.18 Piston dan ring motor 4 tak
Pada kepala piston terdapat tanda pemasangan maupun ukuran oversize silinder. Tanda pemasangan dapat berupa tanda panah, coakan, maupun hurup F atau IN sedangkan ukuran oversize berupa angka 25, 50, 75 maupun 100.
2. Alur ring piston (ring groove)

Alur ring piston merupakan tempat ring piston bekerja. Alur ring piston antara motor 4 tak berbeda dengan motor 2 tak.
a.     Motor 4 tak terdapat 2 jenis alur yaitu alur ring kompresi dan alur ring oli. Jumlah alur ring kompresi biasanya ada 2 alur, sedangkan ring oli 1 alur. Pada alur ring oli terdapat lubang pengembali oli.
Gb. 1.19 Ring piston pada alurnya
b.    Motor 2 tak  hanya mempunyai satu jenis alur, yaitu alur ring kompresi. Pada alur terdapat pin kecil (nok) yang berfungsi sebagai tempat sambungan ring, dan mencegah ring berputar saat bekerja. Bila sambungan ring piston berputar dan sambungan berada di saluran bilas maupun saluran buang maka kemungkinan besar ring piston akan patah saat melintasi lubang. Patahnya ring akan menimbulkan goresan yang dalam pada dinding silinder, sehingga blok harus di oversize ukuran besar yaitu 100, atau diganti silinder liner baru.
Gb. 1.20 Piston dan ring motor 2 tak
3. Dinding piston (piston skirt)

Dinding piston merupakan bagian yang menderita beban  gesek, sehingga bila pelumasan piston kurang baik bagian ini menjadi cepat aus dan tergores. Tergoresnya  piston  dan dinding silinder akan meyebabkan kompresi bocor. Guna mengatasi hal tersebut pada beberapa produsen motor melapisi dinding piston dengan teflon.
4. Lubang pena piston

Lubang pena piston merupakan tempat menyambung piston dengan batang piston. Terdapat 3 tipe hubungan  antara piston dengan batang piston, yaitu:
  1. Fixed type : pena dan piston diikat mati menggunakan suaian sesak atau baut pengikat. Bagian pena dengan batang piston bergerak bebas.
  2. Semi floating type: pena dan piston bergerak bebas, sedangkan pena piston dengan  batang piston diikat mati menggunakan baut maupun suaian sesak.
  3. Full floating type: hubungan piston, pena piston dan batang piston bebas, untuk menjamin pena tidak keluar digunakan klip pengunci yang dipasang pada lubang pena piston.
Gb. 1.21 Hubungan piston, pena piston dan batang piston
Piston menderita beban tekan dan temperatur pembakaran yang tinggi dan piston bergerak bolak-balik  selama proses kerja motor, oleh karena itu bahan piston harus:
  1. Tahan tekanan tinggi
  2. Tahan temperature tinggi
  3. Koefisien pemuaian kecil
  4. Ringan
Besi tuang mempunyai keungulan a-c , namun bobot piston menjadi berat, untuk itu piston banyak terbuat dari paduan almunium. Kelemahan paduan almunium adalah koefisien pemuaian besar, untuk mengatasi kelemahan tersebut maka:

a.     Mengikat ring baja pada ujung piston (jenis autothermic piston).
b.    Pada diding piston diberikan potongan berbentuk “U” atau “T” untuk melokalisir pemuaian (jenis Split piston)
c.     Diameter piston pada bagian yang sejajar dengan pena piston lebih kecil dibandingkan dengan bagian tegak lurus dengan lubang pena piston, hal ini karena dinding piston yang sejajar dengan pena lebih tebal dibandingkan dinding yang tegak lurus (bentuk piston oval).
d.    Diameter piston bagian atas lebih kecil dibandingkan bagian bawah, karena pada bagian atas temperatur lebih tinggi, sehingga pemuaian lebih besar (bentuk piston tirus).
e.     Bagian bawah lubang pena piston dipotong guna mengurangi bobot piston.
Gb.1.22  Bentuk piston
I. PEMERIKSAAN PISTON

Sebelum melakukan pemeriksaan kondisi piston, maka piston harus bersih dari kotoran dan karbon yang menempel.
Gb. 1. 23 Membersihkan piston
Pemeriksaan piston meliputi pemeriksaan visual dan pengukuran. Pemeriksaan visual antara lain:
1.     Jenis piston, tanda pemasangan, tanda oversize
2.     Goresan pada dinding piston dan dinding silinder

Bila pemeriksaan visual menunjukkan piston telah tergores berlebihan, maka ganti piston.
Pemeriksaan dengan pengukuran meliputi pemeriksaan celah antara piston dengan dinding silinder. Langkah menentukan celah adalah sebagai berikut:
a.   Ukur diameter silinder 10 mm dari bawah
b.   Ukur diameter silinder
c.   Cari celah dengan mengurangi dimeter silinder dengan diameter piston
Gb. 1.24  Mengukur diameter piston

Mengukur celah juga dapat menggunakan feller gauge dengan cara:
a.     Bersihkan silider dan piston
b.    Masukkan piston ke dalam silinder
c.     Ukur celah menggukan feller gauge
Gb. 1.25  Celah piston
Kerusakan piston antara lain :
a.     Kotoran karbon pada dinding piston maupun alur piston
b.    Dinding piston tergores
c.     Celah antara silinder dengan piston berlebihan karena kesalahan saat kolter silinder dan aus

Penyebab kerusakan:
  1. Usia pemakaian
  2. Sistem pelumas kurang sempurna (pompa oli rusak, jumlah oli kurang, kualitas oli rendah, penggantian oli tidak tertib)
  3. Debu masuk ke silinder akibat filter dilepas
  4. Cara pengendaraan kurang baik
  5. Overheating

Gb. 1.26 Melepas ring piston
J. RING PISTON

Ring piston ada dua jenis, yaitu:
  1. Ring kompresi berfungsi untuk mencegah kebocoran kompresi dan tekanan akhir pembakaran, menyalurkan panas dari piston ke dinding silinder.
  2. Ring oli berfungsi untuk mengoleskan oli ke dinding silinder saat piston bergerak dari TMB menuju TMA dan mengkikis oli di dinding silinder saat piston dari TMA ke TMB.
Motor 2 tak hanya memiliki 1 jenis ring piston yaitu ring kompresi. Jumlah ring kompresi ada 2 buah, yaitu: 
  1. Ring atas (top ring) berfungsi untuk  mencegah kebocoran kompresi dan tekanan akhir pembakaran, menyalurkan panas dari piston ke dinding silinder.
  2. Ring kedua (second ring) berfungsi menahan kebocoran yang berhasil menerobos ring atas dan mengoleskan oli untuk membentuk oil film pada dinding silinder serta mengkikis oli saat piston bergerak ke TMB.
Pemasangan ring kompresi tidak boleh terbalik atau tertukar. Agar pemasangan tidak terbalik maka  pada bagian atas ring terdapat tulisan oversize ring yaitu STD atau 25, 50, 75, 100, sedangkan untuk mencegah ring tidak tertukar maka ring atas biasanya model plain ring sedangkan ring kedua model keystone ring. Pada beberapa model model sepeda motor  ring kedua dilingkapi rangka pendorong (expander ring). Expander ring berfungsi untuk menambah tegangan ring kompresi dan mengurangi suara ring (ring noise). Ujung ring piston tidak boleh berputar sehingga pada ujung ring ditahan oleh nok. Terdapat dua model nok penahan yaitu:

1.     Upper side knock type :  lokasi pin sebagai nok penahan berada disisi bagian atas alur ring piston (piston groove).
2.     Inner side knock type: lokasi pin sebagai nok penahan berada disisi bagian dalam alur ring piston (piston groove).
Gb. 1.27  Ring kompresi motor 2 tak
Motor 4 tak memiliki 2 ring kompresi dan 1 ring oli. Konstruksi ring kompresi sedikit berbeda  dengan ring kompresi motor 2 tak, perbedaan terletak pada ujung ring pada motor 4 tak tidak ada lokasi untuk nok. Konstruksi ring oli ada 2 macam, yaitu:
Gb. 1.28   Jenis ring oli
K. PEMERIKSAAN RING PISTON

1. Secara visual
Periksa bagian ring yang bergesekan dengan dinding silinder dari keausan atau goresan. Periksa bagian yang bergesekan dengan alur ring, dengan cara dirabah dengan jari, bila aus maka terasa ada bagian yang menonjol
Gb. 1.29  Bentuk keausan ring piston
2. Pemeriksaan dengan alat ukur yaitu feller gauge, yaitu:
a. Pemeriksaan celah samping yang mengukur celah antara ring dengan alur ring menggunakan feller gauge. Spesifikasi celah top ring 0,03 -0,07, second ring 0,02-0,06  dengan limit 0,12 mm.
b. Pemeriksaan celah ujung dengan cara masukan ring piston ke dalam silinder. Dorong ring piston menggunakan piston pada jarak 40 mm dari bawah. Ukur celah menggunakan feller gauge. Spesifikasi celah 0,1 -0,25 dengan limit 0,4 mm.
Gb. 1.30  Memeriksa ring piston
Celah samping yang berlebihan akan menyebabkan suara ring piston berlebihan (ring noise), dan kebocoran. Celah ujung yang berlebihan sebagai indikasi keausan ring yang bergesekan dengan dinding silinder berlebihan, gaya pegas lemah kompresi bocor.

L. BATANG PISTON (CONNECTING ROD)

Batang piston berfungsi untuk menghubungkan piston dengan poros engkol, meneruskan tenaga dari tekanan pembakaran yang mendorong piston untuk memutar poros engkol, mengubah gerak bolak-balik piston menjadi gerak putar poros engkol.
Batang piston terbuat dari besi tuang dengan profil “I”. Bagian yang berhubungan dengan piston disebut small end dan bagian yang berhubungan dengan poros engkol disebut big end. Terdapat dua tipe batang piston yaitu:
  1. Intergret typebig end menyatu dengan poros engkol, untuk melepas batang piston dengan cara melepas pena engkol (crank pin). Pemasangan pena engkol menggunakan suaian sesak, untuk melepas pena engkol dengan hydrolic press. Jenis batang piston ini banyak digunakan untuk motor satu silinder.
  2. Separated type: big end dapat dipisahkan dengan poros engkol, untuk melepas batang piston dengan cara melepas baut pengikat big end. Poros engkol menjadi satu kesatuan sehingga  pena engkol tidak dapat dilepas. Jenis batang piston ini banyak digunakan untuk motor  silinder dua atau lebih.
Gb. 1.31  Tipe batang piston
M. POROS ENGKOL (CRANK SHAFT)

Poros engkol terbuat dari baja karbon, proses pembuatan melalui pengecoran. Bagian poros engkol antara laian:
  1. Pena engkol (Crank pin), yaitu bagian yang berhubungan dengan batang piston, terdapat dua tipe pena engkol yaitu tipe terpisah untuk motor satu silinder dan tipe menyatu untuk motor multi silinder. Pada pena engkol tipe terpisah antara pena engkol dengan batang piston dipasang bearing tipe jarum  (needle bearing), sedangan pada pena engkol tipe menyatu menggunakan metal (insert type bearing).
  2. Jurnal (crank journal), yaitu bagian yang berhubungan dengan bak engkol (crank case). Pada tipe pena engkol terpisah crank journal ditumpu oleh bearing (ball bearing), sedangkan tipe pena engkol menyatu ditumpu dengan metal (insert type bearing).
  3. Bobot balance (counterbalance weight), merupakan bagian yang berfungsi untuk menyeimbangkan fluktuasi gaya yang yang bekerja pada poros engkol, selama  poros engkol putaran atau mesin hidup.
Penyebab getaran yang terjadi pada mesin terutama disebabkan gerak naik turun piston. Saat di TMA kecepatan piston nol, demikian pula saat di TMA, kecepatan maksimal piston berada sekitar pertengahan langkah.  Perubahan kecepatan piston menyebabkan adanya percepatan dan perlambatan, adanya percepatan dan perlambatan menyebabkan gaya inersia dengan arah yang bervariasi.

Gb. 1.32  Grafik kecepatan piston
Bobot balance ada dua tipe, yaitu:
  1. Intergret type counterbalance weight: pada tipe ini bobot penyeimbang menyatu dengan pipi engkol, sehingga ukuran pipi engkol menjadi lebih besar.
Gb. 1.33  Intergret type counterbalance weight
  1. Separated type counterbalance weight: bobot penyeimbang pada pipi engkol dikurangi , kemudian dibuat bobot penyeimbang tersendiri.
Gb. 1.34   Separated type counterbalance weight
Bila piston gergerak ke atas akan menghasilkan gaya inersia sebesar 100%, gerakan ini akan dibalance oleh gaya inersia poros engkol sebesar 50%, sisanya akan dibalance oleh balancer masing-masing 25 %, sehingga total dari balance dari gaya inersia ke bawah sebesar 100%. Demikian pula untuk gerakan piston turun.
Dengan demikian getaran yang timbul akibat gaya inersia oleh gerakan piston saat motor beroperasi dapat direduksi oleh bobot balance, sehingga getaran mesin lebih halus.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menangani Separated type counterbalance weight adalah:
  1. Periksa kondisi permukaan bidang gesek balance dari keausan
  2. Periksa bearing poros bobot balance dari keausan
  3. Periksa bidang kontak gigi dari keausan
  4. Saat memasang balance pastikan tanda pemasangan tepat. Kesalahan saat pemasangan menyebabkan getaran mesin tinggi.

Mengenal Komponen-Komponen Karburator Pada Kendaraan Sepeda Motor

Mengenal Komponen-Komponen Karburator Pada Kendaraan Sepeda Motor - Pada postingan saat ini akan memberikan informasi tentang komponen-komponen karburator pada kendaraan sepeda motor. yang intinya adalah untuk mengetahui fungsi-fungsinya, cara kerjanya dan tingkat kecepatan karburator pada kendaraan sepeda motor.
karburator yang baik harus mampu membuat gas yang sempurna dan sesuai dengan kebutuhan mesin pada setiap tingkat penggunaan dan kecepatan putaran mesin. Untuk mendapatkan pembakaran yang sempurna dibutuhkan perbanbingan bensin dan udara dalam percampuran gas, menurut teoritis adalah 1:15. Artinya 1 gram bensin harus dicampur dengan 15 gram udara.Apabila perbandingan campurannya lebih dari 1:15 maka biasanya dikatakan campuran miskin contoh 1:18. Apabila perbandingan campuran kurang dari 1:15 maka dikatakan campuran kaya contoh 1:12. Didalam praktek pada umumnya digunakan campuran kaya, ini untuk mendapatkan daya mesin yang lebih besar (boros mesin). Dan dengan sebaliknya apabila menghendaki bahan bakar yang ekonomis maka bisa digunakan campuran miskin. Untuk campuran miskin ini biasa digunakan pada mesin 4 tak karena gerakan motor ini tak secepat kerja motor 2 tak.
Komponen-Komponen Karburator Pada Kendaraan Sepeda Motor
Komponen – Komponen Karburator dan Fungsinya

1. Mangkok karburator ( float chamber ) Berfungsi untuk menyimpan bensin pada waktu belum digunakan.
2. Klep / Jarum Pelampung Berfungsi untuk mengatur masuknya bensin kedalam mangkok karburator.
3. Pelampung ( float ) Berfungsi untuk mengatur agar tetapnya bahan bakar didalam mangkok karburator.
4. Skep / Katup Gas Berfungsi untuk mengatur banyaknya gas yang masuk kedalam silinder.
5. Pemancar Jarum ( main jet / needle jet ) Berfungsi untuk memancarkan bensin waktu motor di gas 
    besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep.
6. Jarum Skep / Jarum Gas ( jet needle ) Berfungsi untuk mengatur besarnya semprotan bensin dari main   
    nozzle pada waktu motor di gas.
7. Pemancar besar / induk ( main jet ) Berfungsi untuk memancarkan bensin waktu motor di gas full ( tinggi ).
8. Pemancar kecil / stasioner ( slow jet ). Berfungsi untuk memancarkan bensin waktu langsam / stationer.
9. Sekrup Gas / Baut Gas ( throttle screw ) Berfungsi untuk setelan posisi skep sebelum di gas.
10. Skrup udara / baut udara ( air Screw ) Berfungsi untuk mengatur banyaknya udara yang akan dicampur 
      dengan bahan bakar.
11. Katup Cuk ( choke valve ) Berfungsi untuk menutup udara luar yang masuk ke karburator sehingga gas 
      menjadi kaya digunakan pada waktu start.

Tipe Karburator

Type karburator yang digunakan pada mesin motor ada 2 macam yaitu :

-Karburator Arus Data yaitu karburator yang arah masuknya gas kedalam motor dengan arah datar, biasanya banyak digunakan pada motor buatan jepang.

-Karburator Arus Turun Yaitu karburator yang arah masuknya gas kedalam motor dengan arah turun, biasanya banyak digunakan pada motor vespa, Lambretta, Bajaj dan sebagian pada motor jepang type SUZUKI FD 110 XC.

Cara Kerja Karburator

Pada waktu mesin di hidupkan silinder mengadakan gerak isap maka isapan tersebut mengisap udara luar masuk ke dalam motor melalui spoeyer/jet, maka tekanan udara di permukaan jet rendah dan dari dalam spoeyer tadi memancarkan bensin. Sedangkan pancaran tersebut berupa kabut bensin/atomisasi yang disebabkan oleh adanya udara yang mengalir melalui saluran udara ke masing-masing spoeyer. Baik itu merupakan slow jet atau main jet. Sehingga dengan mudah bercampur udara menjadi gas yang diperlukan oleh motor dan pencampuran ini disebut venture. Dan inilah cara kerja karburator pada umumnya baik pada putaran mesin rendah maupun tinggi.

Tingkat Kecepatan

Tingkat kecepatan terbagi 4 yaitu :

-Putaran Stasioner (langsam) Posisi handle gas = 0 / lepas gas pada tingkatan ini bagian yang berpengaruh ialah sekrup udara (air screw) dan sekrup gas (throttle stop sore), apabila terjadi ketidak normalan didalam hidupnya mesin maka yang diperlukan di setel hanya dua bagian ini.

-Putaran Rendah Diatas stasioner gas = 0 / 1/8. Pada tingkatan ini alat komponen karburator yang berpengaruh ialah sekrup udara dan coakan pada katup gas atau coak sekrup (cut away).

-Putaran Menengah Diatas 1/8 sampai 3/4 gas, dan pada tingkatan ini komponen yang berpengaruh hanyalah coakan skep dan posisi tinggi jarum skepnya.

-Putaran Tinggi Diatas 3/4 gas sampai dengan full yang berpengaruh pada tingkatan ini hanyalah besarnya lubang main jet

Sekian,, ulasan tentang Mengenal Komponen-Komponen Karburator Pada Kendaraan Sepeda Motor, semoga bermanfaat.
Mengenal Komponen-Komponen Karburator Pada Kendaraan Sepeda Motor 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Mengenal Komponen-Komponen Karburator Pada Kendaraan Sepeda Motor' On

Mengenal bagian mesin sepeda motor

Mengenal bagian mesin sepeda motor - tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mesin. Kebetulan kemarin saya main ke rumah teman saya, kebetulan juga ada beberapa buku tentang mesin, dan saya pinjam buat belajar sedikit demi sedikit.

Pengertian dari mesin menurut buku yang saya baca adalah suatu pesawat yang dapat melakukan kerja apabila di isi tenaga. Mesin motor itu sendiri terbagi menjadi 3 bagian, diantaranya:
  1. Silinder cop
  2. Silinder blok
  3. Blok motor
Dari ke 3 bagian diatas, masing-masing memiliki bagian-bagian tersendiri. Untuk lebih jelasnya akan di uraikan dibawah.

Bagian silinder cop:
  • Nocken as / Camshoft
  • Pelatuk / Rocker arm
  • Valve / katup / klep
  • Ruang bakar
  • Lubang busi
  • Lubang hisap / intake manifold
  • Lubang saluran buang / exhaust manifold
  • Lubang sirkulasi oli naik
  • Tempat dudukan platina
  • Sirip pendingin
Bagian silinder blok:
  • Silinder
  • Piston / torak / seher
  • Ruang rantai keteng
  • Roller / sepatu rantai keteng / dampler
  • Sirip pendingin
  • Lubang sirkulasi oli naik
Blok motor terbagi menjadi 4 bagian, yaitu:
a. Blok bagian luar
b. Blok bagian kiri
c. Blok bagian kanan
d. Blok bagian tengah
a. Bagian yang terdapat pada blok bagian luar:
  • Baud setelan rantai keteng
  • Baud tap oli
  • Garpu kopling
  • Lubang pengisian oli
  • Nomor seri mesin
  • Pedal slah
  • Pedal vresneling
b. Bagian pada blok bagian kiri:
  • Rantai keteng
  • Gigi rantai keteng
  • Tensioner
  • Gigi penggerak pompa oli
  • Dynamo magnet
  • Kumparan / spul
c. Bagian pada blok bagian kanan:
  • Kopling
  • Gigi penerus / fly wheel
  • Cakaran / penggerak rumag garpu transmisi
  • Roda bintang dan stopper
  • Pompa oli
d. Bagian pada blok bagian tengah:
  • As engkol / kruk as
  • Gigi transmisi / vresneling
  • Gigi slah / kick stater
  • Lubang-lubang sirkulasi oli
Mungkin hanya sekian dulu yang bisa saya tulis tentang Mengenal bagian mesin sepeda motor, mudah-mudahan bermanfaat.

Sabtu, 01 Februari 2014

Tips & trik pasang keramik

Salam hangat dan selamat bersua kembali dengan penulis artikel yang super ini hehe…

   Pada artikel kali ini saya mencoba mengulas tentang (mungkin) salah satu pelajaran di teknik civil yaitu tentang cara memasang keramik. Dimana dalam artikel ini saya khususkan pada pemasangan keramik dan ubin. Di dalam ilmu teknik civil pemasangan keramik lantai termasuk dalam kategori finising pekerjaan bangunan.

Senin, 30 Desember 2013

Bancassurance PRUlink syariah assurance account

PRUlink syariah assurance account (PAA Syariah) adalah produk asuransi jiwa terkait investasi berdasarkan prinsip syariah dengan pembayaran kontribusi secara berkala yang memberikan fleksibilitas tak terbatas yang memungkinkan Anda untuk sewaktu-waktu mengubah jumlah pertanggungan, kontribusi serta cara pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bahkan Anda juga bisa menambah asuransi tambahan seperti rawat inap, kecelakaan atau kondisi kritis. Anda juga bisa memilih satu atau kombinasi dari 3 dana investasi syariah yang tersedia, dan dapat mengubah kombinasi dana investasi syariah sewaktu-waktu.

  • Bancassurance
PRUlink syariah assurance account (PSAA) juga dikenal dengan nama sebagai berikut di mitra kami:
Permata Bank               : PRESTIGElink syariah assurance account 
Bank Rakyat Indonesia  : PROVESTARAsyariah link

Manfaat Tambahan PRUlink syariah assurance account

            
PRUlink syariah assurance account (PAA Syariah) adalah produk asuransi jiwa terkait investasi berdasarkan prinsip syariah dengan pembayaran kontribusi secara berkala yang memberikan fleksibilitas tak terbatas yang memungkinkan Anda untuk sewaktu-waktu mengubah jumlah pertanggungan, kontribusi serta cara pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bahkan Anda juga bisa menambah asuransi tambahan seperti rawat inap, kecelakaan atau kondisi kritis. Anda juga bisa memilih satu atau kombinasi dari 3 dana investasi syariah yang tersedia, dan dapat mengubah kombinasi dana investasi syariah sewaktu-waktu.

  • Manfaat Tambahan

PRUlink syariah assurance account


PRUlink syariah assurance account (PAA Syariah) adalah produk asuransi jiwa terkait investasi berdasarkan prinsip syariah dengan pembayaran kontribusi secara berkala yang memberikan fleksibilitas tak terbatas yang memungkinkan Anda untuk sewaktu-waktu mengubah jumlah pertanggungan, kontribusi serta cara pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bahkan Anda juga bisa menambah asuransi tambahan seperti rawat inap, kecelakaan atau kondisi kritis. Anda juga bisa memilih satu atau kombinasi dari 3 dana investasi syariah yang tersedia, dan dapat mengubah kombinasi dana investasi syariah sewaktu-waktu.

  • Manfaat

    • Memberikan santunan meninggal dunia atau cacat total dan tetap sebesar uang pertanggungan.
    • Dapat memilih jenis investasi sesuai dengan profil risiko yang Anda inginkan.
    • Anda diperbolehkan untuk menambah perlindungan asuransi dengan memiliki asuransi tambahan.
    • Anda bisa menggunakan cuti kontribusi di mana Anda diperbolehkan untuk berhenti membayar kontribusi selama jangka waktu tertentu, karena alasan-alasan darurat.
    • Memiliki fasilitas withdrawal atau penarikan nilai tunai sebagian.

Rabu, 25 Desember 2013

AGEN ASURANSI PRUDENSIAL & BIODATA TENTANG SAYA




  SAYA SIAP AKAN PROSPEK/MEREKRUT ANDA  


BIODATA AGEN PRUDENTIAL ASOSIASI ASURANSI JIWA INDONESIA (AAJI)

NAMA                        :  MHD. HARIS YULIANDRA
PERUSAHAAN         :  PT PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE
No Hp                         :  081263246398/081288744708
Email                          ; muhammadharisyuliandra@yahoo.co.id
Gmail                          : depraharis7@gmail.com
Blog web                     : harisgudangilmu.blogspot.com
Kode Agen                 : 00749249
No. Lisensi                 ; 14157953

PRUaccess
PRUaccess adalah aplikasi berbasis web yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan Pemegang Polis Prudential.  


 # MARI KITA BERINVESTASI#
        INVESTASI PENDIDIKAN 
            INVESTASI KESEHATAN 
                 INVESTASI PENSIUNAN 

Peluang Beli Asuransi Prudential Kecil … Hanya 25% HUB ; 087868233024

Peluang kita untuk beli asuransi hanya 25%, jadi tidak ada alasan untuk menunda membeli Asuransi.
Hanya orang yang sehat dan punya uang (  Kuadran I ) yang bisa diterima menjadi Nasabah Asuransi.
Anda beruntung saat ini masih berada di Kuadran I. Roda kehidupan selalu berputar, kita tidak pernah tahu kapan roda kita akan berputar ke Kuadran II atau III maupun ke IV.
Sekaranglah  Anda harus ambil keputusan, mumpung masih di Kuadran I
Banyak orang yang memenuhi syarat sehat dan punya uang tapi mereka belum mempunyai Asuransi, karena hanya orang – orang yang “cinta keluarga” yang mau mempunyai Asuransi
Asuransi mungkin hanya selembar kertas. Manfaatnya pun tidak langsung dirasakan seperti kita membeli barang elektronik. Tapi, produk yang “hanya” selembar kertas ini pada saatnya bisa menjadi sebuah “mukjizat”. Ia datang saat diperlukan.

Asuransi Prudential
ASURANSI DIBELI PADA SAAT KITA TIDAK BUTUH (SEHAT),
APABILA KITA BELI PADA
SAAT KITA BUTUH (SAKIT)
PERUSAHAAN ASURANSI TIDAK AKAN MENERIMA KITA
ASURANSI ITU KEBUTUHAN DASAR
Purwacaraka:
“Betapa Penting & Harusnya Asuransi Itu”
Akhir-akhir ini semakin banyak kita menyaksikan para artis & tokoh menderita berbagai penyakit kritis, diantaranya:
GUGUN GONDRONG - Tumor Otak
CHRISYE – Kanker
INDRO “Warkop” – Jantung
PEPENG – Penyakit Langka  Multiple Sclerosis
Ibu AINUN Habibie – Kanker
FRANKY SAHILATUA – Kanker Sumsum
MenKes ENDANG Rahayu S (alm) – Kanker Paru-Paru

Karena biaya pengobatan yg tinggi banyak keluarga kaya jatuh miskin.
Artis² mengadakan malam penggalangan dana untuk membantu biaya pengobatan Gugun Gondrong, Chrisye maupun Franky Sahilatua.

Jika tidak memiliki Asuransi yangg cukup maka biaya akan terasa sangat berat yang berakibat membebani keluarga serta orang² disekitarnya.

Di sela² malam amal utk Franky Sahilatua, Purwacaraka berucap:
“Ini diharapkan bisa jadi pelajaran agar tidak terulang kepada musisi atau semua orang, Betapa penting & harusnya ada asuransi itu, Sehingga jika terjadi kejadian seperti ini, bisa ada yg meng-cover,” AGEN ASURANSI PRUDENTIAL
NAMA               : MHD. HARIS YULIANDRA
KODE  AGEN   : 00749249
NO LISENSE    : 14157953
HUB                   : 087868233024

Script Anti Klik Kanan, Anti Block, Anti Copy Paste, Anti Ctrl + U

Ditulis oleh: Mohammad Haris

Copy paste memang sangat mudah sekali terjadi di dunia blogger, oleh karena itu sering kali kita menjumpai keyword dengan judul yang sama, isi yang sama tetapi berbeda blognya. Hal ini sering kali membuat kita yang memiliki artikel asli buatan kita di Copas orang merasa jengkel. namun pada dasarnya kita tetap harus bersaing dengan mereka. apalagi bagi mereka yang hanya meraup keuntungan dari blogger, bukan belajar blogger untuk sekedar sharing.

Akan tetapi meskipun bog kita telah dipasang script anti klik kanan, anti blog, anti Ctrl + U, tetap saja masih ada peluang untuk mengcopas blog kita. entah bagaimana caranya. dalam hal ini telah membuktikan bahwa Copy Paste tidak bisa kita hindari.

Berikut Script Anti Klik Kanan, Ctrl + U, Ctrl + B, Ctrl + C  beserta cara memasangnya :

  • Edit HTML
  • Cari kode <body>. dengan menggunakan CTRL + F
  • Masukkan kode berikut ini ke dalam kode body
oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'

  • Hasilnya akan menjadi seperti ini:
 <body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'>

  • Setelah selesai kemudian Simpan Template.
Mudah bukan cara memasangnya? Tinggal anda praktekkan saja.
sekian semoga artikel ini bermanfaat.......

BAHAYA BUDAYA NATAL ( BERSAMA) BISA MENGANCAM UMAT


Selama bulan Desember. Suasana kristiani begitu terasa. Asesoris khas natal ada di mana- mana. Lagu- lagu kristiani terus di perdengarkan. Para pelayan dan pegawai di haruskan memakai atribut natal dan yang berfavorit asesories siterklas. Tak sedikit dari mereka adalah muslim. Bahkan ada yang berkerudung. Seringkali mereka merasa terpaksa, jika tidak dilakukannya mereka takut di berhentikan ( dipecat). Hampir semua media, terutama media elektronik, dijejali acara bermuansa natal dan tahun baru, walhasil, negri muslim ini selama bulan Desember seolah menjelma layaknya Kristen.

Syarat Motif Ekonomi dan Politik

Secara ekonomi, para kapatalis paling bayak untung dari semarak natal. Di Barat, pejualan ritel meningkat tajam di akhir tahun. Di Amerika Serikat, menurut data US Census Bureau, rata- rata kenaikan pejualan ritel di bulan Desember adalah yang tertinggi, mencapai 16 % dengan pangsa pasar 10 % dari total penjualan dalam setahun. Inilah yang di sebut sebagai christhmas season.  Di negeri Muslim, para pebisnis yang rata- rata Kristen pun ingin meruap untung seperti di negri Kristen. Mereka ingin Natal bias seperti momentum Idul Fitri di mana penjualan dapat menjapai 20 s/d 30 % dari total penjualan dalam setahun. Diantara caranya, semarakkan menyambut Natal dengan pesta diskon dan bermacam hadiah, dengan disertai semarak asesories dan suasana Natal. Selain Motif ekonomi, motif Politik juga tak ketinggalan. Kaum Kristen ingin menunjukan eksistensi dan mungkin dominasi mereka di negeri muslim. Disamping itu, momen terpenting untuk menamkan ide sinkrestisme dan pluralisme. Jika ini berhasil maka akidah umat akan maki lemah. Semarak Natal pun sarat dengan proyek westernisasi, menanamkan budaya barat agar dekat kepada kaum Muslim dan bahkan diadopsi. Ditampkkanlah budaya hura-hura, pergaulan bebas, dan menghambur- hamburkan harta dalam momentum Natal dan Tahun Baru. Kaum Muslim didorong sedemikan rupa agar mengambil budaya barat dan makin jauh dari budaya Islam. Patut diingat, misi Kristen tidak lepas dari misi penjajahan, itu adalah bagian dati trilogy penjajahan yakni gold, glory, dan gospel ( kekayaan alam, kejayaan, dan kristenisasi). Maka pembaratan upaya misionaris menggiring umat islam keluar dari agamanya.

Kamis, 14 November 2013

Coral Draw

hasil belajar awal .....


Cara Instal Driver VGA Card ATI dan NVIDIA yg benar

“Bagaimana cara kita menginstall driver VGA yang benar?, Bagaimana cara mengupdate yang benar?”. Pertanyaan itulah yang kerap kali muncul saat kita mau menginstall atau mengupdate driver VGA yang lama.

Pertama saya menjelaskan apa itu “Driver”. Driver adalah program lunak (software) yang berfungsi untuk mengkomunikasikan antara hardware dengan system operasi (OS) dalam menjalankan suatu program. Setiap driver yang dikeluarkan vendor tentunya akan mengalami update secara berkala hal ini bertujuan untuk memperbaiki bug (permasalahan) yang telah ada.

Jumat, 01 November 2013

CARA MEMBUAT PROGRAM PEMESANAN MAKANAN DENGAN VB

haris gudang ilmu kali ini saya akan menjelskan bagaimana caranya untuk membuat program
yang berfungsi untuk memesan menu makanan secara Online atau  saya sebut dengan “Café Harajuku”.mungkin seringkali kita melihat pemesanan  makanan via telpon ataupun secara langsung.di program kali ini saya membuat login untuk member tetap atau bisa disebut pelanggan “Café Harajuku” agar bisa masuk dan memesan secara online.karena itu saya membuat program ini pada Microsoft visual basic dengan menggunakan Teknik Percabangan “Select ….Case” untuk menseleksi beberapa statement saat kondisi berlangsung atau sedang diproses misal saat kita memilih menu 2 maka otomatis statement 1 akan terlewati dan mengeksekusi statement 2 sehingga kondisi terpenuhi

CARA MEMBUAT PROGRAM PEMESANAN MAKANAN DENGAN VB

haris gudang ilmu kali ini saya akan menjelskan bagaimana caranya untuk membuat program
yang berfungsi untuk memesan menu makanan secara Online atau  saya sebut dengan “Café Harajuku”.mungkin seringkali kita melihat pemesanan  makanan via telpon ataupun secara langsung.di program kali ini saya membuat login untuk member tetap atau bisa disebut pelanggan “Café Harajuku” agar bisa masuk dan memesan secara online.karena itu saya membuat program ini pada Microsoft visual basic dengan menggunakan Teknik Percabangan “Select ….Case” untuk menseleksi beberapa statement saat kondisi berlangsung atau sedang diproses misal saat kita memilih menu 2 maka otomatis statement 1 akan terlewati dan mengeksekusi statement 2 sehingga kondisi terpenuhi