Anda pengguna sepeda motor skuter matik, namun kurang puas dengan 
tenaga yang disemburkan mesin? Tak usah bingung ganti motor. Cukup 
dengan biaya Rp 3,3 – Rp 4,1 juta dijamin motor Anda mampu melesat 
seperti motor balap.
Caranya?  Cukup mudah. “Ubah setingan 
piston, perbesar ruang bakar, CDI dan  koil diganti. Begitu juga dengan 
noken as ganti dengan racing, dan knalpot,” kata Encep Suhandi, Mekanik 
Leo Motor, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (6/1).
Dia menyebut 
contoh, untuk modifikasi  mesin Honda Scoopy atau Honda BeAT.  “Untuk 
bore up  dua model itu menjadi setara (mesin) 130 cc, harga part dan 
ongkos jasa sekitar Rp 4, 1 juta,” terang Encep.
Harga itu sudah 
termasuk ubah blok  mesin baru, penggantian piston Izumi 55 mili meter, 
head custom, valve ukuran 24/28, roller, CLD 10 gram, karbu PE 28, ring 
piston NPR, CDI BRT F-Tech, porting polish, serta knalpot CLD. 
“Harga
 itu sudah standar. Karena komponen memang banyak, tetapi permintaan 
juga banyak sehingga toko juga tidak menurunkan harga,” ujar dia.
Lantas apa tujuan ganti beberapa komponen itu ? Apa pula pengaruhnya terhadap tenaga? Berikut penjelasan Encep :
1. Ganti piston dengan diameter besar
Langkah
 pertama yang harus dilakukan adalah memperbesar tingkat kompresi mesin.
 Agar rasio kompresi mesin naik, maka piston standar pasti diganti 
dengan  produk aftermarket yang berdiameter lebih besar.
Hal itu 
dimaksudkan agar tekanan udara dan bahan bakar ke ruang bakar semakin 
besar dengan komposisi udara lebih besar. “Sehingga proses pembakaran 
akan berlangsung sempurna. Kalau pembakaran sempurna tenaga yang 
dihasilkan juga besar,” terang Encep.
Namun, untuk motor skutik 
yang digunakan untuk mendukung kegiatan harian dan turing peningkatan 
ruang bakar cukup 125 cc. Pasalnya, dengan tenaga sebesar itu bahan 
bakar tidak boros tetapi tenaga yang dihasilkan cukup mumpuni.
2. Perbesar saluran ke ruang bakar
Memperbesar
 piston belumlah cukup bila tidak diimbangi dengan memperbesar saluran 
bahan bakar ke ruang bakar. Porting ini bertujuan agar proses semburan 
bahan bakar dari injektor ke ruang bakar semakin lancar.
Satu hal
 yang patut diingat pengurangan lapisan jangan melebihi 0,5 mm. Seperti 
halnya pemilihan piston lebih besar, cara ini juga bertujuan agar 
prosespembakaran bahan bakar lebih sempurna.
3. Gunakan CDI  dan koil Racing
CDI
 atau lengkapnya Capasitor Discharge Ignition adalah alat untuk  
mengatur waktu meletikkan api dari  busi yang kemudian membakar campuran
 bahan bakar yang  sudah  mampat akibat tenakan piston.
“Jadi, 
karena semburan bahan bakar lebih banyak dan tekanan piston makin kuat 
karena ubahan tadi, maka CDI juga harus ganti yang racing,” kata Encep.
Dengan CDI dank oil racing tenaga akan makin bertambah sempurna.
4. Ganti noken as racing
Penggantian
 noke as dengan noken racing itu bertujuan  untuk meningkatkan kemampuan
 motor untuk mencapai kecepatan tertinggi, serta menambah torsi mesin.
Noken
 as racing umumnya tonjolan lebih tinggi, sehingga proses buka tutup 
klep lebih sempurna.  “Dengan proses bukan tutup sempurna itu maka 
semburan tenaga di saat putaran mesin rendah bisa meningkat,” ujar 
Encep.
5. Sempurnakan dengan karburator dan knalpot racing
Beberapa
 ubahan di atas akan menghasilkan tenaga yang maksimal bila karburator 
dan knalpot racing. Pasalnya, dengan penggunaan piston yang lebih besar 
dan saluran ke ruang bakar yang disempurnakan, serta pemantik api dari 
busi (CDI) yang lebih bagus, tentunya juga membutuhkan sistem pengabutan
 atau semburan bahan bakar yang sempurna.
Sedangkan karburator 
merupakan peranti untuk menyemburkan kabut bahan bakar ke ruang bakar. 
“Dengan model racing semburan akan sempurna, karena lubang venturi lebih
 besar dibanding versi standar,” imbuh Encep.
Begitu pula dengan 
knalpot racing. Kanlpot model ini biasanya dirancang untuk memiliki 
tekanan balik gas sisa pembakaran ke ruang bakar yang sempurna. Sehingga
 kehadirannya akan meningkatkan kesempurnaan proses pembakaran.
“Kalau
 pemilik motor tidak suka menggunakan kanlpot racing aftermarket, bisa 
menggunakan knalpot bawaan pabrik tetapi dibobok,” kata Encep.
Lima cara mengingkatkan tenaga skuter metic
Langganan:
Posting Komentar
                                (
                                Atom
                                )
                              

Tidak ada komentar :
Posting Komentar
coba belajar dari awal