Info




SELAMAT DATANG DI WEB Haris Gudang Ilmu



Selamat datang di Web Side saya , saya harap anda senang berada di Web sederhana ini. Web ini saya tulis dengan komputer yang sederhana dan koneksi internet yang juga sederhana. Saya berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog saya ini. Terima Kasih



SEKILAS HARIS GUDANG ILMU



Nama saya Mohammad Haris saya seorang yang mempunyai Web Side ini . Saya mulai belajar blogger sejak bulan Oktober 2009, dan blog ini saya buat pada bulan January 2009. Terimakasih Atas Kunjungannya.Follow Grup saya di https://www.facebook.com/harisgudangilmu?ref=hl







Exit
Jangan Lupa Klik Like Ya

Social Icons

My Biodata Admin



Nama:Muhammad Haris Yuliandra
Angkatan Ke 2 Anak Didikan Dari
Sekolah SMK Negri 1 Kutalimbaru
Sudah Tamat

Selamat Bergabung Di Blog Saya






selamat berkujung di blog saya semoga apa yang saya berikan kepada anda semoga bermanfaat

Jumat, 09 Mei 2014

Merawat Aki Motor

merawat-aki.png

Aki yang satu ini bukan aki-aki atau kakek-kakek yang doyan ngopi dan bawa tongkat.

Aki disini adalah salah satu komponen Kelistrikan Sepeda Motor yang mengandung muatan listrik dan berbahaya untuk dikonsumsi.

Sebagai salah satu sumber utama kelistrikan tentunya tidak sembarangan dalam hal perawatannya terutama pada Aki basah yang harus melakukan pengecekan air aki minimal 1 bulan sekali.

Lain hal dengan Aki kering yang memang bisa dikatakan tidak memerlukan perawatan.
Untuk motor lawas yang masih mengadopsi aki basah wajib merawat komponen yang satu ini.

Lalu apa saja yang perlu dilakukan.


  1. Rajinlah melakukan pengecekan ketinggian air aki,jika kurang dari garis yang ditentukan,tambahlah.
  2. Pastikan untuk isi ulang menggunakan Air Suling yang dibanderol Rp 3000-Rp 5000.
  3. Gunakan Kick Stater untuk menghidupkan motor pada kondisi dingin misalnya dipagi hari.
  4. Memaksakan menggunakan elektrik stater dipagi hari sama dengan memaksakan kinerja aki.
  5. Jangan membebani aki dengan aksesoris tambahan diluar kelistrikan motor
  6. Cek rutin aki per-bulan saat servis

Sebenarnya hal diatas cukup simpel namun kebanyakan malas untuk merawat aki.

Pada dasarnya Aki basah lebih awet dari pada aki kering jika dilakukan dengan perawatan yang maksimal.
Sederhana saja jika ingin melakukannya sendiri cukup dengan modal kemauan dan Rp 5000 (air suling).

Aki yang terawat bisa bertahan sampai 5 tahun dengan biaya perawatan sendiri yang hanya Rp 5000/3 bulan.

Jalur Klakson Motor

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

klakson.png

Tidit tidit teroret bunyi khas peranti yang satu ini,namun jika rusak kadang bunyinya kaya orang lapar.

Masih tentang ilmu otomotif kali ini giliran kita bahas Jalur Klakson.
Sebelumnya pastikan anda pahami tentang Arti Warna Kabel Semua Motor.

jalur-klakson.png

Keterangan Gambar :

  • 1. Sepul Pengisian
  • 2. Regulator
  • 3. Sikring
  • 4. Aki
  • 5. Kunci Kontak
  • 6. Tombol Klakson
  • 7. Klakson


Garis berwarna hanyalah ilustrasi kabel dengan penjabaran sebagai berikut :

Sumber utama dari Klakson adalah sepul pengisian (1) yang kemudian akan dialirkan ke Regulator (2) yang berlanjut ke 2 jalur antara langsung ke kunci kontak (5) dan ke aki (4) yang melalui pengaman korsleting atau sikring (3) yang pada posisi on akan mengalir ke tombol klakson (6) yang pada saat ditekan akan mengalir ke klakson (7) yang membuat klakson bunyi adalah adanya dukungan kabel masa (-) pada klakson itu sendiri.

Kesimpulannya adalah klakson bisa tetap berbunyi meski mesin motor tidak dalam keadaan menyala.
Dengan catatan aki dalam kondisi normal.

Saatnya bisingin tetangga tet tot tet tururut

Tips Memilih Oli Motor

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

takaran-oli.png

OLI atau pelumas merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dari peralatan mesin bensin ataupun diesel.

Menjawab e-mail yang masuk via konsultasikan Motor berikut ulasan singkat tentang oli.

Kadang kita dipusingkan dengan pertanyaan seperti :
Oli apa yang cocok untuk motor kita.?
Apakah baik gonta-ganti merk oli.?
Berapa lama jangka waktu ganti oli..?
Berapa takaran yang pas untuk oli motor?.

berikut rinciannya diambil berdasarkan pengalaman bertahun-tahun dibengkel.

1. Memilih oli yang cocok
Sebenarnya sederhana saja untuk menentukan hal ini.
semua oli pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama yakni sebagai pelumas dan pelindung dari gesekan antar komponen mesin.
Namun yang membedakan adalah apakah oli yang kita pilih bertujuan lebih ke perawatan atau performa?

Oli juga bervariasi dari segi harga yang kadang juga mempengaruhi pilihan anda.
Namun apakah oli yang mahal lebih menjamin?
Jawabannya tidak karena mesin tentunya mempunyai karakteristik tersendiri dan tidak mengenal apa itu harga.

Dari segi kekentalan yang ditunjukan dengan kode SAE 20W50 misalnya adalah oli yang besifat kental.
20W Berarti Suhu dingin pengujian oli pada temperatur tertentu dan kode dikemasan oli pada 20W Adalah yang tepat untuk suhu indonesia.
Angka 50 adalah tingkat kekentalan oli,semakin rendah angka tersebut encer.

Oli yang bersifat kental disinyalir lebih handal dalam perawatan dan yang encer tentu pula handal dalam performa yang tentunya kembali pada pilihan kita.?

2. Gonta-ganti oli
Sejatinya pemilihan oli yang cocok adalah oli recomendasi sesuai pabrikan motor.
Misalnya Honda pada AHM OIL dan Yamaha Dengan YAMALUBE.

Tapi tetap saja pada kenyataannya kadang ditemukan perbedaan pada mesin tentunya saat menggunakan oli rekomendasi dan setelah pergantian menggunakan oli merk pasar.

Mungkin kita kadang dipusingkan dengan hal seperti ini.
Oli rekomendasi tapi tak cocok dengan motor atau Oli Merk Pasar tapi cocok pada motor?

Tiap mesin tentunya mempunyai karakteristik tersendiri meskipun satu merk dan satu pabrikan.
Jadi tak ada salahnya mencoba berbagai merk oli ditiap pergantian.
Tak harus mahal yang penting cocok.

3. Jangka Waktu Pergantian
Beberapa oli diklaim mampu bertahan sampai 2000km bahkan lebih.
Lalu apakah harus mengganti pada jarak tempuh tersebut?
Jika Pengalaman yang berbicara tentu saja jawabannya tidak.

Pergantian baiknya dilakukan secara periodik atau rentan waktu tertentu ditinjau dari tingkat kekentalan oli dan fungsi kendaraan.

Oli dengan kekentalan tinggi tentunya lebih awet dari segi umur pakai atau maksimal pergantian adalah perbulan.

Dari fungsi motor tentunya lebih memerlukan perhatian.
Apakah motor anda termasuk motor dengan mobilitas tinggi ataukah motor dinas kerja atau sehari-hari.

Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa pergantian oli yang baik adalah perbulan.
Dengan catatan untuk kendaraan dengan mobilitas tinggi menggunakan oli dengan kekentalan tinggi begitupun sebaliknya.

4. Takaran oli
Pada kemasan oli untuk motor biasanya tertulis 1 liter ataupun 800 ml.

Pola penggunaanya kadang pula dipusingkan dengan tulisan yang terdapat pada bak kopling atau bak oli pada motor.

Contoh pada motor bebek tertera 800 ml dan motor jalu atau sport 1 liter.

Untuk motor bebek dengan kondisi mesin normal memang pas pada 800 ml.
Lain hal dengan mesin yang bocor,mrembes,berasap dan berisik dianjurkan menggunakan takaran 1 liter sebelum dilakukan perbaikan.
hal ini untuk mengantisipasi oli yang terbuang karena hal-hal tersebut.

Khusus untuk mx meskipun tertulis 800 ml pada bak oli dan mengingat mx memiliki tipe rangkaian mesin berdiri,maka lebih saya sarankan menggunakan takaran 1 liter yang tentunya dari pengalaman dibengkel.

Rasanya lengkap sudah membahas tentang oli.

Masih bingung atau ada yang kurang?

Arti Warna Kabel Semua Motor

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

arti-warna-kabel.png
Automotif - Kabel adalah suatu alat untuk menyalurkan arus bermuatan positif (+) atau negatif (-).
Salah satu komponen pada sepeda motor ini memiliki peranan tersendiri dan juga rahasia tersendiri.

Apa Rahasianya..?

Kabel pada motor memang memiliki warna yang beragam yang tentunya memiliki arti tersendiri.
Arti disini berarti satu Warna Kabel mewakili satu jalur contohnya jika kabel aki (+) berwarna Merah Maka semua kabel berwarna Merah yang ditemui di semua rangkaian pada sepeda motor berarti itu adalah kabel dari atau menuju ke Aki.

Berikut diagram perkabelan pabrikan motor.

Arti Warna Kabel Motor HONDA
  • Merah = Aki (+)
  • Hijau = Masa (-)
  • Hitam = Arus dari Kunci Kontak (+)
  • Putih = Pengisian dari spul & lampu Dekat (+)
  • Kuning = Arus Lampu (+)
  • Biru = Lampu Jauh (+)
  • Abu-abu = Flasher Sein (+)
  • Biru Laut = Sein Kanan (+)
  • Orange = Sein Kiri (+)
  • Coklat = Lampu Kota (+)
  • Hitam - Merah = Spul CDI (+)
  • Hitam - Putih = Kunci Kontak (+)
  • Hitam - Kuning = Koil (+)
  • Biru - Kuning = Pulser CDI (+)
  • Hijau - Kuning = Lampu Rem (+)

Arti Warna kabel KAWASAKI
  • Hitam Garis Kuning = Masa (-)
  • Putih Garis Merah = Aki (+)
  • Merah Garis Hitam = Lampu Depan jauh (+)
  • Merah Garis Kuning = Lampu Depan Dekat (+)
  • Abu-Abu = Sein Kanan (+)
  • Hijau = Sein Kiri (+)
  • Biru = Lampu Rem (+)
  • Merah = Lampu Belakang (+)
  • Coklat = Klakson (+)

Arti Warna Kabel Suzuki
  • Hitam Garis Putih = Massa,berlaku untuk semua arus negatif (-)
  • Putih Garis Merah = Pengisian dari Aki (+)
  • Kuning Garis Putih = Untuk Penerangan (+)
  • Merah = Aki (+)
  • Orange = Kunci Kontak (+)
  • Abu-Abu = Lampu belakang (+)
  • Putih Garis Hitam = Lampu Rem (+)
  • Hijau Muda = Sein Kanan (+)
  • Hitam = Sein Kiri (+)
  • Kuning Garis Putih = Lampu Depan (+)
  • Putih Garis Biru = Koil ke CDI (+)
  • Biru Garis Kuning = Pulser ke CDI (+)

Arti Warna Kabel YAMAHA
  • Hitam = Massa,berlaku untuk semua arus negatif (-)
  • Merah = Aki (+)
  • Kuning = Lampu Depan Jauh (+)
  • Hijau = Arus Penerangan (+)
  • Putih Garis Merah = Pulser CDI (+)
  • Hijau Garis Hitam = Lampu Rem (+)

KETERANGAN :
- (+) = Arus Positif
- (-) = Arus Negatif.

Setiap Pabrikan memang memilih warna yang berbeda-beda dan jika anda mau belajar silahkan perhatikan bagan diatas.

Untuk motor diluar pabrikan diatas/motor China kadang mengikuti salah satu sistem pabrikan tersebut.
Cara mengetahuinya adalah dengan melihat kabel Masanya berwarna apa (kabel (-) aki).

Jika kabel Ground (Masa) berwarna Hijau maka sudah dapat dipastikan sistem perkabelan motor tersebut mengikuti perkabelan HONDA.

Cukup Mudah Bukan..?

Dasar dari ilmu perkabelan adalah dari warnanya dulu,pelajarilah.

Ilmu perkabelan itu mahal harganya,,mengaplikasi yang sudah jadi saja dihargai Rp 80.000 untuk jasa pemasangannya saja.

Tertarik..? Atau konsultasikan Masalah Motor Anda Disini.

Semoga Bermanfaat.

Dasar-Dasar AutoCAD

     Untuk mengoperasikan/menjalankan program AutoCAD, langkah pertama adalah klik Icon AutoCAD. Maka akan muncul jendela AutoCAD seperti dibawah ini:

Gambar.1 Workspaces

Pada jendela AutoCAD terdapat 2 pilihan yaitu:
  • 3D Modelling (digunakan apabila kita bekerja/menggunakan pandangan 3D)
  • AutoCAD Classic (digunakan apabila kita bekerja/menggunakan pandangan 2D)
Apabila kita pilih 3D Modelling, maka area gambar pada AutoCAD akan tampak seperti gambar dibawah ini:

Gambar.2 View 3D

Sedangkan apabila kita pilih AutoCAD Classic, maka gambarnya seperti dibawah ini:

Gambar.3 View 2D

Dari 2 gambar terlihat perbedaan pada UCS dan Crosshair-nya, pada 3D View  terdapat 3 garis sumbu (X,Y,Z) dan pada 2D View hanya 2 garis sumbu (X,Y). Sumbu Z pada 2D View terletak diantara garis perpotongan antara sumbu X dan sumbu Y (garis horisontal sejajar dengan sumbu X dan Y dan terletak 900 terhadap sumbu X dan Y). Setelah kita pilih salah satunya, langkah selanjutnya pilih OK. Kemudian akan muncul kotak New Features Workshop. Terdapat 3 pilihan pada kotak features tersebut. Kalau dipilih Yes maka akan diperlihatkan demo atau tutorial cara pembuatan 2D/3D (lebih lengkapnya dapat dilihat pada menu Help), dan apabila kita pilih Maybe Later maka akan muncul display AutoCAD seperti dibawah ini:

Gambar.4 Jendela Pada AutoCAD

Pada jendela AutoCAD diatas terdapat beberapa menu yang terdapat dalam AutoCAD. Keterangan dari menu-menu tersebut adalah:
  • Menu Bar :Berisi tentang perintah-perintah dalam AutoCAD selain Toolbar.  
  • Menu Toolbar :Tombol-tombol berisi perintah dari AutoCAD dan ditampilkan dalam bentuk symbol/icon 
  • Crosshair :Sebagai alat navigasi di AutoCAD (kursor). 
  • UCS Icon :User Coordinat System yaitu sistem koordinat yang dipakai oleh autocad dengan sumbu (X,Y) pada 2D dan sumbu (X,Y,Z) pada 3D. 
  • Command Line :Merupakan baris perintah dari AutoCAD, yang berfungsi untuk memasukkan perintah perintah AutoCAD, seperti LINE, CIRCLE, RECTANGLE dan sebagainya. 
  • Display :Tempat untuk menampilkan gambar, melakukan penggambaran dan pengeditan gambar.

Fungsi Tombol Keyboard pada AutoCAD
Pada keyboard terdapat beberapa fungsi yang dipakai pada saat pengoperasian AutoCAD. Beberapa fungsi tombol tersebut antara lain:
  • Esc :Berfungsi untuk membatalkan perintah
  • F1 :Berfungsi untuk memberikan bantuan dari perintah AutoCAD.
  • F2 :Berfungsi untuk menampilkan jendela AutoCAD Text Window, dimana pada AutoCAD Text Window kita dapat melihat history dari perintah dalam pembuatan sebuah gambar.
  • F3 :Berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Osnap dari AutoCAD
  • F4 :Berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Tablet dari AutoCAD
  • F5 :Berfungsi untuk merubah bidang gambar menjadi posisi Isometric
  • F6 :Berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Coordinat dari AutoCAD
  • F7 :Berfungsi untuk menampilkan dan menghilangkan Grid pada display AutoCAD
  • F8 :Berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi modus Orthogonal dari AutoCAD. Jika modus Orthogonal aktif, maka pergerakan kursor ketika menggunakan perintah AutoCAD hanya akan bergerak secara vertikal dan horisontal.
  • F9 :Berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Snap dari AutoCAD
  • F10 :Berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Polar dari AutoCAD
  • F11 :Berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Object Snap Tracking (OTRACT) dari AutoCAD
  • F12 :Berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Dynamic Input (DYN) dari AutoCAD
  • Enter :Berfungsi untuk menyetujui perintah yang ditulis  dari AutoCAD
  • Space Bar :Berfungsi untuk menyetujui perintah yang ditulis  dari AutoCAD

Toolbar AutoCAD
Dalam program AutoCAD terdapat beberapa Toolbar untuk melakukan perintah-perintah dalam proses pengerjaan suatu gambar. Toolbar-toolbar tersebut dapat kita lihat pada Menubar atau Menu Toolbar. Disini yang akan saya jelaskan Toolbar-toolbar yang penting saja ya...? Toolbar-toolbar tersebut antara lain:

Standard 
Dalam Toolbar Standard terdapat beberapa icon standar yang sangat penting untuk memulai suatu perkerjaan, membuka gambar ataupun menyimpannya, seperti: New, Open, Save, Print dan lain-lain.

Gambar.5 Toolbar Standard Pada AutoCAD

Styles
Dalam Toolbar Styles terdapat beberapa perintah untuk mengubah Text, Dimension dan Table

Gambar.6 Toolbar Styles Pada AutoCAD

Workspaces
Toolbar Workspaces untuk mengganti display pada AutoCAD. Terdapat 2 pilihan yaitu untuk 2D dan 3D.

Gambar.7 Toolbar Workspaces Pada AutoCAD

Layers
Toolbar Layer untuk mengganti tipe garis, tebal garis, warna garis, dan juga untuk mengunci garis ataupun menyembunyikan garis sesuai dengan yang diinginkan.

Gambar.8 Toolbar Layers Pada AutoCAD

Properties
Toolbar properties fungsinya sama dengan dengan pada Toolbar layers

Gambar.9 Toolbar Propertiess Pada AutoCAD

Insert
Toolbar insert terdapat beberapa icon antara lain untuk mengambil attach gambar dalam format dwg, dwf, bmp, wmf, jpg dan lain-lain

Gambar.10 Toolbar Insert Pada AutoCAD

Draw
Toolbar Draw terdapat beberapa perintah untuk membuat suatu garis, lingkaran, bujur sangkar dan lain-lain

Gambar.11 Toolbar Draw Pada AutoCAD

Modify
Pada Toolbar Modify terdapat beberapa icon perintah dalam AutoCAD untuk menghapus, mengkopi, membuat 2 garis sejajar dan lain-lain

Gambar.12 Toolbar Modify Pada AutoCAD

Dimension
Toolbar Dimension digunakan untuk membuat suatu dimensi pada AutoCAD

Gambar.13 Toolbar Dimension Pada AutoCAD

Orbit
Toolbar Orbit digunakan untuk memutar pandangan dari segala sudut untuk melihat suatu gambar 3D tetapi objek tersebut tidak bergerak/diam. Jadi objeknya yang diam, tetapi pandangan yang bergerak.

Gambar.14 Toolbar Orbit Pada AutoCAD

Object Snap
Toolbar Object Snap terdapat beberapa icon seperti ENDPOINT, MIDPOINT, INTERSECTION dan lain. Digunakan apa bila kita akan membuat 2 garis yang bersinggungan.

Gambar.15 Toolbar Object Snap Pada AutoCAD

Modeling
Toolbar Modeling digunakan sebagai perintah untuk membuat 3D pada AutoCAD. Dapat diliat riilnya apabila kita mengunakan View 3D.

Gambar.16 Toolbar Modeling Pada AutoCAD

Solid Editing
Toolbar Solid Editing dignakan untuk mengedit objek solid pada AutoCAD

Gambar.17 Toolbar Solid Editing Pada AutoCAD

Visual Styles
Toolbar Visual Styles digunakan apabila kita ingin melihat gambar 3D secara tembus pandang ataupun tidak. Ingat Visual Style hanya berlaku untuk gambar 3D dan tidak untuk 2D.

Gambar.18 Toolbar Visual Styles Pada AutoCAD

UCS
UCS digunakan untuk merubah sumbu X,Y,Z sesuai dengan yang kita inginkan, sumbu UCS terletak pada bagian sebelah pojok kiri paling bawah

Gambar.19 Toolbar UCS Pada AutoCAD

Text
Toolbar Text digunakan untuk membuat Text pada perintah AutoCAD

Gambar.20 Toolbar Text Pada AutoCAD

View
Toolbar View digunakan untuk melihat pandang objek dari depan, belakang, samping kanan- kiri, atas-bawah dan pandangan isometrik

Gambar.21 Toolbar View Pada AutoCAD

Zoom
Toolbar Zoom digunakan untuk membesarkan dan mengecilkan pandangan terhadap objek, sehingga kita bias melihat objek tersebut tampak lebih besar ataupun kecil.

Gambar.22 Toolbar Zoom Pada AutoCAD

Rabu, 07 Mei 2014

COSMETIK ALAMI DARI BUAH-BUAHAN

" Manfa'at Buah Pepaya "

Manfaat dan khasiat buah pepaya bagi wajah cukup banyak, dan salah satunya memberikan kelembuatan kulit wajah. Selain itu , buah pepaya mampu mengobati jerawat dengan mengunakan masker pepaya.

Buahnya bisa dgunakan masker atau dengan menggunakan daunnya. 













  

" Manfa'at Nanas "

Buah nenas bermanfaat dan berkasiat untuk memberikan kesegaran pada kulit anda, tapi anda perlu hati-hati dengan menggunakan nenas, karena apabila ada luka jerawat anda akan terasa pedih apabila tersentuh dengan nenas ini.

Buah nenas bermanfaat bagi wajah dalam memberikan manfaat bagi tipe kulit yang berkeringat cepat mengangkat sel mati pada wajah dan mampu membersihkan noda hitam diwajah .


















Selasa, 29 April 2014

Kumpulan Makalah


MENGANALISIS LAGU
YANG
BERJUDUL RAYAP-RAYAP

D
I
S
U
S
U
N
Oleh :

Mhd.Haris Yuliandra


XII `1`



SMK NEGRI 1 Kutalimbaru




Senin, 28 April 2014

Cara membedakan Part TDR Asli & Palsu

Gambar Suku cadang motor “aspal” (Aseli tapi palsu) jelas merugikan konsumen. Bagaimana tidak? Barang-barang aspal sengaja dibuat sedemikan rupa hampir sama persis dengan yang aseli oleh pihak tak bertanggung jawab. Padahal secara harga, bisa jadi tidak berbeda jauh dengan yang aseli.Walah…Mau ngirit malah ngorot (boros)!
Karena itu patut dicermati sebelum membeli spare partmotor, terutama di bengkel umum. Cek secara teliti kondisi barang tersebut. Berikut tips untuk menghindari suku cadang “aspal”.
1. Kemasan
Jangan tertipu kemasan unik dengan warna yang tidak biasanya. Kemasan atau bungkus dari komponen spare partasli, biasanya memiliki warna serta tulisan yang lebih jelas dibandingkan suku cadang palsu. Dan pada salah satu bagian kemasannya, terdapat cacat. Pembeli adalah raja. Jangan takut sob, untuk menanyakan secara teliti kepada pemilik toko.
2. Harga
Karakter pembeli di Indonesia memang one for all (satu untuk semua). Mau murah tapi berkualitas, awet, dapat diskon pula sekaligus pulang bawa hadiah. Tipe-tipe yang begini yang gampang di tipu pedagang spare part“aspal”.  Tidak dapat dipungkiri, harga menjadi satu dari sekian banyak alasan mengapa konsumen memilih sebuah suku cadang tertentu.
Namun perlu diingat, bila pedagang menawarkan harga yang miring untuk suku cadang merek kendaraan tertentu, bradercis perlu waspada. Boleh jadi suku cadang yang ditawarkan itu palsu. Cari yang aseli saja, meski harganya agak mahal, yang penting kualitasnya terjamin sob.
3. Garansi
Tidak perlu muluk-muluk garansi seumur hidup. Terpenting, perhatikan garansi yang diberikan oleh pihak penjual. Biasanya suku cadang aseli, ada garansi langsung dari produsen kendaraan yang bersangkutan. Misalnya Honda, Yamaha,Suzuki dan sebagainya. Namun kalau penjual hanya memberikan garansi toko atau garansi distributor, yang ini perlu diwaspadai. Karena bisa dipastikan suku cadang itu palsu.
Oleh karena itu, sebisa mungkin carilah toko-toko yang memasang label “Genuine Part”. Karena dengan begitu biasanya si penjual sudah diberikan lisensi oleh produsen kendaraan yang dimaksud untuk menjual komponen suku cadangnya.
4. Bahan komponen yang digunakan
Setelah kemasan dibuka, biasanya akan terlihat komponen suku cadang yang dimaksud. Pun begitu pada saat membukanya, agak sedikit kuat. Pasalnya suku cadang yang aseli di kemas dengan standar pabrikan, seperti di pres kuat-kuat.
Bradercis dapat memperhatikan secara detil seperti apa bahan yang digunakan pada komponen itu, atau perhatikan tabel kemasannya. Biasanya suku cadang palsu menggunakan komponen yang lebih memiliki mutu rendah dibanding yang asli. Misalnya kalau yang asli menggunakan material baja. Maka yang aspal berbahan dasar besi.
5. Servis ke Bengkel Resmi Saja
Dari pada bradercis kurang yakin dan was-was terus tentang suku cadang aseli atau bukan. Bentuk yang paling aman ya, servis berkala di bengkel umum. Karena keganjilan sekecil apapun setelah servis di bengkel resmi itu, bisa langsung di komplain sehingga keluhan bradercis cepat teratasi.

Kenapa Saat Balik Nama Kendaraan, Bpkb Harus Diganti?


TAHUN 1994, saya pernah beli mobil 100 persen baru dari diler. Satu minggu STNK dan pelat nomor keluar, sedangkan BPKB sekitar tiga bulan baru keluar. Wajar, karena mobil baru belum ada BPKBnya.

Tahun 1997, saya jual dan beli mobil bekas dari luar kota. Berkas mutasi antardaerah satu bulan baru keluar. Daftar di tempat domisili sesuai KTP. Satu hari STNK dan pelat nomor kelar, BPKB satu minggu sudah diterima lagi karena tidak ada penggantian BPKB karena hanya diberi keterangan dan ditandatangani dalam lembar perubahan identitas kendaraan oleh seksi BPKB.

Tahun 2003 saya beli mobil lawas keluaran tahun 1979. Tahun 2004 saya bea balik nama (BBN) atas nama saya, tidak perlu mutasi karena domisili pemilik lama dengan saya sama. STNK dan pelat nomor satu hari kelar, BPKB satu minggu sudah diterima. Saya baca riwayat kendaraan sejak tahun 1979 sampai dengan tahun 2004 siapa saja ora'ng yang pernah memiliki mobil tersebut dan kotakota mana saja yang pernah ditempati oleh mobil tersebut. Si pembeli mobil jadi tahu riwayat kendaraan sejak keluar dari kapal masuk ke diler dan sampai di tangan pemilik pertama dan te'rakhir, semua bisa dibaca dalam BPKB.

Tahun 2012 saya beli mobil bekas lagi, bersamaan dengan adanya pajak progresif. Sampai akhir Juni 2012, biaya BBN dibebaskan. Saya BBNkan atas nama istri untuk menghindari pertambahan pajak, karena nama saya sudah dipakai untuk mobil lawas tersebut. Hari itu juga STNK dan pelat nomor keluar, BPKB satu bulan sudah diterima dengan BPKB yang baru.

Pertengahan tahun 2012, anak saya beli mobil bekas keluaran tahun 2000 dari orang ketiga, bukan pemilik langsung. Pada 13 Agustus 2013, saya anjurkan kepada anak saya agar BBN saja. Pada hari itu saya daftar dan cek fisik. Setelah bayar biaya mutasi antar Samsat Rp 75.000, besoknya saya datang lagi. Setelah membayar untuk ganti BPKB yang baru sebesar Rp 100.000, notice pajak dan pelat nomor keluar hari itu. Namun, STNK dan BPKB pengganti keluar 30 November 2013. Jadi, sekitar tiga bulan STNK dan BPKB baru diterima.

Yang jadi pertanyaan:
1. Kenapa sekarang setiap BBN kendaraan, BPKB hams diganti sehingga menambah biaya? Buat apa ada lembarlembar untuk penggantian identitas kendaraan di dalam BPKB?

2. Apakah kebijakan tersebut dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah masingmasing?

3. Saya jadi berpikir untuk tidak menjual kendaraan lawas tersebut, karena siapa yang mau beli. Sementara kendaraan yang masih gres dan baru di diler juga banyak dan saya berharap siapa tahu beberapa tahun ke depan, bukan mobilnya yang mahal tapi suratsuratnya yang mahal, karena STNK dan BPKB sudah habis, sehingga orang kalau mau beli mobil baru akan ditanya sudah punyakah Anda nomor polisinya?