Info




SELAMAT DATANG DI WEB Haris Gudang Ilmu



Selamat datang di Web Side saya , saya harap anda senang berada di Web sederhana ini. Web ini saya tulis dengan komputer yang sederhana dan koneksi internet yang juga sederhana. Saya berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog saya ini. Terima Kasih



SEKILAS HARIS GUDANG ILMU



Nama saya Mohammad Haris saya seorang yang mempunyai Web Side ini . Saya mulai belajar blogger sejak bulan Oktober 2009, dan blog ini saya buat pada bulan January 2009. Terimakasih Atas Kunjungannya.Follow Grup saya di https://www.facebook.com/harisgudangilmu?ref=hl







Exit
Jangan Lupa Klik Like Ya

Social Icons

My Biodata Admin



Nama:Muhammad Haris Yuliandra
Angkatan Ke 2 Anak Didikan Dari
Sekolah SMK Negri 1 Kutalimbaru
Sudah Tamat

Selamat Bergabung Di Blog Saya






selamat berkujung di blog saya semoga apa yang saya berikan kepada anda semoga bermanfaat

Jumat, 09 Mei 2014

Dasar-Dasar AutoCAD

     Untuk mengoperasikan/menjalankan program AutoCAD, langkah pertama adalah klik Icon AutoCAD. Maka akan muncul jendela AutoCAD seperti dibawah ini:

Gambar.1 Workspaces

Pada jendela AutoCAD terdapat 2 pilihan yaitu:
  • 3D Modelling (digunakan apabila kita bekerja/menggunakan pandangan 3D)
  • AutoCAD Classic (digunakan apabila kita bekerja/menggunakan pandangan 2D)
Apabila kita pilih 3D Modelling, maka area gambar pada AutoCAD akan tampak seperti gambar dibawah ini:

Gambar.2 View 3D

Sedangkan apabila kita pilih AutoCAD Classic, maka gambarnya seperti dibawah ini:

Gambar.3 View 2D

Dari 2 gambar terlihat perbedaan pada UCS dan Crosshair-nya, pada 3D View  terdapat 3 garis sumbu (X,Y,Z) dan pada 2D View hanya 2 garis sumbu (X,Y). Sumbu Z pada 2D View terletak diantara garis perpotongan antara sumbu X dan sumbu Y (garis horisontal sejajar dengan sumbu X dan Y dan terletak 900 terhadap sumbu X dan Y). Setelah kita pilih salah satunya, langkah selanjutnya pilih OK. Kemudian akan muncul kotak New Features Workshop. Terdapat 3 pilihan pada kotak features tersebut. Kalau dipilih Yes maka akan diperlihatkan demo atau tutorial cara pembuatan 2D/3D (lebih lengkapnya dapat dilihat pada menu Help), dan apabila kita pilih Maybe Later maka akan muncul display AutoCAD seperti dibawah ini:

Gambar.4 Jendela Pada AutoCAD

Pada jendela AutoCAD diatas terdapat beberapa menu yang terdapat dalam AutoCAD. Keterangan dari menu-menu tersebut adalah:
  • Menu Bar :Berisi tentang perintah-perintah dalam AutoCAD selain Toolbar.  
  • Menu Toolbar :Tombol-tombol berisi perintah dari AutoCAD dan ditampilkan dalam bentuk symbol/icon 
  • Crosshair :Sebagai alat navigasi di AutoCAD (kursor). 
  • UCS Icon :User Coordinat System yaitu sistem koordinat yang dipakai oleh autocad dengan sumbu (X,Y) pada 2D dan sumbu (X,Y,Z) pada 3D. 
  • Command Line :Merupakan baris perintah dari AutoCAD, yang berfungsi untuk memasukkan perintah perintah AutoCAD, seperti LINE, CIRCLE, RECTANGLE dan sebagainya. 
  • Display :Tempat untuk menampilkan gambar, melakukan penggambaran dan pengeditan gambar.

Fungsi Tombol Keyboard pada AutoCAD
Pada keyboard terdapat beberapa fungsi yang dipakai pada saat pengoperasian AutoCAD. Beberapa fungsi tombol tersebut antara lain:
  • Esc :Berfungsi untuk membatalkan perintah
  • F1 :Berfungsi untuk memberikan bantuan dari perintah AutoCAD.
  • F2 :Berfungsi untuk menampilkan jendela AutoCAD Text Window, dimana pada AutoCAD Text Window kita dapat melihat history dari perintah dalam pembuatan sebuah gambar.
  • F3 :Berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Osnap dari AutoCAD
  • F4 :Berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Tablet dari AutoCAD
  • F5 :Berfungsi untuk merubah bidang gambar menjadi posisi Isometric
  • F6 :Berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Coordinat dari AutoCAD
  • F7 :Berfungsi untuk menampilkan dan menghilangkan Grid pada display AutoCAD
  • F8 :Berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi modus Orthogonal dari AutoCAD. Jika modus Orthogonal aktif, maka pergerakan kursor ketika menggunakan perintah AutoCAD hanya akan bergerak secara vertikal dan horisontal.
  • F9 :Berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Snap dari AutoCAD
  • F10 :Berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Polar dari AutoCAD
  • F11 :Berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Object Snap Tracking (OTRACT) dari AutoCAD
  • F12 :Berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Dynamic Input (DYN) dari AutoCAD
  • Enter :Berfungsi untuk menyetujui perintah yang ditulis  dari AutoCAD
  • Space Bar :Berfungsi untuk menyetujui perintah yang ditulis  dari AutoCAD

Toolbar AutoCAD
Dalam program AutoCAD terdapat beberapa Toolbar untuk melakukan perintah-perintah dalam proses pengerjaan suatu gambar. Toolbar-toolbar tersebut dapat kita lihat pada Menubar atau Menu Toolbar. Disini yang akan saya jelaskan Toolbar-toolbar yang penting saja ya...? Toolbar-toolbar tersebut antara lain:

Standard 
Dalam Toolbar Standard terdapat beberapa icon standar yang sangat penting untuk memulai suatu perkerjaan, membuka gambar ataupun menyimpannya, seperti: New, Open, Save, Print dan lain-lain.

Gambar.5 Toolbar Standard Pada AutoCAD

Styles
Dalam Toolbar Styles terdapat beberapa perintah untuk mengubah Text, Dimension dan Table

Gambar.6 Toolbar Styles Pada AutoCAD

Workspaces
Toolbar Workspaces untuk mengganti display pada AutoCAD. Terdapat 2 pilihan yaitu untuk 2D dan 3D.

Gambar.7 Toolbar Workspaces Pada AutoCAD

Layers
Toolbar Layer untuk mengganti tipe garis, tebal garis, warna garis, dan juga untuk mengunci garis ataupun menyembunyikan garis sesuai dengan yang diinginkan.

Gambar.8 Toolbar Layers Pada AutoCAD

Properties
Toolbar properties fungsinya sama dengan dengan pada Toolbar layers

Gambar.9 Toolbar Propertiess Pada AutoCAD

Insert
Toolbar insert terdapat beberapa icon antara lain untuk mengambil attach gambar dalam format dwg, dwf, bmp, wmf, jpg dan lain-lain

Gambar.10 Toolbar Insert Pada AutoCAD

Draw
Toolbar Draw terdapat beberapa perintah untuk membuat suatu garis, lingkaran, bujur sangkar dan lain-lain

Gambar.11 Toolbar Draw Pada AutoCAD

Modify
Pada Toolbar Modify terdapat beberapa icon perintah dalam AutoCAD untuk menghapus, mengkopi, membuat 2 garis sejajar dan lain-lain

Gambar.12 Toolbar Modify Pada AutoCAD

Dimension
Toolbar Dimension digunakan untuk membuat suatu dimensi pada AutoCAD

Gambar.13 Toolbar Dimension Pada AutoCAD

Orbit
Toolbar Orbit digunakan untuk memutar pandangan dari segala sudut untuk melihat suatu gambar 3D tetapi objek tersebut tidak bergerak/diam. Jadi objeknya yang diam, tetapi pandangan yang bergerak.

Gambar.14 Toolbar Orbit Pada AutoCAD

Object Snap
Toolbar Object Snap terdapat beberapa icon seperti ENDPOINT, MIDPOINT, INTERSECTION dan lain. Digunakan apa bila kita akan membuat 2 garis yang bersinggungan.

Gambar.15 Toolbar Object Snap Pada AutoCAD

Modeling
Toolbar Modeling digunakan sebagai perintah untuk membuat 3D pada AutoCAD. Dapat diliat riilnya apabila kita mengunakan View 3D.

Gambar.16 Toolbar Modeling Pada AutoCAD

Solid Editing
Toolbar Solid Editing dignakan untuk mengedit objek solid pada AutoCAD

Gambar.17 Toolbar Solid Editing Pada AutoCAD

Visual Styles
Toolbar Visual Styles digunakan apabila kita ingin melihat gambar 3D secara tembus pandang ataupun tidak. Ingat Visual Style hanya berlaku untuk gambar 3D dan tidak untuk 2D.

Gambar.18 Toolbar Visual Styles Pada AutoCAD

UCS
UCS digunakan untuk merubah sumbu X,Y,Z sesuai dengan yang kita inginkan, sumbu UCS terletak pada bagian sebelah pojok kiri paling bawah

Gambar.19 Toolbar UCS Pada AutoCAD

Text
Toolbar Text digunakan untuk membuat Text pada perintah AutoCAD

Gambar.20 Toolbar Text Pada AutoCAD

View
Toolbar View digunakan untuk melihat pandang objek dari depan, belakang, samping kanan- kiri, atas-bawah dan pandangan isometrik

Gambar.21 Toolbar View Pada AutoCAD

Zoom
Toolbar Zoom digunakan untuk membesarkan dan mengecilkan pandangan terhadap objek, sehingga kita bias melihat objek tersebut tampak lebih besar ataupun kecil.

Gambar.22 Toolbar Zoom Pada AutoCAD

Rabu, 07 Mei 2014

COSMETIK ALAMI DARI BUAH-BUAHAN

" Manfa'at Buah Pepaya "

Manfaat dan khasiat buah pepaya bagi wajah cukup banyak, dan salah satunya memberikan kelembuatan kulit wajah. Selain itu , buah pepaya mampu mengobati jerawat dengan mengunakan masker pepaya.

Buahnya bisa dgunakan masker atau dengan menggunakan daunnya. 













  

" Manfa'at Nanas "

Buah nenas bermanfaat dan berkasiat untuk memberikan kesegaran pada kulit anda, tapi anda perlu hati-hati dengan menggunakan nenas, karena apabila ada luka jerawat anda akan terasa pedih apabila tersentuh dengan nenas ini.

Buah nenas bermanfaat bagi wajah dalam memberikan manfaat bagi tipe kulit yang berkeringat cepat mengangkat sel mati pada wajah dan mampu membersihkan noda hitam diwajah .


















Selasa, 29 April 2014

Kumpulan Makalah


MENGANALISIS LAGU
YANG
BERJUDUL RAYAP-RAYAP

D
I
S
U
S
U
N
Oleh :

Mhd.Haris Yuliandra


XII `1`



SMK NEGRI 1 Kutalimbaru




Senin, 28 April 2014

Cara membedakan Part TDR Asli & Palsu

Gambar Suku cadang motor “aspal” (Aseli tapi palsu) jelas merugikan konsumen. Bagaimana tidak? Barang-barang aspal sengaja dibuat sedemikan rupa hampir sama persis dengan yang aseli oleh pihak tak bertanggung jawab. Padahal secara harga, bisa jadi tidak berbeda jauh dengan yang aseli.Walah…Mau ngirit malah ngorot (boros)!
Karena itu patut dicermati sebelum membeli spare partmotor, terutama di bengkel umum. Cek secara teliti kondisi barang tersebut. Berikut tips untuk menghindari suku cadang “aspal”.
1. Kemasan
Jangan tertipu kemasan unik dengan warna yang tidak biasanya. Kemasan atau bungkus dari komponen spare partasli, biasanya memiliki warna serta tulisan yang lebih jelas dibandingkan suku cadang palsu. Dan pada salah satu bagian kemasannya, terdapat cacat. Pembeli adalah raja. Jangan takut sob, untuk menanyakan secara teliti kepada pemilik toko.
2. Harga
Karakter pembeli di Indonesia memang one for all (satu untuk semua). Mau murah tapi berkualitas, awet, dapat diskon pula sekaligus pulang bawa hadiah. Tipe-tipe yang begini yang gampang di tipu pedagang spare part“aspal”.  Tidak dapat dipungkiri, harga menjadi satu dari sekian banyak alasan mengapa konsumen memilih sebuah suku cadang tertentu.
Namun perlu diingat, bila pedagang menawarkan harga yang miring untuk suku cadang merek kendaraan tertentu, bradercis perlu waspada. Boleh jadi suku cadang yang ditawarkan itu palsu. Cari yang aseli saja, meski harganya agak mahal, yang penting kualitasnya terjamin sob.
3. Garansi
Tidak perlu muluk-muluk garansi seumur hidup. Terpenting, perhatikan garansi yang diberikan oleh pihak penjual. Biasanya suku cadang aseli, ada garansi langsung dari produsen kendaraan yang bersangkutan. Misalnya Honda, Yamaha,Suzuki dan sebagainya. Namun kalau penjual hanya memberikan garansi toko atau garansi distributor, yang ini perlu diwaspadai. Karena bisa dipastikan suku cadang itu palsu.
Oleh karena itu, sebisa mungkin carilah toko-toko yang memasang label “Genuine Part”. Karena dengan begitu biasanya si penjual sudah diberikan lisensi oleh produsen kendaraan yang dimaksud untuk menjual komponen suku cadangnya.
4. Bahan komponen yang digunakan
Setelah kemasan dibuka, biasanya akan terlihat komponen suku cadang yang dimaksud. Pun begitu pada saat membukanya, agak sedikit kuat. Pasalnya suku cadang yang aseli di kemas dengan standar pabrikan, seperti di pres kuat-kuat.
Bradercis dapat memperhatikan secara detil seperti apa bahan yang digunakan pada komponen itu, atau perhatikan tabel kemasannya. Biasanya suku cadang palsu menggunakan komponen yang lebih memiliki mutu rendah dibanding yang asli. Misalnya kalau yang asli menggunakan material baja. Maka yang aspal berbahan dasar besi.
5. Servis ke Bengkel Resmi Saja
Dari pada bradercis kurang yakin dan was-was terus tentang suku cadang aseli atau bukan. Bentuk yang paling aman ya, servis berkala di bengkel umum. Karena keganjilan sekecil apapun setelah servis di bengkel resmi itu, bisa langsung di komplain sehingga keluhan bradercis cepat teratasi.

Kenapa Saat Balik Nama Kendaraan, Bpkb Harus Diganti?


TAHUN 1994, saya pernah beli mobil 100 persen baru dari diler. Satu minggu STNK dan pelat nomor keluar, sedangkan BPKB sekitar tiga bulan baru keluar. Wajar, karena mobil baru belum ada BPKBnya.

Tahun 1997, saya jual dan beli mobil bekas dari luar kota. Berkas mutasi antardaerah satu bulan baru keluar. Daftar di tempat domisili sesuai KTP. Satu hari STNK dan pelat nomor kelar, BPKB satu minggu sudah diterima lagi karena tidak ada penggantian BPKB karena hanya diberi keterangan dan ditandatangani dalam lembar perubahan identitas kendaraan oleh seksi BPKB.

Tahun 2003 saya beli mobil lawas keluaran tahun 1979. Tahun 2004 saya bea balik nama (BBN) atas nama saya, tidak perlu mutasi karena domisili pemilik lama dengan saya sama. STNK dan pelat nomor satu hari kelar, BPKB satu minggu sudah diterima. Saya baca riwayat kendaraan sejak tahun 1979 sampai dengan tahun 2004 siapa saja ora'ng yang pernah memiliki mobil tersebut dan kotakota mana saja yang pernah ditempati oleh mobil tersebut. Si pembeli mobil jadi tahu riwayat kendaraan sejak keluar dari kapal masuk ke diler dan sampai di tangan pemilik pertama dan te'rakhir, semua bisa dibaca dalam BPKB.

Tahun 2012 saya beli mobil bekas lagi, bersamaan dengan adanya pajak progresif. Sampai akhir Juni 2012, biaya BBN dibebaskan. Saya BBNkan atas nama istri untuk menghindari pertambahan pajak, karena nama saya sudah dipakai untuk mobil lawas tersebut. Hari itu juga STNK dan pelat nomor keluar, BPKB satu bulan sudah diterima dengan BPKB yang baru.

Pertengahan tahun 2012, anak saya beli mobil bekas keluaran tahun 2000 dari orang ketiga, bukan pemilik langsung. Pada 13 Agustus 2013, saya anjurkan kepada anak saya agar BBN saja. Pada hari itu saya daftar dan cek fisik. Setelah bayar biaya mutasi antar Samsat Rp 75.000, besoknya saya datang lagi. Setelah membayar untuk ganti BPKB yang baru sebesar Rp 100.000, notice pajak dan pelat nomor keluar hari itu. Namun, STNK dan BPKB pengganti keluar 30 November 2013. Jadi, sekitar tiga bulan STNK dan BPKB baru diterima.

Yang jadi pertanyaan:
1. Kenapa sekarang setiap BBN kendaraan, BPKB hams diganti sehingga menambah biaya? Buat apa ada lembarlembar untuk penggantian identitas kendaraan di dalam BPKB?

2. Apakah kebijakan tersebut dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah masingmasing?

3. Saya jadi berpikir untuk tidak menjual kendaraan lawas tersebut, karena siapa yang mau beli. Sementara kendaraan yang masih gres dan baru di diler juga banyak dan saya berharap siapa tahu beberapa tahun ke depan, bukan mobilnya yang mahal tapi suratsuratnya yang mahal, karena STNK dan BPKB sudah habis, sehingga orang kalau mau beli mobil baru akan ditanya sudah punyakah Anda nomor polisinya?

Perbedaan BPKB Lama dan BPKB Baru serta ciri-ciri BKPB asli



      BPKB dapat disamakan dengan certificate of ownership yang disempurnakan dan merupakan dokumen penting. BPKB juga dapat dijadikan sebagai jaminan atau tanggungan dalam pinjam-meminjam berdasarkan kepercayaan masyarakat.

Spesifikasi Teknis

Spesifikasi teknis dan pengadaan BPKN ditetapkan oleh Polri. BPKB berbentuk buku berukuran ukuran 17 x 12 cm, dengan lembar kulit berwarna biru tua dan tulisan putih perak, serta dibubuhi nomor BPKB. BPKB terdiri atas 22 halaman dengan warna dasar keabu-abuan. Untuk mencegah pemalsuan, BPKB juga dilengkapi dengan tanda air (watermark), serat warna-warni tidak kasat mata (invisible fibre), dan benang pengaman hologram.

Isi BPKB meliputi: identifikasi kendaraan bermotor, keterangan kepabeanan, pendaftaran polisi, catatan mengenai perubahan pemilik kendaraan bermotor, catatan tentang pelunasan pajak/BBN, catatan pejabat Polisi Lalu Lintas, serta keterangan.

Komponen BPKB meliputi: Blanko BPKB, Formulir Permohonan, Kartu Induk BPKB, Buku Register, Formulir Tanda Periksa, Formulir Permohonan Mutasi, serta Brosur.

BPKB berisi semua data identifikasi kendaraan bermotor seperti nomor polisi, merk dan tipe, tahun pembuatan, nomor mesin, nomor rangka, dan juga asal-usul kendaraan seperti negara pembuat, cara impor, nama perusaahaan penjual atau dealer, dan nama pembeli atau pemilik.
BPKB juga memuat data mutasi yakni apabila kendaraan berganti pemilik, nomor polisi, atau apabila kendaraan tersebut mengalami modifikasi ataupun diubah cirinya.


Gambaran Umum BPKB Baru

BPKB memiliki 10 halaman dan hanya ada satu nama pemilik, jika ada balik nama maka di ganti dengan BPKB baru. Hal ini berbeda dengan model BPKB sebelumnya, karena walaupun sudah ganti nama pemilik namun BPKB masih saja menggunakan yang lama. BPKB ini dirancang untuk menjawab keluhan dari masyarakat yang mana pemalsuan BPKB semakin marak, sehingga nantinya dengan mengubah bentuk ini, BPKB baru akan sulit dipalsukan.

Berikut perbedaan antara BPKB lama dengan BPKB baru:

BPKB Lama

Tampak Fisik BPKB Lama
Tampak Fisik BPKB Lama
  • Warna Biru Tua
  • 22 halaman
  • Nomor BPKB di pojok kanan atas BPKB.
  • Memakai kode huruf (secara stempel manual) di belakang nomor BPKB.
  • Menggunakan nama pekerjaan pada data pemilik
Halaman 1. Di bagian ini seluruh data mengenai unit kendaraan bermotor dicantumkan, mulai dari Merk, Tipe, Tahun Pembuatan, Warna, Nomor Rangka, Nomor Mesin, Nomor Polisi, dll. Serta ada stempel resmi dari kepolisian resor setempat. 
Halaman 2. Di bagian ini seluruh data pemilik dicantumkan, mulai dari Nama, Alamat, dan Pekerjaan.
Halaman 3. Di bagian ini dijelaskan data mengenai data faktur dari ATPM atau pabrik pembuat.
Halaman 4. Di bagian ini terdapat kolom keterangan dari pihak SAMSAT atau kepolisian setempat, bahwa pemilik unit kendaraan bermotor mungkin sebelumnya pernah memilik kendaraan lain. Catatan : Di halaman ini jarang sekali ada pencantuman data, karena memang jarang digunakan.
Halaman 5 & 6. Dibagian ini terdapat kolom yang gunanya diisi dari petugas SAMSAT atau kepolisian setempat, apabila terjadi pergantian Nomor Polisi & Mutasi atau Balik Nama Pemilik Kendaraan Bermotor.
Halaman terakhir. Di bagian ini dijelaskan mengenai hukum penerbitan BPKB. Dan biasanya Faktur pemilik kendaraan ditempelkan disini.

BPKB BARU

Tampak Fisik BPKB Baru
Tampak Fisik BPKB Baru

  • Warna Coklat Kehijauan
  • 10 halaman.
  • Nomor BPKB di sisi vertikal bagian kanan halaman.
  • Tidak memakai kode huruf di belakang nomor BPKB.
Halaman 1. Di bagian ini dijelaskan mengenai hukum penerbitan BPKB dan berbeda dengan yang lama yang ditaruh di bagian belakang.
Halaman 2. Di bagian ini data pemilik seperti pada BPKB yang lama dicantumkan.
Halaman 3. Di bagian ini data mengenai unit kendaraan seperti pada BPKB yang lama dicantumkan.
Halaman 4. Di bagian ini data mengenai faktur dari ATPM atau pabrik pembuatnya seperti pada BPKB lama dicantumkan. 
Halaman 5 & 6. Di bagian ini data yang akan diisi oleh petugas dari SAMSAT atau kepolisian setempat seperti pada BPKB yang lama. 
Halaman terakhir. Di bagian ini dicantumkan Nomor Register dan Pihak Kepolisian setempat yang menerbitkan BPKB.


Penjelasan perbedaan antara BPKB lama dan yang baru


      Pada BPKB terbaru ada pencantuman Nomor Identitas KTP Pemilik yang masih berlaku, sedangkan yang lama tidak ada. Ini dimaksudkan untuk mencegah pemalsuan BPKB, makanya biasanya pihak dealer akan meminta KTP asli atau fotocopy KTP yang terjelas. Apabila tidak jelas akan ditolak oleh Pihak SAMSAT setempat. 
      Pada BPKB terbaru untuk kolom pengisian pergantian Nomor Polisi, maupun Mutasi/Balik Nama Pemilik cuma dibatasi sampai 3 lembar (lebih tipis), sedangkan pada BPKB yang lama bisa sampai 6 lembar. Inilah terobosan terbaru dari SAMSAT, karena BPKB terbaru ini nantinya kemungkinan besar tak bisa dijadikan penjamin pinjaman di Bank. Karena apabila lembar tersebut telah habis terisi, maka harus diganti dengan yang baru (BPKB kedua). Dengan sangat jelas sekali tidak dapat dijadikan alat penjamin, karena harus berganti BPKB apabila habis terisi.


Ciri-ciri BPKB asli

BPKB asli memiliki ciri khas sebagai berikut:
  1. Nomor BPKB hanya diketahui pihak kepolisian. Bila baru membeli mobil bekas silahkan langsung cek keaslian BPKB-nya ke Samsat setempat.
  2. Hologram di dalam BPKB akan menampilkan gambar Tri Brata Polri, kalau diputar-putar tampak berwarna. Sedangkan yang palsu tidak ada dan tampak mulus dan hologramnya tidak tampak menampilkan seperti yang asli.
  3. Dengan menggunakan sinar ultra violet, akan tampak benang di dalam BPKB dan di dalam tampilan buku BPKB ada bacaan BPKB nya dan bentuknya terlihat kasar.

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.
CTRL + Q to Enable/Disable GoPhoto.it

Proses dan Syarat Perpanjang Pajak STNK tahunan dan Lima Tahunan



Berikut gambaran umum proses perpanjang pajak STNK:

1. Isi formulir permohonan perpanjang STNK sesuai data di STNK dan BPKB. Formulir dapat di ambil di loket pendaftaran. Lengkapi formulir dengan lampiran berkas yang dibutuhkan. Berkas yang harus dilampirkan:

(Perpanjangan pajak STNK tahunan)
  • STNK Asli + Fotokopi
  • Fotokopi BPKB
  • KTP asli + Fotokopi sesuai nama di STNK dan BPKB
(Perpanjangan Pajak STNK Lima Tahunan)
  • Cek Fisik Kendaraan
  • STNK Asli + Fotokopi
  • Fotokopi BPKB
  • KTP asli + Fotokopi sesuai nama di STNK dan BPKB

2. Selesai melengkapi berkas, serahkan berkas permohonan perpanjang Pajak STNK tersebut ke Loket Penyerahan berkas.
3. Silahkan tunggu sampai dipanggil nama sesuai data yang tercantum di STNK.
4. Anda akan diberikan slip pembayaran Pajak yang telah tercantum biaya pajak yang harus dibayar.
5. Serahkan Slip pembayaran dan uang sebesar biaya pajak ke Kasir.
6. Selesai membayar pajak, anda akan memperoleh bukti pelunasan pembayaran pajak dan bukti tersebut diserahkan ke loket Pengambilan STNK.
7. Silahkan tunggu hingga nama anda dipanggil. STNK baru anda telah diperpanjang satu tahun ke depan.
8. Untuk proses lima tahunan, setelah selesai proses pembayaran pajak STNK, bawa bukti pembayaran pajak tersebut ke loket pengambilan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) untuk mengambil Plat nomor yang baru.

Catatan:

  • Proses perpanjangan Pajak STNK dapat dilakukan di Samsat keliling*, Gerai Samsat* dan di Kantor Samsat setempat.
  • BPKB dan KTP asli dibawa untuk bukti keaslian

Cara Cek Busi Motor Injeksi!


Foto: " Cara Cek Busi Motor Injeksi! "

Biasa kita ngecek busi motor dengan mencopot busi terus diode busi ditempelkan ke blok terus disela/distarter. Tapi cara ini " HARAM " atau tidak diperbolehkan untuk motor injeksi. 

Ada alasan tersendiri kenapa tes busi motor injeksi nggak boleh dekat lubang busi. “Karena bensin dari tangki tetap akan disemprotkan injeksi saat kunci motor ‘ON’ dan kick atau elektrik starter diaktifkan untuk melihat bunga api bagus atau tidak. Hal itu justru dapat memicu terjadinya kebakaran lantaran gas bakar keluar dari lubang busi. Nah begitu distarter kabut bahan bakar mudah keluar dari lubang busi yang mana disana ada percikan busi yang lagi kita tes. Gawat kan…. bisa timbul ledakan atau api yang bisa menyebabkan kebakaran.

Berikut cara ngeceknya :
1). Diagnostic Tools
Makanya untuk motor injeksi ada alat khusus yang namanya FI Diagnostic Tools yang harganya lumayan mahal. Biasanya hanya ada di Bengkel resmi. untuk mengecek atau mendiagnosa motor Injeksi.
Untuk mengecek busi dengan alat ini : Masuk kemode Diagnosa lalu pilih kode Diagnosa D30, lalu tekan MODE, busi akan memercik 5 kali tapi tanpa ada bahan baker dari injeksi yang keluar atau terpompa dari injector, jadi lebih aman.
2). Tanpa alat Bantu
Copot Soket pompa bensin yang ada ditangki terlebih dahulu, lalu nyalakan motor tunggu sampai motor mati dengan sendirinya, berarti bahan bakar yang ada di injektor sudah habis. Lalu baru bisa kita coba tes businya dengan cara biasa.
3). pakai busi bekas
Atau bisa juga dengan menggunakan busi lama yang digunakan untuk menutup lubang busi agar tidak ada kabut bahan bakar yang menyembur keluar. Biasa kita ngecek busi motor dengan mencopot busi terus diode busi ditempelkan ke blok terus disela/distarter. Tapi cara ini " HARAM " atau tidak diperbolehkan untuk motor injeksi.

Ada alasan tersendiri kenapa tes busi motor injeksi nggak boleh dekat lubang busi. “Karena bensin dari tangki tetap akan disemprotkan injeksi saat kunci motor ‘ON’ dan kick atau elektrik starter diaktifkan untuk melihat bunga api bagus atau tidak. Hal itu justru dapat memicu terjadinya kebakaran lantaran gas bakar keluar dari lubang busi. Nah begitu distarter kabut bahan bakar mudah keluar dari lubang busi yang mana disana ada percikan busi yang lagi kita tes. Gawat kan…. bisa timbul ledakan atau api yang bisa menyebabkan kebakaran.

Berikut cara ngeceknya :
1). Diagnostic Tools
Makanya untuk motor injeksi ada alat khusus yang namanya FI Diagnostic Tools yang harganya lumayan mahal. Biasanya hanya ada di Bengkel resmi. untuk mengecek atau mendiagnosa motor Injeksi.
Untuk mengecek busi dengan alat ini : Masuk kemode Diagnosa lalu pilih kode Diagnosa D30, lalu tekan MODE, busi akan memercik 5 kali tapi tanpa ada bahan baker dari injeksi yang keluar atau terpompa dari injector, jadi lebih aman.
2). Tanpa alat Bantu
Copot Soket pompa bensin yang ada ditangki terlebih dahulu, lalu nyalakan motor tunggu sampai motor mati dengan sendirinya, berarti bahan bakar yang ada di injektor sudah habis. Lalu baru bisa kita coba tes businya dengan cara biasa.
3). pakai busi bekas
Atau bisa juga dengan menggunakan busi lama yang digunakan untuk menutup lubang busi agar tidak ada kabut bahan bakar yang menyembur keluar.