Info




SELAMAT DATANG DI WEB Haris Gudang Ilmu



Selamat datang di Web Side saya , saya harap anda senang berada di Web sederhana ini. Web ini saya tulis dengan komputer yang sederhana dan koneksi internet yang juga sederhana. Saya berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog saya ini. Terima Kasih



SEKILAS HARIS GUDANG ILMU



Nama saya Mohammad Haris saya seorang yang mempunyai Web Side ini . Saya mulai belajar blogger sejak bulan Oktober 2009, dan blog ini saya buat pada bulan January 2009. Terimakasih Atas Kunjungannya.Follow Grup saya di https://www.facebook.com/harisgudangilmu?ref=hl







Exit
Jangan Lupa Klik Like Ya

Social Icons

My Biodata Admin



Nama:Muhammad Haris Yuliandra
Angkatan Ke 2 Anak Didikan Dari
Sekolah SMK Negri 1 Kutalimbaru
Sudah Tamat

Selamat Bergabung Di Blog Saya






selamat berkujung di blog saya semoga apa yang saya berikan kepada anda semoga bermanfaat

Senin, 28 April 2014

CARA RESET KEDIPAN MIL HONDA INJEKSI

Foto: CARA RESET KEDIPAN MIL HONDA INJEKSI 

Pada kesempatan kali ini, saya akan sharing cara mudah melakukan reset sistem memori ECM "Reset Kedipan MIL Honda Injeksi" pada sepeda motor honda sistem injeksi. Berdasar pengalaman selama beberapa tahun menjadi teknisi / mekanik, saya masih melihat bahwa sebagian besar konsumen pecinta sepeda motor Honda belum mencatat secara baik tentang teknologi injeksi ini. Karena untuk mengetahui gejala kerusakan secara dini dari data kedipan lampu MIL (Malfunction Indikator Lamp) yang sudah disediakan oleh Honda pada panel speedometer saja lumayan masih kebingungan. Padahal dengan mengetahui sinyal kedipan MIL para teknoker injeksi akan lebih care dalam merawat sepeda motornya.

Sebelumnya harus mengetahui terlebih dahulu cara membaca kedipan MIL :
Kedipan panjang bernilai 10 (sepuluh)
Kedipan pendek bernilai 1 (satu)
Cara "Reset Kedipan MIL Honda Injeksi" :
A. Pastikan kode kegagalan fungsi (MIL) dan lakukan perbaikan terlebih dahulu
B. Langkah Reset :

Putar kunci kontak ke “ ON “ (Pastikan MIL menunjukkan kedipan kode kegagalan fungsi – baca kode kegagalan tersebut sampai terjadi pengulangan kode yang sama)
Matikan kunci kontak ke “ OFF “
Pasang DLC Shorts Connector
Putar kunci kontak ke “ ON “
Di saat MIL menyala (± 5 dtk) dan mulai berkedip, lepas DLC kemudian pasang kembali (jika MIL menyala dan tidak berkedip lagi / berkedip cepat tanpa henti, reset berhasil)
Putar kunci kontak ke “ OFF “
Lepas DLC Shorts Connector
Putar Kunci Kontak ke “ ON “
Selesai

OK, berikut beberapa indikator error sistem injeksi yang mampu ditangkap oleh MIL, diantaranya :
Kedipan 1 = Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)
Kedipan 7 = Sensor EOT (Engine Oil Temperature)
Kedipan 8 = Sensor TP (Throttle Position)
Kedipan 9 = Sensor IAT (Intake Air Temperature)
Kedipan 12 = Sensor Injektor
Kedipan 21 = Sensor O2
Kedipan 29 = Sensor IACV (Intake Air Cut Valve)
Kedipan 33 = ECM (Engine Control Module)
Kedipan 54 = Sensor BAS (Bank Angle Sensor)

Berikut adalah gambar Tools DLC Shorts Connector
Pada kesempatan kali ini, saya akan sharing cara mudah melakukan reset sistem memori ECM "Reset Kedipan MIL Honda Injeksi" pada sepeda motor honda sistem injeksi. Berdasar pengalaman selama beberapa tahun menjadi teknisi / mekanik, saya masih melihat bahwa sebagian besar konsumen pecinta sepeda motor Honda belum mencatat secara baik tentang teknologi injeksi ini. Karena untuk mengetahui gejala kerusakan secara dini dari data kedipan lampu MIL (Malfunction Indikator Lamp) yang sudah disediakan oleh Honda pada panel speedometer saja lumayan masih kebingungan. Padahal dengan mengetahui sinyal kedipan MIL para teknoker injeksi akan lebih care dalam merawat sepeda motornya.

Sebelumnya harus mengetahui terlebih dahulu cara membaca kedipan MIL :
Kedipan panjang bernilai 10 (sepuluh)
Kedipan pendek bernilai 1 (satu)
Cara "Reset Kedipan MIL Honda Injeksi" :
A. Pastikan kode kegagalan fungsi (MIL) dan lakukan perbaikan terlebih dahulu
B. Langkah Reset :

Putar kunci kontak ke “ ON “ (Pastikan MIL menunjukkan kedipan kode kegagalan fungsi – baca kode kegagalan tersebut sampai terjadi pengulangan kode yang sama)
Matikan kunci kontak ke “ OFF “
Pasang DLC Shorts Connector
Putar kunci kontak ke “ ON “
Di saat MIL menyala (± 5 dtk) dan mulai berkedip, lepas DLC kemudian pasang kembali (jika MIL menyala dan tidak berkedip lagi / berkedip cepat tanpa henti, reset berhasil)
Putar kunci kontak ke “ OFF “
Lepas DLC Shorts Connector
Putar Kunci Kontak ke “ ON “
Selesai

OK, berikut beberapa indikator error sistem injeksi yang mampu ditangkap oleh MIL, diantaranya :
Kedipan 1 = Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)
Kedipan 7 = Sensor EOT (Engine Oil Temperature)
Kedipan 8 = Sensor TP (Throttle Position)
Kedipan 9 = Sensor IAT (Intake Air Temperature)
Kedipan 12 = Sensor Injektor
Kedipan 21 = Sensor O2
Kedipan 29 = Sensor IACV (Intake Air Cut Valve)
Kedipan 33 = ECM (Engine Control Module)
Kedipan 54 = Sensor BAS (Bank Angle Sensor)

Berikut adalah gambar Tools DLC Shorts Connector

FPR ( Fuel Pressure Regulator ) Terganjal Kotoran, Motor Bisa Mogok

Foto: " FPR ( Fuel Pressure Regulator ) Terganjal Kotoran, Motor Bisa Mogok "

Fuel Pressure Regulator disingkat FPR posisinya menempel dengan pompa bahan bakar yang dicelup dalam tangki. Fungsinya menjaga tekanan bahan bakar menuju injector sesuai tekanan yang disyaratkan. Nah, berapa syaratnya??? Untuk V-Ixion tekanannya 35,6 psi sedangkan Supra injeksi tekanannya sedikit lebih tinggi yaitu 43 psi.

Okay, lantas bagaimana cara kerja FPR??? Silahkan lihat skema pompa bahan bakar di atas ya. Pompa bahan bakar memompa bensin dengan tekanan tinggi menuju saluran FPR dan pipa keluar (injector). Injektor akan menyemprotkan bensin ketika mendapat printah dari ECU/ECM pada timing pembakaran yang tepat.

Di dalam FPR terdapat valve (katup) yang selalu tertahan oleh pegas. Sebenarnya kekuatan pegas inilah yang mengatur berapa besarnya tekanan bensin yang akan menuju injector secara konstan. Jika tekanan bensin melebihi syarat yang diizinkan, pegas FPR akan terdorong sehingga valve terbuka. Bensin dialirkan kembali menuju tangki bahan bakar.

Sekarang pertanyaannya, apakah yang terjadi jika valve terganjal kotoran??? Hemmm… mudah toh jawabnya. Saat kleb/valve FPR terganjal kotoran maka kurang rapat menghambat bensin. Sehingga bensin selalu menerobos masuk ke saluran balik tangki. Tekanan bensin yang seharusnya tinggi, sudah pasti akan ngedrop. Motor susah dihidupkan atau bahkan mogok.

Satu pertanyaan lagi, apakah yang terjadi jika kekerasan pegas FPR berubah spek menjadi lebih lemah??? Sudah pasti tekanan bensin yang diizinkan menjadi lebih rendah. Akibatnya semprotan bensin di injector lemah, motor tidak bertenaga.
Fuel Pressure Regulator disingkat FPR posisinya menempel dengan pompa bahan bakar yang dicelup dalam tangki. Fungsinya menjaga tekanan bahan bakar menuju injector sesuai tekanan yang disyaratkan. Nah, berapa syaratnya??? Untuk V-Ixion tekanannya 35,6 psi sedangkan Supra injeksi tekanannya sedikit lebih tinggi yaitu 43 psi.

Okay, lantas bagaimana cara kerja FPR??? Silahkan lihat skema pompa bahan bakar di atas ya. Pompa bahan bakar memompa bensin dengan tekanan tinggi menuju saluran FPR dan pipa keluar (injector). Injektor akan menyemprotkan bensin ketika mendapat printah dari ECU/ECM pada timing pembakaran yang tepat.

Di dalam FPR terdapat valve (katup) yang selalu tertahan oleh pegas. Sebenarnya kekuatan pegas inilah yang mengatur berapa besarnya tekanan bensin yang akan menuju injector secara konstan. Jika tekanan bensin melebihi syarat yang diizinkan, pegas FPR akan terdorong sehingga valve terbuka. Bensin dialirkan kembali menuju tangki bahan bakar.

Sekarang pertanyaannya, apakah yang terjadi jika valve terganjal kotoran??? Hemmm… mudah toh jawabnya. Saat kleb/valve FPR terganjal kotoran maka kurang rapat menghambat bensin. Sehingga bensin selalu menerobos masuk ke saluran balik tangki. Tekanan bensin yang seharusnya tinggi, sudah pasti akan ngedrop. Motor susah dihidupkan atau bahkan mogok.

Satu pertanyaan lagi, apakah yang terjadi jika kekerasan pegas FPR berubah spek menjadi lebih lemah??? Sudah pasti tekanan bensin yang diizinkan menjadi lebih rendah. Akibatnya semprotan bensin di injector lemah, motor tidak bertenaga.

Minggu, 27 April 2014

Tips dan trik gulung sepul CDI AC

Foto: " Tips dan trik gulung sepul CDI AC "

Secara umum ada dua jenis sistem pengapian, yaitu AC (alternating current), dan DC (direct current). Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri.
Sistem AC atau yang disebut juga sepul memakai sumber arus bolak-balik untuk meneruskan sinyal ke CDI. Metode kerjanya adalah tegangan dari sepul diteruskan langsung menuju CDI. Di dalam komponen ini, arus bolak-balik tersebut dijadikan searah oleh diode. Selanjutnya arus searah itu disimpan di dalam kapasitor. Setelah mendapat masukan dari pulser, arus dalam kapasitor dialirkan ke koil. Dari koil arus diteruskan ke busi yang menghasilkan percikan bunga api untuk memicu proses pembakaran. Kinerja sistem AC sangat tergantung pada putaran mesin. Semakin tinggi rpm, output yang dihasilkan semakin besar. Sistem pengapian AC mampu menciptakan tenaga cukup besar di putaran atas. Sebaliknya kurang bertenaga di putaran bawah.
Berbeda dengan sistem AC yang mengandalkan sepul, sistem DC tergantung pada kinerja aki. Karena sumber arusnya berbeda, maka CDI yang dipakai memiliki teknologi lebih rumit. Di dalam komponen CDI ada rangkaian step-up DC to AC. Peralatan ini berfungsi untuk menaikkan tegangan DC aki 12 volt menjadi 400 volt. Karena itu, sepeda motor yang sistem pengapiannya AC tidak bisa menggunakan komponen CDI tipe DC. Begitu pula sebaliknya.

Nah sekarang saya akan mencoba menyampaikan trik bagaimana cara gulung sepul cdi ac secara cepat dan rapi, sebelumnya kita siapkan bahan-bahannya :
1. kawat tembaga ukuran 0.015 mm semakin kecil ukuran kawatnya semakin bagus
2. pulpen bekas buat pegangan agar bias masuk kedalam.
Nah cara menggulungnya sebagai berikut :
Solder dulu kawat tembaga ke sambungan kabel. Gulungan searah dengan jarum jam. Diusahakan menggulung dengan rata. Jangan kendor, sampai penuh ke permukaan keren (inti besi) berkisar kurang lebih jika diukur 450 ohm. Semakin ohm nya besar maka lebih bagus dan lebih besar apinya. Panjang kawat menentukan voltase, besar kawat menentukan Ampere. Setelah selesai di lem dengan rapat.

mohon koreksinya jika ada kata2 yg kurang pas...
Secara umum ada dua jenis sistem pengapian, yaitu AC (alternating current), dan DC (direct current). Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri.
Sistem AC atau yang disebut juga sepul memakai sumber arus bolak-balik untuk meneruskan sinyal ke CDI. Metode kerjanya adalah tegangan dari sepul diteruskan langsung menuju CDI. Di dalam komponen ini, arus bolak-balik tersebut dijadikan searah oleh diode. Selanjutnya arus searah itu disimpan di dalam kapasitor. Setelah mendapat masukan dari pulser, arus dalam kapasitor dialirkan ke koil. Dari koil arus diteruskan ke busi yang menghasilkan percikan bunga api untuk memicu proses pembakaran. Kinerja sistem AC sangat tergantung pada putaran mesin. Semakin tinggi rpm, output yang dihasilkan semakin besar. Sistem pengapian AC mampu menciptakan tenaga cukup besar di putaran atas. Sebaliknya kurang bertenaga di putaran bawah.
Berbeda dengan sistem AC yang mengandalkan sepul, sistem DC tergantung pada kinerja aki. Karena sumber arusnya berbeda, maka CDI yang dipakai memiliki teknologi lebih rumit. Di dalam komponen CDI ada rangkaian step-up DC to AC. Peralatan ini berfungsi untuk menaikkan tegangan DC aki 12 volt menjadi 400 volt. Karena itu, sepeda motor yang sistem pengapiannya AC tidak bisa menggunakan komponen CDI tipe DC. Begitu pula sebaliknya.

Nah sekarang saya akan mencoba menyampaikan trik bagaimana cara gulung sepul cdi ac secara cepat dan rapi, sebelumnya kita siapkan bahan-bahannya :
1. kawat tembaga ukuran 0.015 mm semakin kecil ukuran kawatnya semakin bagus
2. pulpen bekas buat pegangan agar bias masuk kedalam.
Nah cara menggulungnya sebagai berikut :
Solder dulu kawat tembaga ke sambungan kabel. Gulungan searah dengan jarum jam. Diusahakan menggulung dengan rata. Jangan kendor, sampai penuh ke permukaan keren (inti besi) berkisar kurang lebih jika diukur 450 ohm. Semakin ohm nya besar maka lebih bagus dan lebih besar apinya. Panjang kawat menentukan voltase, besar kawat menentukan Ampere. Setelah selesai di lem dengan rapat.

mohon koreksinya jika ada kata2 yg kurang pas...

Aplikasi tachometer digital pada motor

Foto: " Aplikasi tachometer digital pada motor "

Sebelum saya jelaskan teknisnya, ada manfaatnya juga saya jelaskan bahwa tachometer adalah alat untuk mengukur rpm mesin. Langsung saja saya jelaskan cara pemasangannya. Untuk tachometer digital ada 3 warna kabel yaitu :
1. merah
2. hitam
3. biru
masing masing kabel harus dipasang dengan benar agar tachometer berfungsi. Untuk warna merah adalah arus (+) bagusnya dari kunci kontak, warna hitam adalah massa (-), adapun warna birunya dapat kabel dari (+) pulser. Setelah masing-masing disambungkan dengan baik, beres bisa langsung dicoba.
Sebelum saya jelaskan teknisnya, ada manfaatnya juga saya jelaskan bahwa tachometer adalah alat untuk mengukur rpm mesin. Langsung saja saya jelaskan cara pemasangannya. Untuk tachometer digital ada 3 warna kabel yaitu :
1. merah
2. hitam
3. biru
masing masing kabel harus dipasang dengan benar agar tachometer berfungsi. Untuk warna merah adalah arus (+) bagusnya dari kunci kontak, warna hitam adalah massa (-), adapun warna birunya dapat kabel dari (+) pulser. Setelah masing-masing disambungkan dengan baik, beres bisa langsung dicoba.

Mengapa Motor Karburator Kurang Ramah Lingkungan…???

Foto: Mengapa Motor Karburator Kurang Ramah Lingkungan…???

Munculnya pertanyaan tadi didasarkan atas adanya motor karburator yang diklaim mampu lolos Euro 3 yakni Benelli. Konon perusahaan asal Italy ini akan masuk ke Indonesia, bahkan akan membangun pabrik perakitan. Hemmm…. masih gosip nih, next kita bahas ya.

Okehh… balik lagi ke topik. Motor karburator baik 2-tak maupun 4-tak terbukti lolos standar Uero 1. Kemudian ketika standar Euro 2, motor karburator 2-tak banyak tumbang. Ada yang masih dianggap lolos yaitu Ninja 150 RR, tapi harus dipasangi catalityc converter serta sedikit merubah spek lainnya seputar ruang bakar. Akhirnya menjadi mahal.

Bahkan untuk lolos Uero 2, motor karburator 4-tak banyak yang harus dipasangi catalitycs converter serta komponen wajib, PAIR CONTROL VALVE (air injection system) yang di pasangkan di saluran buang.

Nah, untuk 4-tak karburator saja, agar lolos Uero 2 harus tambah komponen ini dan itu, harga tambah mahal bukan…??? Coba bandingkan juga fitur-fitur karburator motor lawas dengan motor baru, beda bukan…???

Coba bayangkan jika standar emisi dinaikkan menjadi Uero 3. Jika motor 2-tak memaksa masih dijual, mau ditambahkan part apalagi supaya lolos….??? Motor karburator 4-tak juga mengalami hal sama, mau ditambahkan apalagi…??? Kalaupun bisa lolos, part-part tambahan tadi jatuhnya sangat mahal. Sehingga harga jual motornya ikutan mahal. Iya bukan…???

Ada satu alasan lagi, mengapa karburator selayaknya dihilangkan jika yang ingin dituju adalah benar-benar ramah lingkungan. Sudah menjadi ciri khas motor karburator, bahwa campuran gas pembakaran dari putaran bawah, tengah dan atas selalu tidak stabil.

Saat putaran bawah campuran cenderung gemuk, putaran tengah bisa normal, lalu putaran tinggi campuran kurus. Padahal campuran pembakaran kurus dan gemuk, sama-sama menghasilkan racun. Masih ditambah setelan karburator yang sangat rentang berubah karena sistem mekanis buka tutup katup gas dan spuyer-spuyer.

Jika injeksi, semua dikontrol oleh sensor-sensor. Sehingga gas pembakaran di semua putaran mesin dijaga konstan. Gas buang dari putaran bawah sampai atas selalu ramah lingkungan. Yahhhh… kurang lebihnya begitu bro.Munculnya pertanyaan tadi didasarkan atas adanya motor karburator yang diklaim mampu lolos Euro 3 yakni Benelli. Konon perusahaan asal Italy ini akan masuk ke Indonesia, bahkan akan membangun pabrik perakitan. Hemmm…. masih gosip nih, next kita bahas ya.

Okehh… balik lagi ke topik. Motor karburator baik 2-tak maupun 4-tak terbukti lolos standar Uero 1. Kemudian ketika standar Euro 2, motor karburator 2-tak banyak tumbang. Ada yang masih dianggap lolos yaitu Ninja 150 RR, tapi harus dipasangi catalityc converter serta sedikit merubah spek lainnya seputar ruang bakar. Akhirnya menjadi mahal.

Bahkan untuk lolos Uero 2, motor karburator 4-tak banyak yang harus dipasangi catalitycs converter serta komponen wajib, PAIR CONTROL VALVE (air injection system) yang di pasangkan di saluran buang.

Nah, untuk 4-tak karburator saja, agar lolos Uero 2 harus tambah komponen ini dan itu, harga tambah mahal bukan…??? Coba bandingkan juga fitur-fitur karburator motor lawas dengan motor baru, beda bukan…???

Coba bayangkan jika standar emisi dinaikkan menjadi Uero 3. Jika motor 2-tak memaksa masih dijual, mau ditambahkan part apalagi supaya lolos….??? Motor karburator 4-tak juga mengalami hal sama, mau ditambahkan apalagi…??? Kalaupun bisa lolos, part-part tambahan tadi jatuhnya sangat mahal. Sehingga harga jual motornya ikutan mahal. Iya bukan…???

Ada satu alasan lagi, mengapa karburator selayaknya dihilangkan jika yang ingin dituju adalah benar-benar ramah lingkungan. Sudah menjadi ciri khas motor karburator, bahwa campuran gas pembakaran dari putaran bawah, tengah dan atas selalu tidak stabil.

Saat putaran bawah campuran cenderung gemuk, putaran tengah bisa normal, lalu putaran tinggi campuran kurus. Padahal campuran pembakaran kurus dan gemuk, sama-sama menghasilkan racun. Masih ditambah setelan karburator yang sangat rentang berubah karena sistem mekanis buka tutup katup gas dan spuyer-spuyer.

Jika injeksi, semua dikontrol oleh sensor-sensor. Sehingga gas pembakaran di semua putaran mesin dijaga konstan. Gas buang dari putaran bawah sampai atas selalu ramah lingkungan. Yahhhh… kurang lebihnya begitu bro.

Perbedaan Cara kerja Karburator dan Injeksi motor

Foto: " Perbedaan Cara kerja Karburator dan Injeksi motor "

Sebenarnya tugas dan fungsi dari karburator dan injeksi bahan bakar pada motor sama yaitu mencampur udara dan bensin secara tepat agar terjadi pembakaran sempurna di ruang bakar.

Tetapi cara kerja dari Karburator dan injeksi bahan bakar motorlah yang membedakan. Apa saja perbedaan cara kerja karburator dan injeksi motor, mari kita pelajari bersama – sama.

1. Cara kerja mencampur bahan bakar dengan udara.
Pada sistem karburator, pencampuran bahan bakar dan udara di sebabkan adanya kevakuman ruang bakar yang terjadi akibat langkah hisap piston. Jika pada sistem injeksi, pencampuran bahan bakar dan udara yang di lakukan oleh injektor atas perintah dari ECM yang mempertimbangkan sinyal dari sensor-sensor yang menyebar di seluruh mesin dan knalpot.

2. Pada saat suhu mesin dingin.
Saat suhu mesin dingin mesin memerlukan campuran yang kaya bensin untuk menghidupkan mesin. Pada sistem karburator, untuk memperkaya campuran bensin diaktifkanlah cuk (choke) agar perbandingan benshn menjadi kaya. Untuk sistem injeksi bahan bakar, sensor temperatur akan melaporkan keadaan temperatur mesin yang dingin agar ECM memerintahkan injektor untuk memperkaya campuran bensin.

3. Pada saat akselerasi.
Pada saat akselerasi motor membutuhkan campuran bahan bakar yang lumayan kaya sekitar 8:1 AFR. Pada sistem karburator dibantu dengan adanya nosel akselerator yang berfungsi menambah pasokan bahan bakar ke mesin pada saat throtle gas dibuka secara tiba – tiba. Jika pada sistem injeksi sensor throttle position akan mengirimkan laporan ke ECM bahwa terjadi pembukaan throttle secara mendadak dan ECM akan memerintahkan injektor untuk memperkaya campuran bensin.

4. Pada saat rpm tinggi
Pada saat rpm tinggi, pada sistem karburator main jet dan pilot jet terbuka penuh sehingga menghasilkan tenaga yang besar. Jika pada sistem injeksi bahan bakar, sensor throttle position dan sensor kevakuman di intake manifold sama-sama mengirimkan sinyal ke ECM agar sedikit memperkaya campuran bensin untuk menghasilkan daya maksimum.
Sebenarnya tugas dan fungsi dari karburator dan injeksi bahan bakar pada motor sama yaitu mencampur udara dan bensin secara tepat agar terjadi pembakaran sempurna di ruang bakar.

Tetapi cara kerja dari Karburator dan injeksi bahan bakar motorlah yang membedakan. Apa saja perbedaan cara kerja karburator dan injeksi motor, mari kita pelajari bersama – sama.

1. Cara kerja mencampur bahan bakar dengan udara.
Pada sistem karburator, pencampuran bahan bakar dan udara di sebabkan adanya kevakuman ruang bakar yang terjadi akibat langkah hisap piston. Jika pada sistem injeksi, pencampuran bahan bakar dan udara yang di lakukan oleh injektor atas perintah dari ECM yang mempertimbangkan sinyal dari sensor-sensor yang menyebar di seluruh mesin dan knalpot.

2. Pada saat suhu mesin dingin.
Saat suhu mesin dingin mesin memerlukan campuran yang kaya bensin untuk menghidupkan mesin. Pada sistem karburator, untuk memperkaya campuran bensin diaktifkanlah cuk (choke) agar perbandingan benshn menjadi kaya. Untuk sistem injeksi bahan bakar, sensor temperatur akan melaporkan keadaan temperatur mesin yang dingin agar ECM memerintahkan injektor untuk memperkaya campuran bensin.

3. Pada saat akselerasi.
Pada saat akselerasi motor membutuhkan campuran bahan bakar yang lumayan kaya sekitar 8:1 AFR. Pada sistem karburator dibantu dengan adanya nosel akselerator yang berfungsi menambah pasokan bahan bakar ke mesin pada saat throtle gas dibuka secara tiba – tiba. Jika pada sistem injeksi sensor throttle position akan mengirimkan laporan ke ECM bahwa terjadi pembukaan throttle secara mendadak dan ECM akan memerintahkan injektor untuk memperkaya campuran bensin.

4. Pada saat rpm tinggi
Pada saat rpm tinggi, pada sistem karburator main jet dan pilot jet terbuka penuh sehingga menghasilkan tenaga yang besar. Jika pada sistem injeksi bahan bakar, sensor throttle position dan sensor kevakuman di intake manifold sama-sama mengirimkan sinyal ke ECM agar sedikit memperkaya campuran bensin untuk menghasilkan daya maksimum.

Cara Setel Klep Satria F 150


Foto: “ Cara Setel Klep Satria F 150 “

Kali ini saya ingin berbagi  tentang bagaimana cara setel klep suzuki satria FU.  Satria F150 atau biasa disebut juga Satria FU yang bermesin DOHC (Double Over-head Camshaft)  memiliki 4 buah klep yang dioperasikan langsung oleh noken as. 

Nah uniknya di motor ini tidak dilengkapi baut setelan klep seperti layaknya motor lainnya. Padahal nih setelan klep motor itu sangat penting untuk performanya. Terlalu rapat ataupun terlalu renggang bisa membuat laju motor yang berbeda. Untuk motor kebanyakan, setelah di skir maka setelan klep musti disesuaikan melalui baut setelan klepnya agar celah kerenggangannya terjaga. Ini harus dilakukan karena setelah di skir payung klep dan valve seat alias dudukan klep akan terkikis.  Ini juga yang mendasari beberapa mekanik mengharamkan  penyetelan klep pada satria 150f.

Sebenarnya skir klep untuk motor ini sah sah aja dilakuin asalkan setelah diskir celah kerenggangan disesuaikan lagi. Langsung aja gimana langkah-langkahnya :
1. Buka tutup silinder head dengan cara membuka 4 buah baut ukuran L6 dibagian atas. 
2. Posisikan piston di TMA(Titik Mati Atas) tapi yang setelah klep in bekerja. Intip dari blok magnet.  hingga terlihat huruf T pada magnet. Ini menunjukkan piston sudah berada pada titik mati atas (gbr 1).
3. Kalau udah, siapkan bilah feeler / fuler / feeler gauge yang akan berguna untuk mengukur kelebaran celahnya kemudian(gbr 2). 
4. Sisipkan bilah feeler ke celah dibawah noken-as. dan ukur jarak kerengangannya(gbr 3).
5. Normalnya untuk setelan klep satria f150 atau Satria FU adalah :0,10-0,20 mm untuk klep in  0.20-0.30 untuk klep ex.  Inget ukuran ini pada saat mesin dingin ya.. 
6. Kalo ga sesuai tinggal lepas noken asnya dan lepas rumah untuk shim. Nah yang mempengaruhi celah klepnya adalah shim. bentuknya sangat kecil, seukuran pil gitu deh(gbr 4).
7. Periksa angka yang tercetak pada shim. Ini menunjukkan ketebalan shim. Untuk meyakinkannya bisa ukur menggunakan micrometer. Makin tebal shim maka setelan klep makin rapat celahnya. Pilih shim yang sesuai.  Ada 21 ukuran shim dari ukuran 1.20 sampai 2.20 mm dengan interval 0,05 mm.
8. Contoh jika celah klep in 0.05 mm, padahal harusnya paling rapatnya 0.10 mm. Berarti celah kurang lebar. Jika shim yang terpasang ukuran 1.80,  maka bisa diganti ukuran 1.75 jika ingin setelan klep 0.10 atau gunakan 1.70 jika ingin setelan  1.15.

Okey... semoga bermanfaat...
Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana cara setel klep suzuki satria FU. Satria F150 atau biasa disebut juga Satria FU yang bermesin DOHC (Double Over-head Camshaft) memiliki 4 buah klep yang dioperasikan langsung oleh noken as.

Nah uniknya di motor ini tidak dilengkapi baut setelan klep seperti layaknya motor lainnya. Padahal nih setelan klep motor itu sangat penting untuk performanya. Terlalu rapat ataupun terlalu renggang bisa membuat laju motor yang berbeda. Untuk motor kebanyakan, setelah di skir maka setelan klep musti disesuaikan melalui baut setelan klepnya agar celah kerenggangannya terjaga. Ini harus dilakukan karena setelah di skir payung klep dan valve seat alias dudukan klep akan terkikis. Ini juga yang mendasari beberapa mekanik mengharamkan penyetelan klep pada satria 150f.

Sebenarnya skir klep untuk motor ini sah sah aja dilakuin asalkan setelah diskir celah kerenggangan disesuaikan lagi. Langsung aja gimana langkah-langkahnya :
1. Buka tutup silinder head dengan cara membuka 4 buah baut ukuran L6 dibagian atas.
2. Posisikan piston di TMA(Titik Mati Atas) tapi yang setelah klep in bekerja. Intip dari blok magnet. hingga terlihat huruf T pada magnet. Ini menunjukkan piston sudah berada pada titik mati atas (gbr 1).
3. Kalau udah, siapkan bilah feeler / fuler / feeler gauge yang akan berguna untuk mengukur kelebaran celahnya kemudian(gbr 2).
4. Sisipkan bilah feeler ke celah dibawah noken-as. dan ukur jarak kerengangannya(gbr 3).
5. Normalnya untuk setelan klep satria f150 atau Satria FU adalah :0,10-0,20 mm untuk klep in 0.20-0.30 untuk klep ex. Inget ukuran ini pada saat mesin dingin ya..
6. Kalo ga sesuai tinggal lepas noken asnya dan lepas rumah untuk shim. Nah yang mempengaruhi celah klepnya adalah shim. bentuknya sangat kecil, seukuran pil gitu deh(gbr 4).
7. Periksa angka yang tercetak pada shim. Ini menunjukkan ketebalan shim. Untuk meyakinkannya bisa ukur menggunakan micrometer. Makin tebal shim maka setelan klep makin rapat celahnya. Pilih shim yang sesuai. Ada 21 ukuran shim dari ukuran 1.20 sampai 2.20 mm dengan interval 0,05 mm.
8. Contoh jika celah klep in 0.05 mm, padahal harusnya paling rapatnya 0.10 mm. Berarti celah kurang lebar. Jika shim yang terpasang ukuran 1.80, maka bisa diganti ukuran 1.75 jika ingin setelan klep 0.10 atau gunakan 1.70 jika ingin setelan 1.15.

Okey... semoga bermanfaat...

" Membaca Arti Kode Busi Motor "

Foto: " Membaca Arti Kode Busi Motor "

Ga sengaja lagi browsing cari info tentang busi untuk motor, nemu artikel menarik yaitu cara membaca kode busi. Langsung kita liat berdasarkan busi yg beredar dipasaran merek NGK dan Denso.

1.  DENSO – W24ES-U
- W: Diameter ulir busi (W-14 mm)
- 24: Tingkat panas busi, kalau nilainya semakin besar berarti bertipe lebih dingin
- E: Panjang ulir 19 mm
-  S: Tipe penggunaan busi S-standar
- U    : Konfigurasi gap busi

2.  NGK – CPR 7HSP-9
-  C: Diameter ulir busi (B : 14 mm, C : 1 0mm, D : 12mm)
- P: Type rancangan busi (hanya pabrikan yg tahu kode ini)
-  R: Busi dengan resistor di dalamnya (untuk mesin dengan teknology digital menggunakan busi type ini untuk menghindari terjadinya frekuensi yg dapat mengganggu pembacaan sensor digital)
- “7″: Tingkat panas busi. Kalau tambah kecil angkanya 6, 5, 4 disebut busi panas dan sebaliknya tambah besar 8, 9 diklaim sebagai busi dingin
- H: Panjang ulir busi, ada tiga jenis kode huruf yang dipakai. Kalau H = 12,7 mm , E = 19 mm dan L = 11,2 mm
- S : Type elektroda tengah. Kode lain, ada IX artinya bahan iridium dan G menunjukkan tipe busi racing. Kalau P platinum dan S standar.
-  “9″ : Celah inti elektroda busi, angka 9 artinya celah busi 0,9mm dan kalau 10 celah busi 1 mm

Kode elektroda busi
- C: Copper Core Center Elektroda
- D: 2 ground Electroda
- P: Platinum Elektroda
- R: Burn off Resistor
- S: Silver electroda
- T: 3 Ground Elektroda
- V: Wide Gap 1,3 mm
- W: Wide Gap 0,9 mm
- X: Wide Gap 1,1 mm
- Y: Wide Gap 1,5 mm
- Z : Wide Gap 2,0 mm

- Busi Standar
Bahan ujung elektroda dari nikel dan diameter center electrode rata-rata 2,5 mm. Jarak tempuh busi standar sampai sekitar 20 ribu Km, ketika kondisi pembakaran normal dan tak dipengaruhi oleh faktor lain macam oli mesin dan konsumsi BBM yang berlebihan efek peningkatan spek karbu. Busi ini bawaan motor setiap diluncurkan dari pabrikan.

- Busi Platinum
Ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electrode dari platinum, jadi pengaruh panas ke metal platinum lebih kecil. Diameter center electrode 0,6 mm – 0,8 mm, jarak tempuh busi sekitar 30 ribu km. Busi ini favorit bikers penyuka touring karena kemampuannya

- Busi Iridium
Ciri khasnya ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electroda dari iridium alloy warna platinum buram. Diameter center electroda 0,6 mm – 0,8 mm mm. Jarak tempuh busi sekitar 50 ribu sampai 70 ribu km. berumur lama cocok buat mesin motor besar diatas 150cc. Bisa dikatakan semi kompetisi, biasa diaplikasi buat mesin non standar 

- Busi Racing
Busi yang tahan terhadap kompresi tinggi, serta temperatur mesin yang tinggi. Dipersiapkan untuk mampu mengimbangi pemakaian full throttle dan deceleration.
Busi racing tidak sama dengan busi Iridium. Diameter center electroda pun relatif kecil meruncing macam jarum. Jarak tempuh busi juga relatif pendek di 20 ribu – 30 ribu Km, untuk rpm tinggi diatas 6000 pada temperatur mesin yang tinggi.

- Busi Resistor
Logo R dengan font miring banyak yang mengira artinya racing. sebenarnya R itu artinya resistor. Busi ini dipakai untuk melindungi perangkat elektronik digital, berupa speedometer, indikator pada kendaraan yang memakainya, terhadap pengaruh gelombang radio dan sejenis nya. Maka, busi ber-kode R pada busi mesti diingat, sebagai perlindungan perangkat elektronik digital motor.
Ga sengaja lagi browsing cari info tentang busi untuk motor, nemu artikel menarik yaitu cara membaca kode busi. Langsung kita liat berdasarkan busi yg beredar dipasaran merek NGK dan Denso.

1. DENSO – W24ES-U
- W: Diameter ulir busi (W-14 mm)
- 24: Tingkat panas busi, kalau nilainya semakin besar berarti bertipe lebih dingin
- E: Panjang ulir 19 mm
- S: Tipe penggunaan busi S-standar
- U : Konfigurasi gap busi

2. NGK – CPR 7HSP-9
- C: Diameter ulir busi (B : 14 mm, C : 1 0mm, D : 12mm)
- P: Type rancangan busi (hanya pabrikan yg tahu kode ini)
- R: Busi dengan resistor di dalamnya (untuk mesin dengan teknology digital menggunakan busi type ini untuk menghindari terjadinya frekuensi yg dapat mengganggu pembacaan sensor digital)
- “7″: Tingkat panas busi. Kalau tambah kecil angkanya 6, 5, 4 disebut busi panas dan sebaliknya tambah besar 8, 9 diklaim sebagai busi dingin
- H: Panjang ulir busi, ada tiga jenis kode huruf yang dipakai. Kalau H = 12,7 mm , E = 19 mm dan L = 11,2 mm
- S : Type elektroda tengah. Kode lain, ada IX artinya bahan iridium dan G menunjukkan tipe busi racing. Kalau P platinum dan S standar.
- “9″ : Celah inti elektroda busi, angka 9 artinya celah busi 0,9mm dan kalau 10 celah busi 1 mm

Kode elektroda busi
- C: Copper Core Center Elektroda
- D: 2 ground Electroda
- P: Platinum Elektroda
- R: Burn off Resistor
- S: Silver electroda
- T: 3 Ground Elektroda
- V: Wide Gap 1,3 mm
- W: Wide Gap 0,9 mm
- X: Wide Gap 1,1 mm
- Y: Wide Gap 1,5 mm
- Z : Wide Gap 2,0 mm

- Busi Standar
Bahan ujung elektroda dari nikel dan diameter center electrode rata-rata 2,5 mm. Jarak tempuh busi standar sampai sekitar 20 ribu Km, ketika kondisi pembakaran normal dan tak dipengaruhi oleh faktor lain macam oli mesin dan konsumsi BBM yang berlebihan efek peningkatan spek karbu. Busi ini bawaan motor setiap diluncurkan dari pabrikan.

- Busi Platinum
Ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electrode dari platinum, jadi pengaruh panas ke metal platinum lebih kecil. Diameter center electrode 0,6 mm – 0,8 mm, jarak tempuh busi sekitar 30 ribu km. Busi ini favorit bikers penyuka touring karena kemampuannya

- Busi Iridium
Ciri khasnya ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electroda dari iridium alloy warna platinum buram. Diameter center electroda 0,6 mm – 0,8 mm mm. Jarak tempuh busi sekitar 50 ribu sampai 70 ribu km. berumur lama cocok buat mesin motor besar diatas 150cc. Bisa dikatakan semi kompetisi, biasa diaplikasi buat mesin non standar

- Busi Racing
Busi yang tahan terhadap kompresi tinggi, serta temperatur mesin yang tinggi. Dipersiapkan untuk mampu mengimbangi pemakaian full throttle dan deceleration.
Busi racing tidak sama dengan busi Iridium. Diameter center electroda pun relatif kecil meruncing macam jarum. Jarak tempuh busi juga relatif pendek di 20 ribu – 30 ribu Km, untuk rpm tinggi diatas 6000 pada temperatur mesin yang tinggi.

- Busi Resistor
Logo R dengan font miring banyak yang mengira artinya racing. sebenarnya R itu artinya resistor. Busi ini dipakai untuk melindungi perangkat elektronik digital, berupa speedometer, indikator pada kendaraan yang memakainya, terhadap pengaruh gelombang radio dan sejenis nya. Maka, busi ber-kode R pada busi mesti diingat, sebagai perlindungan perangkat elektronik digital motor.

" Cara Servis Kliat Karburator "



Membersihkan karburator termasuk rangkaian servis ringan sepeda motor. Namun beberapa mekanik bilang, komponen vital ini tak harus dibongkar. Selain karena masalah ini, servis karbu cukup setel setingan anginnya. Kecuali jika masalahnya sudah berat dan sudah lama tidak dibongkar.

Kenapa bisa seperti itu, sering bongkar karbu bisa bikin derat baut-baut rusak bahkan dol. Selain itu, karet sil jadi cepat longgar. Jika ada kejadian parah, seperti kemasukan kotoran debu atau air, seting karbu itu enggak cepat berubah. Kecuali jika diutak-atik sembarangan.

Nah, biar perawatan karbu mudah, murah dan prosesnya enggak makan waktu dan tenaga, berikut ini langkah-langkahnya. Apalagi kalau bisa dikerjakan sendiri.

Pertama, kalau masih pakai filter bensin antara tangki dengan karbu rajinlah untuk pengecekan. Jika kotor, bersihkan atau ganti. Lalu tanpa filter bensin, rajin buang bensin di mangkuk karbu dua atau 3 minggu sekali. Atau tiap isi bensin penuh. Caranya, tinggal kendurkan baut pembuangan di mangkuk.

Langkah kedua, bersihkan saluran udara di congor karbu dengan cairan pembersih. Caranya dengan melepas karet penyambung karbu dengan box filter, lalu semprot semua lubangnya sambil hidupkan mesin. Dijamin semua kotoran akan hilang dari filter udara.

" Trik Kuras Minyak Rem, Gunakan Suntikan Bekas Untuk Percepat Bleeding "



Ada cara mudah dan cepat buat menguras rem. Bisa gunakan suntikan yang biasa dipakai untuk memasukkan tinta pada printer. Ini mempercepat proses pada saat bleeding.
Dengan bantuan suntikan, waktu bisa terpangkas. Selain itu, juga menghindari rusaknya sil piston di master rem kalau menarik-narik tuas rem.

Langsung praktek! Pertama, siapkan suntikan yang sudah dihilangkan jarumnya dan slang plastik bening bekas slang pembuangan air aki.

Selanjutnya, lepas tutup master rem untuk mengisi minyak rem. Dan, kendorkan baut bleeding plug buat disambungkan dengan suntikan melalui slang yang telah disiapkan tadi.

Tinggal tarik suntikan untuk menarik cairan yang ada di dalam. Lakukan terus-menerus sampai gelembung-gelembung yang ada di dalam sistem keluar semua, klo sudah g ada angin yang keluar kencangkan nepel pembuangan angin.

tarra...!!! rem udah siap digunakan....
selamat mencoba...!

" Arti Warna Kabel Kelistrikan Sepeda Motor "



Warna kabel tiap merek motor berbeda-beda. Pada dasarnya warna kabel itu hanya mewakili muatan positif(+) dan negatif (-).
Berikut penjelasannya arti warna kabel kelistrikan sepeda motor :

1. HONDA
Hijau : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Merah : (+) aki
Hitam : (+) kunci kontak
Putih : (+) alternator pengisian
(+) lampu dekat
Kuning : (+) arus beban ke saklar lampu
Biru : (+) lampu jauh
Abu-abu : (+) flasher
Biru Laut : (+) sein/reting kanan
Oranye : (+) sein/reting kiri
Coklat : (+) lampu kota
Hitam-Merah : (+) spul CDI
Hitam-Putih : (+) kunci kontsk
Hitam-Kuning: (+) koil
Biru-Kuning : (+) pulser CDI
Hijau-Kuning: (+) lampu rem

2. YAMAHA
Hitam : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Hijau : (+) arus beban penerangan
Merah : (+) arus positif dari aki
Kuning : (+) lampu jauh
Coklat : (+) sein/reting kiri
Hijau : (+) arus beban (penerangan, dll)
Putih-Merah : (+) pulser CDI
Hijau-Hitam : (+) rem

3. SUZUKI
Hitam-Putih : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) pengisian dari magnet
Putih-Biru : (+) koil ke CDI
Putih-Hitam : (+) lampu rem
Kuning-Putih: (+) penerangan/lampu
Biru-Kuning : (+) pulser ke CDI
Merah : (+) aki
Oranye : (+) kunci kontak
Abu-abu : (+) lampu belakang
Hijau Muda : (+) Sein/reting kanan
Hitam : (+) sein/reting kiri

4. KAWASAKI
Hitam-Kuning: (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) aki
Merah-Hitam : (+) lampu jauh
Merah-Kuning: (+) lampu dekat
Abu-abu : (+) Sein/reting kanan
Hijau : (+) sein/reting kiri
Biru : (+) lampu rem
Merah : (+) lampu belakang
Coklat : (+) klakson

Kamis, 24 April 2014

Kelola database MySQL mudah dan cepat dengan HeidiSQL


Salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer di Indonesia adalah Delphi, selain karena bahasa dan sintaks yang digunakan relatif mudah, referensi yang tersedia juga cukup banyak. Kali ini ebsoft kembali menghadirkan salah satu referensi lengkap bagi programmer Delphi yang di kompilasi dalam bentuk DVD, Delphi Toolkit 2.

Delphi Toolkit pertama terbit sekitar Bulan November 2009, sudah hampir 3 tahun yang lalu. Kini versi 2 ini hadir dengan konten yang lebih baik dan lengkap. Jika sebelumnya disajikan dalam 1 keping DVD (sekitar 4.2 GB), kini karena banyaknya resources yang ada, DVD Delphi Toolkit 2 terdiri dari 2 keping DVD dengan total sekitar 8.45 GB (9.078.937.048 bytes, setara dengan 12 keping CD) hampir 2 kali lipatnya. Itupun masih ada beberapa komponen & video yang tidak bisa disertakan karena keterbatasan penyimpanan DVD.

Penyusunan Delphi Toolkit ini memang tidak mudah dan memakan waktu cukup lama, karena harus mengecek ratusan (atau mungkin ribuan) komponen satu persatu, mengelompokkan kedalam kategori yang sesuai, memilih apakah masih relevan atau tidak, mengupdate melalui internet jika ada versi terbaru, mengecek perbedaan dengan versi sebelumnya sehingga perlu menyertakan versi sebelumnya atau tidak, menyiapkan informasi (dokumentasi) dari website penyedia komponen dan sebagainya. Meskipun belum 100% sempurna, alhamdulillah akhirnya selesai juga meski tentu masih ada kekurangan disana-sini.
Beberapa perbaikan, update atau tambahan dari versi sebelumnya antara lain:
  • Pengelompokan kategori komponen yang lebih baik dan detail
  • Adanya informasi lebih detail (baik dalam bentuk TXT, RTF, DOC, PDF, HTML atau CHM) di sebagian besar komponen [pilihan] untuk memudahkan mengetahui sekilas fungsi dan fitur komponen tersebut.
  • Update besar-besaran berbagai komponen delphi, seiring dengan adanya Delphi versi baru (XE dan XE3)
  • Update konten pendukung bagi progammer, seperti Delphi Tools, Programmer Tools dan Database
  • Tambahan ratusan komponen baru, sehingga ukuran komponen sendiri hampir 3.5 GB (lebih dari 2x dari versei sebelumnya)
  • Tambahan berbagai koleksi video tutorial terbaru, termasuk untuk Delphi XE2 & Firemonkey. Sehingga kini untuk video tutorial saja dikompilasi dalam 1 DVD khusus
  • Bonus koleksi icon gratis (berisi ribuan icon dan gambar), mengingat membuat program biasanya akan memerlukan icon
Delphi Toolkit 2 terdiri dari 2 keping DVD, satu DVD berisi komponen delphi dan tools pelengkap bagi programmer dan DVD 2 khusus berisi video tutorial. Berikut daftar singkat ini untuk masing-masing DVD tersebut.
Konten DVD-1 (Components)
  • Ribuan komponen Delphi gratis, mencakup berbagai kategori seperti COM Port, Compression, Grafik (2D/3D), Akses Database, Expert, Hardware, KOL (Key Object Libraray), Internet/Networking, Office/Reporting, Science, Security, Animasi dan lainnya. Total sekitar 3.5 GB
  • Berbagai contoh aplikasi dan proyek dengan source kodenya
  • Delphi Tools yang berisi berbagai tool untuk Analis kode, Debugging, Pembuatan Help, Profiler, Logging, Tweaking dan sebagainya
  • Free Icons, berisi ribuan (puluhan ribu) icon gratis
  • Database, berisi 3 database (RDBMS) pilihan terbaru untuk mengembangkan aplikasi berbasis database (Firebird, MySQL dan SQlite) termasuk program administrator database.
  • Programmer Tools, tambahan program untuk programmer, seperti pembuatan Installer, Help dan Editor
  • Referensi, Tips & Trik serta Tutorial dalam bentuk CHM (termasuk arsip website) sehingga mudah digunakan. Sebagian tutorial saat ini mungkin websitenya sudah tidak ada lagi
Konten DVD-2 (Video Tutorials)
  • 3 Virtual Delphi Users Group Tutorial (~370 MB). 3 tutorial pilihan dengan total durasi sekitar 4 jam
  • 6 series two-minutes tutorials, tutorial singkat masing-masing sekitar 2 menit (~ 66 MB)
  • 9 Delphi training series (total ~576 MB), tutorial lengkap pembuatan program mulai dari nol (aplikasi MP3 player) dari 3dbuzz.com, menggunakan Turbo delphi (bisa diterapkan menggunakan delphi versi lainnya juga)
  • 27 Delphi XE XE2 Firemonkey (~ 649 MB), berbagai tutorial dan tips dari master Delphi (baik untuk Windows, Mac OS, dan iOS) dengan Delphi XE2 & Firemonkey. Sebagian tersedia dalam HD Video (720p)
  • 30 Turbo Delphi Tutorials (~700 MB). 30 Video tutorial oleh Nick Hodges menjelaskan mulai dari antarmuka, bahasa dalam delphi sampai mendeteksi kesalahan pemrograman (debugging).
  • 45 Ridlersoft video tutorial (~220 MB). Tutorial delphi mulai dari dasar (pengenalan), sampai pembuatan program sederhana (Test Editor). Juga pengenalan tentang pemrograman grafik di TCanvas.
  • 75 Tutorials LearnDelphi.tv (dulu codegearguru.com ~ 1125 MB / 1.1 GB). Tutorial video oleh Alister Christie, 75 video ini menjelaskan berbagai hal, mulai dari pengenalan antarmuka, tips trik, database, SQL, Class dan berbagai tips menarik baik bagi anda yang sudah mahir pun.
  • Others Video ( ~660 MB), berbagai koleksi video tutorial lainnya
Semua Video tutorial tersebut dibuat oleh master-master delphi (bahasa/audio yang digunakan menggunakan bahasa Inggris). Meskipun begitu hal itu bukan menjadi penghalang bagi yang masih terbatas kemampuan bahasanya, karena kita hanya cukup melihat presentasi dalam video tersebut. Sebagian besar Video tutorial baru tampil dengan kualitas High Definition (HD) Video (720p, diatas kualitas DVD), sehingga tutorial akan semakin jelas, terutama dalam Full Screen.

Untuk daftar lengkap apa saja isi kedua DVD yang ada dalam Delphi Toolkit 2 ini, silahkan melihat langsung file HTML ini: Konten DVD-1 dan Konten DVD-2, yang berisi daftar isi lengkap DVD satu dan 2 dalam bentuk interaktif (sama persis seperti aslinya). Atau download untuk dalam bentuk zip untuk dilihat di komputer secara offline berikut: Konten DVD-1.zip, Konten DVD-2.zip.

Harga dan Pemesanan

Harga DVD Delphi Toolkit 2 ini Rp 100.000 Rp. 80.000, ditambah biaya kirim untuk wilayah jawa Rp 10.000 dan luar jawa Rp 15.000 dengan jasa pengiriman Pos Indonesia. Jika ingin menggunakan jasa pengiriman lainnya, silahkan menambahkan informasi di keterangan tambahan di formulir pemesanan dibawah ini. Sertakan juga no HP yang bisa dihubungi melalui SMS untuk memudahkan komunikasi.

Kelola database MySQL mudah dan cepat dengan HeidiSQL

heidi-sql-iconSudah sekian lama saya tidak menulis tentang Programming. Kali ini saya akan mengulas salah satu software gratis + open source untuk mengelola database MySQL (termasuk Microsoft SQL). Bagi pengembang aplikasi baik web, desktop atau mobile, mungkin tidak asing dengan PHPMyAdmin.

Ketika kita membuat program/aplikasi atau website den menyimpan data ke dalam database seperti MySQL, biasanya untuk mengelola database tersebut biasanya kita menggunakan aplikasi web based PHPMyAdmin yang mungkin merupakan mysql administrator yang paling banyak digunakan.
Bagi pengguna windows ada alternatif yang mungkin lebih mudah dan cepat ketika mengakses dan bekerja dengan database MySQL. Apalagi jika kita bekerja dengan komputer lokal (baik localhost ataupun LAN). Program gratis dan Opensource ini adalah HeidiSQL. Dengan aplikasi berbasis desktop ini, maka mengelola database MySQL akan lebih cepat dan mudah dibanding ketika menggunakan web based.
heidi-sql
Beberapa fitur HeidiSQL antara lain:
  • Free siapa saja plus Open Source
  • KOneksi ke banyak server sekaligus hanya dalam satu aplikasi(window)
  • Konek ke server melalui commandline
  • Konek melalui SSH tunner, atau pass SSL setting
  • Membuat dan mengedit tabel, view, stored routines, trigger dan scheduled events
  • Export database atau table dalam bentuk SQL
  • Mengelola pengguna (user) termasuk ha aksesnya dengan mudah
  • Export dari satu server/database langsung ke server/database lainnya
  • Impor text file
  • Export tabel dalam bentuk CSV,HTML, XML, SQL, LaTeX, Wiki Markup dan PHP Array
  • Browse dan edit tabel dengan grid yang user friendly
  • Batch insert ACSII atau file binary kedalam tabel
  • Menulis query dengan syntax-highlighting dan code completion
  • Mem-format kode SQL akan lebih rapi dan mudah dibaca
  • Memonitor dan mematikan proses klient
  • Mencari text tertentu di server
  • Optimasi dan repair tabel dari banyak database sekaligus
  • dan masih banyak lainnya
Pada awal-awal mengelola database MySQL saya biasanya menggunakan PHPMyAdmin, tetapi saat ini sudah terbiasa menggunakan HeidiSQL karena kecepatan dan kemudahannya. Kita hampir tidak perlu menunggu fitur yang dibuka seperti ketika menggunakan PHPMyAdmin. Kecuali ketika server tidak diijinkan diakses kecuali hanya melalui web, maka PHPMyAdmin mungkin yang digunakan.
heidi-sql-table
Bagi yang sudah cukup lama berkecimpung dengan database MySQL di Windows, mungkin pernah menggunakan software database administrator MySQLFront. Dan HeidiSQL ini merupakan pengembangan dari aplikasi tersebut yang sudah lama tidak dilanjutkan lagi. Plus, bagi programmer Delphi, jika ingin mengutak-atik atau mengembangkan sendiri bisa, karena program ini dikembangkan menggunakan Delphi.
HeidiSQL dapat berjalan di Windows XP, Vista dan juga 7, termasuk juga di Linux dengan bantuan Wine. Untuk Windows 2000 bisa berjalan dengan menggunakan library mysql yang lama. Selain tersedia versi installer, tersedia juga versi portable yang berukuran sekitar 3 MB saja, Download HeidiSQL ( Installer 3.3MB, Portable 3.1 MB).

Cara Cepat Menangkap Kode HTML Warna dengan Pixie

Anda tentu sering menemukan tampilan sebuah halaman web yang sangat cantik, komposisi warnanya tepat dan menarik. Sebagai pemilik website atau blog, Anda mungkin penasaran dan ingin menerapkan komposisi warna di halaman web yang Anda temukan tersebut ke halaman web atau blog Anda.


Selain itu, pada saat memonetize website atau blog, maka untuk kebutuhan menggenerate kode iklan (misalnya di Google AdSense) Anda juga perlu menyesuaikan komposisi warna iklan agar serasi dengan halaman web Anda. Nah, bagaimana cara mengetahui kode warnanya ? mudah, pakai saja tool Pixie : http://www.nattyware.com/pixie.php.

Tangkap Kode Warna dengan Pixie

Pada dasarnya, untuk menetapkan komposisi warna, Anda bisa mengedit file HTML atau CSS di kode HTML halaman web Anda. Kode HTML sebuah warna didefinisikan sebagai kode # disertai 6 karakter, yang merupakan kombinasi huruf dan angka. Misalnya #000000 adalah hitam, #ffffff adalah putih, dan seterusnya).
Melalui Pixie, secara cepat Anda akan mendapatkan kode HTML warna yang ingin Anda tangkap. 
  1. Install lalu jalankan Start > All Programs > Nattyware > Pixie > Run Pixie. Jendela mungil tool Pixie akan tampil di layar komputer.
  2. Arahkan pointer ke sumber warna yang ingin Anda salin, misalnya pada contoh di atas di area warna merah. Tekan Ctrl+Alt+C untuk menangkap kode warna sumber.
  3. Kini Anda tinggal menyisipkan kode warna ke lokasi tujuan dengan menekan Ctrl+V (paste).
Sebagai gambaran, berikut beberapa cara penyisipan kode warna hasil tangkapan Anda:
  • Untuk menggenerate warna untuk kode iklan di AdSense, maka Anda tinggal mengklik di salah satu kotak pengisian warna, lalu tekan Ctrl+V.
  • Untuk menyisipkan kode warna di HTML atau CSS, seleksi kode warna yang ingin Anda ganti, lalu tekan Ctrl+V.
  • Untuk menyisipkan kode warna di program lain, misalnya di kotak pilihan warna Photoshop, klik kotak Color Picker, lalu tekan Ctrl+V di kotak pengisian kode warna # paling bawah.
Kini warna yang Anda inginkan telah Anda peroleh. Praktis bukan?

Tasik Ayer Keroh




Taman Rekreasi Air yang terletak di Tasik Ayer Keroh adalah sebuah tempat yang menyediakan pelbagai kemudahan rekreasi. Antara nya canoe , paddle boat, boat cruise sekitar tasik , berbasikal, wall climbing dan sebagai nya. Untuk anak-anak, terdapat padang permainan di sekitar tasik ini .
Untuk boat cruise , harga tiket adalah RM3 per person.Bagi berbasikal pula, harga tiket adalah RM3 per person juga.

Boleh juga berkelah bawa makanan dan santai di bawah pokok-pokok tapi jangan lupa kemas. Memang tenang  berehat di sini sambil melihat pemandangan tasik .

TAMAN SERIBU BUNGA





Taman Seribu Bunga adalah sebuah taman istimewa dengan ribuan bunga tersebar di kawasan 5.3 hektar taman yang indah dilengkapi dengan trek berjalan dan air pancut. Taman ini bersebelahan dengan kompleks kerajaan iaitu Seri Negeri. Masuk adalah percuma. Taman ini juga sesuai untuk berjalan-jalan dengan tenang dan banyak bangku disediakan untuk pengunjung berehat sambil menikmati keindahan alam.

Beberapa Jenis Peluang Usaha Memanfaatkan Libur Sekolah

Ruang bisnis memang bisa datang kapan saja dan dimana saja, asalkan kita mau berpikir lebih keras dan peka terhadap peluang yang ada. Mencari ide bisnis memang tidak mudah, bahkan dengan modal uang besar sekalipun kita belum tentu bisa menemukannya ketika kita kurang maksimal dalam berbagai aspek yang dibutuhkan, termasuk dalam hal pencarian ide/peluang itu sendiri.

Kali ini saya ingin share beberapa jenis peluang usaha yang mungkin sesuai dengan kondisi Anda memanfaatkan waktu libur sekolah. Model usaha apakah yang cocok untuk masa libur sekolah? Berikut beberapa jenis bisnis/usaha yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Menjadi tourism guide (pemandu wisatawan)
Jenis bisnis yang satu ini sangat cocok pada masa-masa libur sekolah. Misalkan Anda tinggal disebuah lokasi yang memiliki pesona wisata, hal ini dapat Anda manfaatkan untuk mencari rizki.

2. Penyewaan game
Secara keseluruhan anak usia belasan tahun sangat menggandrungi game, dan Anda bisa memanfaatkan waktu libur sekolah untuk menyediakan tempat penyewaan game atau playstation.

3. Membuka kursus pendidikan
Jika Anda memiliki keahlian, misalkan dibidang komputer, bahasa Inggris, Matematika atau yang lainnya, libur sekolah adalah momentum yang tepat bagi Anda untuk mencoba membuka kursusan.

4. Membuka kursus musik
Sama seperti kursusan pendidikan, Anda juga bisa mencoba untuk membuka kursus musikal dimana musik memiliki daya tarik yang cukup tinggi bagi kalangan remaja.

4. Bisnis snack
Anda bisa menocba membuka warung snack atau gorengan dengan skala kecil-kecilan untuk memaksimalkan income Anda pada saat masa-masa liburan sekolah. Anda bisa membuka warung pisang goreng, dan jenis-jenis cemilan gorengan lainnya.

Cara Memberi Background Gambar di Ms Word

sebenarnya lebih banyak digunakan untuk kebutuhan membuat surat atau dokumen berjenis teks, namun Ms Word  juga memiliki fitur untuk menambahkan objek non teks, seperti gambar. Jika anda ingin memasukkan sebuah gambar di Ms Word untuk menjadi background dokumen anda bisa menyisipkan gambar pilihan anda.

Tampilan asal (default) halaman Ms Word untuk layer dokumen adalah berwarna putih. Jika anda ingin menggantinya dengan warna lain atau memberikan lapisan gambar silahkan siapkan gambar yang akan anda pakai dan ikuti caranya seperti dibawah ini.

Perhatikan tab/menu dibagian atas di Ms Word

Klik menu Page Layout

Klik Page Color lalu pilih warna yang anda inginkan.

Jika ingin memberi background gambar;

Pilih Page color, kemudian klik Fill effect, geser ke tab Picture lalu klik Select picture dan masukkan gambarnya.

Anda bisa menyesuaikan warna teks dengan warna gambar agar dokumen tidak menjadi terlihat gelap.

Sabtu, 12 April 2014

Review Skywave 125 dari pengguna

 
Saya akan mencoba berbagi pengalaman saya dengan Skywave saya kepada para pembaca sekalian, sekiranya ada pengalaman yang berbeda atau mungkin ada yang ingin menambahkan, tinggalkan saja pesan anda di komentar Ok! Selamat membaca..

Pengalaman Membeli


Saya beli Skywave Merah hitam ini sekitar 2 minggu yang lalu..tadinya mau beli yang warna item biru.. tapi kurang suka biru belakangnya terlalu banyak, lalu mau yang silver tapi keliatannya biasa aja, lalu setelah lihat yang merah ini mantap banget.. warna merah dan hitamnya metalik.. top deh suzuki kasi warna bukan warna murahan…
Harga Cashnya Rp 13.900.000,- tapi dapet diskon Rp 200.000,- jadi harga bersihnya Rp 13.700.000,- (Harga Bogor)
Bagusnya ngga pakai Inden segala..
Saya udah pake Vario dan Mio sebelumnya tapi Spin belum pernah (karena skywave mesinnya sama dengan spin), makanya saya belum tau sama sekali gimana rasa menungganginya, tetep nekat aja lah beli skywave walaupun harga jualnya nanti katanya bakal jatuh gara-gara merknyaSuzuki. Who CARE! ngga niat untuk dijual lagi dah…
Saya sudah terlanjur kepincut sama bodynya yang enak dilihat, ruang bagasi dibawah jok yang luas banget, dan body panjang tapi cukup gambot..
Waktu motor akan dikirim ke rumah dari dealer, motornya baru dateng dari kiriman pabrik, jadi belum sempet dicek sama dealernya. Pas mau saya test drive dulu sebelum dikirim kerumah kata Ngko-nya ditestnya nanti aja dirumah. Pas dirumah ditest ni mesin kok susah banget dinyalain. kata delivery-man-nya sih karena masih baru. Saya coba terus nyalain dengan choke posisi on akhirnya bisa nyala juga mesinnya. Dipanasin sampe 15 menit lalu coba tutup choke-nya eh mesin malah mati. Intinya mesin ga bisa nyala walaupun kondisi udah panas kalo choke ngga dinyalain. Saya coba jalan, lah knapa agak tersendat2 mesinnya neh.. bete dah motor baru beli udah begene..
lalu saya putuskan untuk balik lagi ke dealernya besoknya untuk dicek karena pada waktu itu udah kesorean jadi bengkel udah tutup.
Besoknya saya bawa ke bengkel di dealer resmi. Setelah dicek didapetin busi kotor, lalu dibersihin aja.. setelah dicoba lagi, kok masalahnya masih ada (ngga mau nyala kalo choke ngga nyala).
Lalu karburator dibuka baru ketawan penyebabnya!
cairan anti karat di karburator kebanyakan, jadi menghambat semburan bensin. Oleh mekaniknya disemprot aja dibersihin, lalu dipasang lagi. Setelah dicoba lagi, baru deh MANTAB!
mekaniknya menjelaskan kalo sebenarnya ini bukan kasus pertama kalinya. Dari pabriknya memang suka kebanyakan ngasi cairan anti karat di dalam karburatornya akhirnya malah nyumbat pembakaran. Biasanya motor-motor yang dateng dari pabrik dicek lagi di dealer, cuma karena kasusnya saya motor baru dateng dari pabrik langsung dikirim ke rumah jadi ngga sempet dicek dulu di dealer. Yah begini lah kalau terburu-buru.
Lalu saya tanya lagi ke mekaniknya, saya pernah baca di tabloid Otomotif katanya ada pernyataan resmi dari suzuki motor indonesia klo beberapa unit Skywave ada yang jarum karburatornya cacat produk, sehingga mesin sering kebanjiran bensin, pihak Suzuki motor akan mengganti sparepart jarum tersebut gratis jika ada complain. pertanyaan saya, ada yang pernah komplain ngga dibengkel ini tentang masalah jarum karburator ini? Kata dia belum ada.
Syukurlah Skywave saya sampai sekarang (udah 380km) ngga ada masalah, lancar-lancar aja, Baik itu mesin tersendat atau bensin banjir ngga pernah ngalamin.
Handling
Masalah Handling Skywave Rajanya!
Ini karena body-nya yang panjang sehingga jarak antara roda depan dan belakang jauh (tidak dekat seperti Vario, Mio Soul, apalagi Mio), shockbreaker belakang sepasang dan juga karena skywave itu berat. Percaya ngga percaya coba aja angkat Skywave dengan cara pegang Handle diatas lampu Rem serasa lagi ngangkat Honda Tiger (yang masih standar) khan??
Menikung dengan posisi miring ngga takut jatuh, stabil banget.
Untuk kestabilan dikecepatan tinggi saya baru berani di 65 – 70 Km/jam karena masih Inreyen motornya.. sayang takut rusak.. nanti setelah servis 500km baru digeber mentok..
Yang jelas motor ngga terasa bergoyang dikecepatan tinggi karena faktor aerodinamis, berat body dan jarak roda tadi.
Jika dibanding dengan Vario dan Mio Soul jauh lebih stabil Skywave jika menikung miring.

Suspensi

Suspensi Skywave MANTAB!
Shockbelakang yang ganda kiri dan kanan menyerap goncangan dengan bagus, walau ada dua tidak membuat jadi keras, sedangkan shockbreaker stabilizer depan juga bagus dalam meredam goncangan.

Mesin

Ke-irit-an Bensin
Mesin 125 cc ini menurut saya sedikit lebih boros dari Vario ya, setelah saya coba ukur (baru sekali sih ngukurnya) didapat untuk 1 liter bensin bisa jalan sampai 35 km… Mungkin karena cc-nya yang lebih besar. (Vario sekitar 107 cc)
Suara Mesin
Untuk suara mesin sama dengan Spin sedikit terdengar berisik (Ya iyalah orang sama persis mesinnya hehe), jika dibandingkan dengan merk lain seperti suara mesin Mio, suara mesin Vario sendiri aja yang beda sendiri (seperti suara kipas pendingin).
Pastinya suara mesin ini ngga ada pengaruhnya kalo dijalan raya, karena ngga kedengeran.
Getaran Mesin
Getaran halus mesin sedikit terasa ditempat duduk dan kaki setir (klo yang ini semua skutik sama menurut saya)
Tarikan
Untuk tarikan awal, saya akui bagusan tarikannya Vario. Kalau Vario tersebar rata disetiap milimeter gas yang diputar, jadi begitu diputar gasnya saat itu juga tarikan maju bisa dirasa sesuai dengan berapa besar gas dibuka.
Kalau Skywave tarikan awalnya kurang rata, jadi ada poin dimana gas diputar (pelan-pelan) motor maju sedikit menyentak, jadi harus ekstra pelan-pelan muternya kalo bener-bener pengen halus. Sayangnya klo jalan macet dimana kondisi Stop and Go ngga bisa ekstra pelan-pelan nekan gasnya, jadi cara menyiasatinya harus gas-rem gas-rem karena engine break skywave yang kurang begitu kerasa juga.
Engine Break
Jika dibandingkan Vario, masih lebih kerasa Engine Breaknya Vario. Skywave lebih loss. Terlebih sewaktu putaran mesin rendah banget itu bener-bener ngga ada engine break-nya mungkin karena beltnya ngga nyantol diputeran rendah.
Top Speed
Walau saya belum nyoba top speed sampe berapa (karena masih Inreyen), tapi saya pernah ngadu cepet dijalan lurus waktu saya masih pakai Vario dengan orang yang pakai Skywave dan saya ketinggalan. Karena pada waktu itu Vario saya udah goyang-goyang jadi ngga bisa lebih cepet lagi dari 85km/jam. (mungkin karena waktu itu ban depan Vario saya udah rada gundul plus benjol-benjol hehe)

Faktor Ergonomis
Mencuci motor
Skywave lebih mudah untuk dibersihkan (dicuci) dibandingkan mencuci motor laki-laki atau motor bebek, tapi jika dibandingkan dengan mencuci Mio atau Vario tentunya lebih mudah kedua skutik ini. Bagian yang sulit dijangkau untuk dibersihkan adalah bagian shock bagian kiri, CVT dan air filter yang diatasnya, bagian diantara roda belakang dan mesin juga susah karena celahnya kecil sekali.
Mengganti Ban Dalam
Untuk mengganti ban dalam roda depan tidak ada yang membedakan dengan motor lain, hanya saja untuk mengganti ban dalam roda belakang ini sama repotnya dengan Yamaha Nouvo. Untuk mencopot ban belakang harus mencopot knalpot dahulu, lalu shockbreaker sebelah kanan, lalu swing arm sebelah kanan juga. kurang lebih skrup yang harus diputar2 untuk mencopotnya itu sekitar 5 atau lebih. Susahnya kalau tiba-tiba ban bocor, lalu pergi ke tukang tambal ban, tidak semua mau menambal ban-nya alasannya ngga ada alatnya. Sebetulnya mereka ngga mau repot harus megang knalpot yang panas buat dicopot lalu mutar-mutar skrup yang banyak.
Oleh sebab itu saya mengakalinya dengan langsung memasang Ban Tubeless baik depan maupun belakang. Yang depan 80/80 yang belakang 90/80. Ngga mau gede-gede karena terlalu pas, ruangnya ngga banyak.
Akomodasi
Ini faktor yang paling besar dalam menentukan untuk membeli skutik ini. Bagasi dibawah Jok muat satu helm full face. Ada kontrapment khusus selain bagasi tadi untuk tempat tool box. Cara membuka jok cukup dengan memasukkan kunci di tempat kunci starter lalu menekannya ke kanan. Fitur ini sama dengan fitur skutiknya Kymco.
Di bawah stang ada pengait yang cukup kuat dan panjang jadi jika menggantungkan plastik belanjaan disini tidak mudah untuk slip dan jatuh. Saat ini yang saya tahu dari motor yang dijual di Indonesia baru Kawasaki ZX130 saja yang bagasinya luas juga (karena tangki bensinnya dibawah stang).

KESIMPULAN

Skywave sangat cocok bagi anda yang sering bawa banyak barang, karena bagasinya yang luas. Jika pun ternyata masih kurang luas, anda bisa memasang Box Givi/ kappa/ Korea(Core) Motor dibelakang skutik anda seperti saya. Untuk kenyamanan berkendara tentunya sangat nyaman karena kestabilannya dan shockbreaker yang empuk. Lebih nyaman untuk perjalanan jauh. Untuk kondisi jalan yang macet harus siap gas-rem, karena engine breaknya yang kurang begitu terasa, jadi kadang ngeloyor.

TIPS CARA MEMBUAT MOTOR KENCANG!!!!

Salam bro, Sorry bro mungkin penjelasan di blog gw kemarin terlalu singkat sehingga bikin lo penasaran,sekarang gw mau coba jelasin lagi mudah-mudahan lo semua jadi lebih paham and tambah semangat buat bikin motor lo tambah kencang.Sebenernya kalo lo mau bikin motor lo jadi kencang banyak yang harus lo rubah tetapi gw disini coba menjelaskannya secara simple and gak banyak robahan pada tunggangan standar lo bro…!

Kalo gw boleh jujur sama kalian,gw mengibaratkan motor itu sebagai cewek atau yang lo anggap special,jd kalo lo mau ngerubah tunggangan lo,pikirin dulu dampaknya biar ga jadi hal yang sia-sia.
JURUS PERTAMA :
Gambar di samping ada 3 buah karburator ,kemarin gw telah beri ulasan di tips korek mesin yang gw buat,tetapi gw belum kasih tau kalian mana yang di sebut karburator.
Gambar diatas saya beri nomor urut 1 sampai 3 sebenarnya pada gambar 1sampai 3 semua itu gambar karburator bukan ukuran standar bawaan motor,di blog gw yang lalu gw bilang bikin motor lo jadi kenceng bisa maenin karburator aja dengan cara mengganti sepuyernya dengan ukuran yang lebih besar ,tapi gw saranin buat motor yang benar-benar standar lo naikin spuyer jangan terlalu besar minimal lo naikin 5 sampai maksimal 10,tapi kalo lo mau rombak yang agak ekstrim lo bisa lemer karbu lo,biasanya ada batasan buat ngelemer karbu lo,gw saranin lo lemer 1,5 sampai 2mm,itu juga ga bisa lo kerjain sendiri lo musti singgah ke tukang bubut.
Jadi gak bisa sembarangan and lo anggap enteng karna kalo lemer karbu resikonya sangat besar,karbu lo gak bisa di balikin jadi standar lagi dan kalo salah sedikit aja pada lemeran lo itu berakibat motor lo susah di seting dalam arti kata jadi ngawur tu setingan,jadi gw saranin buat pemula lo cukup main sepuyer aja karna gak beresiko tinggi dan bisa di balikin jadi standar lagi.
JURUS KEDUA :

Di atas lo bisa liat, itu yang di namain CDI atau banyak orang awam bilang perangkat pengapian tapi sekali lagi gw minta maaf sama kalian karena semua contoh gambar tersebut gw ambil dari INTERNET semua,karna gw gak punya kamera digital maklum orang susah.
Buat yang satu ini gw gak bisa ngasih penjelasan yang kongkrit karna dalam pembelajaran gw CDI atau perangkat pengapian ini sudah di buat permanen,kita semua gak bisa ngerubah apa lagi kutak kutik tu CDI bisa gak idup motor lo alias MAMPUS,tapi semua itu ada jalan keluarnya ,lo liatkan gambar diatas ada 2 CDI,yang gak ada logonya itu CDI standar pabrik and yang satunya CDI racing,setiap motor standar biasanya perangkat CDInya menggunakan CDI yang LIMITER sehingga kita tidak bisa geber motor hingga maksimal karna sudah dipatok hanya bisa digeber misalkan Cuma 10000rpm gak bisa lebih ,sedangkan CDI racing pada gambar yang ada disamping gambar CDI standar tersebut menganut sistim CDI unlimiter artinya rpm yang di hasilkan gak dipatok bahkan bisa melampaui rpm standarnya.
Oleh karna itu gw saranin ma kalian jangan main-main sama perangkat yang satu ini,mending langsung lo ganti aja CDI yang standar ama yang RACING kalo lo mau ngedapetin rpm yang maksimal,kan udah banyak perangkat CDI yang di jual di TOKO AKSESORIES,tapi gw punya temen yang bisa ngatasin masalah lo sama perangkat pengapian ini,karna temen gw ini bisa bikin CDI standar jadi CDI racing,kalo lo penasaran lo bisa kontak temen gw ini,atau lo bisa langsung datang ke markas CCMS di daerah pedurenan Jakarta selatan,atau lo kontak (021 95439940) AMBONK.
JURUS KETIGA :
Yang ketiga ini adalah NOKEN AS atau bahasa mekaniknya CAMPSAFT ,NOKEN AS ini berfungsi untuk mengatur keluar masuknya pasokan bahan bakar yang akan diproses sampai menghasilkan tenaga pada mesin motor kalian,dalam dunia balap motor ini adalah perangkat sakti buat para tuning mesin ,karna perangkat ini sangat-sangat sensitive jika salah korek sedikit aja motor langsung ogah lari alias lemot,para mekanik punya jurus masing-masing dalam memodifikasi NOKEN AS.
Tapi gw punya bocoran sedikit buat lo bro yang suka bikin kencang motor apalagi bagi para jago balap liar,moga-moga bocoran gw ini bisa lo terapin ama tunggangan lo,sebelum lo korek NOKEN AS,lo harus paham dulu apa aja yang harus lo perhatiin.Pertama –tama lo ukur camp standarnya baik yang IN maupun yang EX dengan alat ukur yang namanya SIKMAT,trus lo catat LIFT nya berapa trus LSA nya juga,kalau untuk motor standar korek kita tidak perlu EXTRIM untuk memangkas campnya,cukup mengambil 0,5mm dari ukuran standar motor udah sangar,tapi dalam hal ini lo bro jangan salah tanggap jangan lo pikir kalo lo udah pangkas CAMP nya motor lo langsung ngacir,lo harus (KUDU)ngukur KOMPRESI motor lo karna CAMP yang dah lo ubah tadi membutuhkan pasokan bahan bakar yang gak sedikit lagi,jadi OTOMATIS KOMPRESI MOTOR harus diukur ulang untuk mendapatkan POWER yang MAKSIMAL.Setelah diubah ukur KOMPRESI menggunakan Alat ukur KOMPRESI yang dinamakan (BURED),karna dengan mengukur KOMPRESI ulang kita dapat mengetahui perbandingan KOMPRESI standar dengan setelah kita rubah,karna kelebihan KOMPRESI juga gak bagus,mengakibatkan motor galak di bawah atasnya mandek juga bisa mengakibatkan kemacetan pada SEHER (PISTON),sebelum mencoba trik di atas alangkah baiknya kalian mempelajari dahulu cara-cara tuning CAMP agar tidak menjadi penyesalan dikemudian hari,semoga tips yang singkat dari saya ini bermanfaat. 
SELAMAT MENCOBA WASSALAM……….